Sabtu, 10 Maret 2012

Pengenalan Jurusan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB dan prospek tiap jurusannya

Sumber gambar : http://unknown-senirupa.blogspot.com/
  1. DKV: (desain komunikasi visual)
Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif.

Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV. Mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.

Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa, dsb.

Berbeda dengan seni murni (dalam hal ini seni grafis) yang karya seninya dibuat sebagai ungkapan ekspresi sang seniman, maka karya seni yang dihasilkan oleh seorang desainer komunikasi visual lebih ditekankan dengan konsep yang bermaksud-tujuan dan ditujukan untuk khalayak yang disasar (target audience).

Setelah melalui berbagai mata kuliah dasar komunikasi visual, pada semester 6, teman-teman akan dijuruskan pada 3 jalur minat program studi, yaitu:
  • Komunikasi Grafis
  • Komunikasi Visual Periklanan
  • Komunikasi Multimedia

Pada dasarnya Komunikasi Grafis dan Komunikasi Visual Periklanan mengolah bahasa visual pada media statis / diam. Kemampuan komunikasi, tipografi, ilustrasi, fotografi menjadi faktor yang harus dikuasai. Desainer Grafis mampu membuat logo, desain majalah / surat kabar, rambu (sign system), desain kemasan, paket promosi produk dan lain-lain dengan keahliannya tersebut.

Desainer Iklan mampu bermain visual dengan menarik dan efisien untuk tujuan persuasi. Mengemas citra sebuah produk / program / kampanye dengan bahasa visual yang baik, yang bermuara pada perubahan perilaku sasaran yang dituju.

Sementara Komunikasi Multimedia mengarah pada media dinamis berbasis waktu dan suara (audio). Animasi, desain web, media interaktif hingga peyutradaraan film adalah contoh pekerjaan desainer multimedia. Dasar-dasar komunikasi visual teraplikasikan secara dinamis dalam karya multimedia.

Prospek Kerja
Prospek kerja setelah lulus dari program studi Desain Komunikasi Visual ini sangat beragam, tergantung pada minat dan keahlian, diantaranya :
  • Sebagai wirausaha maupun freelancer : desainer grafis, ilustrator, fotografer, animatorweb designer dsb.
  • Biro konsultan desain (graphic house)
  • Biro iklan (advertising)
  • Rumah produksi (production house).
  • Stasiun TV.
  • Percetakan dan penerbitan.
  • Hubungan Masyarakat (public relation) lembaga swasta dan pemerintah.


2. DESAIN PRODUK
Desain produk merupakan program studi yang mempelajari pembuatan “produk” bagi kebutuhan manusia secara inovatif. Program studi ini memfasilitasi teman-teman untuk membuat produk-produk yang nyaman digunakan, indah dipandang, dan ekonomis.

Desain produk menyediakan beberapa pilihan keilmuan seperti Desain Produk Peralatan & Produk Konsumen, Desain Sarana/ Perkakas Lingkungan, Desain Alat Transportasi, Desain Digital dan Desain Kerajinan. Pilihan keilmuan tersebut akan sangat berhubungan dengan kehidupan manusia.

Desain Produk Peralatan & Produk Konsumen merupakan bidang keilmuan yang akan berkecimpung dalam pembuatan produk peralatan & produk konsumen. Berdasarkan nama yang digunakan produk-produk yang dihasilkan lebih dekat dengan aktivitas manusia sehari-hari.

Teman-teman juga dapat mempelajari berbagai macam desain produk yang berhubungan dengan sarana/ perkakas lingkungan. Produk-produk tersebut dimasukkan ke dalam satu bagian khusus karena produk-produk yang berhubungan dengan lingkungan tentu akan sangat berhubungan dengan fungsi dari sarana/perkakas lingkungan. Oleh sebab itu, pendekatan dari bidang ilmu terkait akan menjadi landasan desainnya.

Kursi yang kita gunakan di sehari-hari akan membutuhkan kriteria nyaman dan indah, namun tidak semuanya demikian. Coba bayangkan jika teman-teman duduk di kursi kayu dengan ukiran pada pesawat, tidak terbayang sakit punggung yang akan diderita oleh penumpang ketika sampai di tempat tujuan. Ternyata keindahan saja tidak cukup, tetapi juga harus ergonomis, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Bayangkan jika telepon selular yang kita gunakan bentuknya seperti trapesium atau kerucut. Oleh sebab itu dibutuhkan desainer yang paham tentang kenyamanan penggunaan barang digital tapi tidak mengganggu fungsi dari barang tersebut.

Ada berbagai macam kerajinan yang merupakan hasil karya anak bangsa yang tingkat keragaman budayanya sangat tingggi. Akan tetapi perlu diingat kerajinan tidak hanya ditekankan pada keindahan tetapi juga fungsinya.

Prospek Kerja
Sejalan dengan kompetensinya, teman-teman saat lulus dari program studi Desain Produk dapat bekerja dimanapun, terutama di industri maupun, lembaga-lembaga serta unit-unit usaha yang membutuhkan kegiatan inovasi produk.
Namun demikian, terdapat tiga kategori prospek bidang keprofesian desain produk, yakni sebagai:
  • Industrial designer (desainer yang bekerja secara teamwork dan lintas disipilin dalam suatu libang industri)
  • Industrial design entrepreneur (wirausahawan desain yang diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat luas)
  • Industrial design researcher (peneliti, konsultan ahli di bidang desain produk industri). Para alumni Desain Produk bekerja dan menjadi tenaga ahli di lingkungan industri manufaktur, industri BUMN, konsultan desain, industriawan, biro perencanaan, lembaga penelitian, lembaga Pemerintah, Bank, Rumah Produksi, Dosen PTN-PTS, Penerbitan, Industri Kecil, Lembaga Swadaya Masyarakat di bidang Desain atau menjadi desainer lepas (wirausahawan).

3. DESAIN INTERIOR
Desain Interior merupakan sebuah program studi yang berada pada Fakultas Seni Rupa dan Desain di ITB. Seperti halnya pada program studi lain yang terdapat pada FSRD, Desain Interior juga menekankan pada mahasiswa dan calon mahasiswanya untuk dapat berpikir cepat, kritis, akurat dan yang paling utama adalah kreatif. Di Program Studi Desain Interior teman-teman akan belajar tentang hubungan antara manusia dengan ruang yang dihuni atau digunakan.

Sebagai contoh sederhana adalah bagaimana menciptakan ruang yang sesuai dengan sifat pengguna dan jenis kegiatannya, ruang tersebut harus mampu mendukung semua kebutuhan pengguna termasuk meningkatkan mood pengguna. Coba bayangkan bila terdapat suatu ruang kerja untuk seorang dokter gigi di mana seluruh dinding, langit-langit dan lantainya berwarna hitam, dan hanya terdapat satu titik cahaya di dalamnya. Pasti produktivitas kerjanya tidak akan baik. 

Lebih jauh lagi, apabila ruang tersebut untuk dokter gigi dimana pasiennya adalah anak-anak balita, tentu desain ruang tidak cukup hanya berupa ruang yang terang dan berisi peralatan kedokteran yang lengkap, karena anak-anak balita memiliki sifat khusus yang berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu ruang tersebut harus cukup menyenangkan dan tidak menakutkan bagi anak-anak.
Tapi di Program Studi Desain Interior teman-teman tidak hanya akan mempelajari hal itu saja, masih sangat banyak kuliah dan pengetahuan yang lain. Seperti merancang meubel dan furnitur baik yang tradisional ataupun yang modern, aspek perilaku manusia, etika berprofesi, budaya, sejarah, konstruksi bangunan, tata cahaya dan suara dan masih banyak lagi aspek ruang lainya yang dipelajari. Selain itu disiplin, etika, dan dedikasi teman-teman terhadap pekerjaan juga akan dilatih. Yang jelas, Desain Interior adalah sebuah program studi yang menyenangkan.

Prospek Kerja
Seorang lulusan Desain Interior memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya adalah :
  • Interior designer
  • Architecture and interior design consultant
  • Contractor
  • Kitchen & pantry specialist
  • Bathroom specialist
  • Bedroom specialist
  • Moving interior (vehicle) specialist
  • Exhibition designer
  • Interior designer for house, office, hospital, hotel.
  • Dan lain-lain
Masih banyak lagi prospek kerja yang dapat digeluti oleh seorang sarjana Desain Interior, dan tidak terbatas pada bidang yang pernah dipelajari dalam masa perkuliahannya.


4. KRIYA:
Kriya atau bahasa kerennya craft, merupakan bagian dari desain sekaligus seni. Dapat dikatakan posisi Kria itu berada di tengah-tengah desain dan seni. Bila desain memfokuskan hasil garapannya dari segi teknis dan nilai fungsional, dan seni lebih mengutamakan karya seni bernilai dengan filosofis serta makna atau pesan yang ingin disampaikan seniman kepada pengamat. Nah, Kria adalah mendesain suatu produk fungsional dengan sangat mengutamakan nilai estetika, kualitas desain dan makna atau pesan filosofisnya. Dahulu, benda-benda yang disebut produk kria adalah benda yang bernilai estetis tinggi dan biasanya diagungkan, misalnya keris, kain ulos, kain batik, dll. Sekarang, produk Kria lebih tetap menyerap nilai dan unsur tradisional pada produk-produknya untuk melestarikan citra tradisi Indonesia.

Masyarakat sering mengidentikkan kria dengan kerajinan, namun hal itu sangat berbeda, produk kria diproduksi dalam skala relatif kecil karena dalam proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama dan mengandalkan tenaga manusia/ ( handmade ) , jadi sifatnya eksklusif. Produk kria sulit dibajak atau ditiru, karena produk kria mengandalkan pekerjaan tangan. Hal ini menjadi letak keunikan produk Kria, karena pekerjaan tangan lebih personal, maka tidak ada produk yang sama persis.

Bidang keilmuannya dibagi lagi menjadi beberapa bidang, contohnya kria tekstil. Pada bidang ini kita mempelajari apa itu tekstil, dan bagaimana cara menaikkan mutu bahan utama menjadi bahan jadi yang lebih baik. Misalnya dari benang menjadi kain, dari kain polos menjadi berwarna/ bermotif, dari kain tidak bertekstur menjadi bertekstur, material serat alam menjadi lebih fungsional dan masih banyak lagi kemungkinan untuk diolah dan dipelajari pada bidang kria tekstil.

Bidang lain misalnya bidang kria keramik. Bidang ini hampir mirip dengan Kria Tekstil, namun materialnya saja yang bebeda. Kria Keramik mengeksplorasi bahan-bahan yang dapat diolah menjadi keramik, dengan bahan dasar tanah liat, Kria Keramik mengolah produk keramiknya menjadi lebih bervariasi, misalnya dengan penggunaan motif pada glasir, penggabungan keramik dengan material lainnya, seperti kaca, dll. Selain kedua bidang diatas, ada juga bidang-bidang lain seperti kria kulit, kria kayu, dan kriya logam.

Program Studi Kria akan mengarahkan temen-taman untuk dapat mengolah material awal hingga menjadi produk jadi, dengan mengutamakan nilai filosofis, nilai estetis, prinsip-prinsip mendesain, citra tradisional & etnik sebagai bangsa Indonesia, dan sisi fungsional yang direalisasikan dengan teknik pengerjaannya yang lebih modern namun tetap bercirikan pada teknik pengolahan tangan.

Prospek kerja
Sandang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, sehingga bisnis apapun yang berkaitan dengan bidang itu akan terus berkembang dan dibutuhkan masyarakat. Kebutuhan sandang meliputi pakaian, tas, sepatu, handuk, bed cover, dll. Produk dengan material tekstil lainnya seperti upholstery sofa, karpet, prinsipnya yang berbahan dasar kain / fabric.
Beberapa alternatif profes yang dapat dijalani oleh sarjana Kria misalnya:
  • Fabric desainer ; Desainer kain, sebagai desainer kain; teman-teman dapat mengolah permukaan tekstil dengan mengaplikasikan teknik-teknik tekstil seperti tie dye, batik,dll. Atau bisa juga melakukan penggabungan beberapa teknik. Selain itu tugasnya adalah mengolah benang yang akan dijadikan kain sebagai bahan utama pembuatan produk. Fabric desainer memenuhi kebutuhan bahan bagi fashion desainer untuk digunakan pada rancangannya. Seringkali, para fashion desainer kesulitan merealisasikan imajinasi & keinginannya pada kain sebagai rancangan desain karena kurangnya tenaga profesional yang khusus mengolah disiplin ilmu tekstil.
  • Seniman kria; seniman kria mengolah bahan-bahan tekstil seperti serat alam dengan teknik tertentu untuk dinikmati sebagai elemen estetis yang berfungsi dekoratif.
  • Konsultan desainer; sebagai konsultan kria tekstil meramalkan kreasi-kreasi kain yang akan disukai pasar, mencakup warna, motif dan bahan. Biasanya konsultan banyak diperlukan pabrik-pabrik industri dalam skala yang cukup besar.
  • Interior fabric desainer ; lulusan kria juga dapat mensuplai kebutuhan perlengkapan interior, sama seperti fashion desainer, desainer interior juga seringkali kesulitan mengolah produk interior yang berbahan tekstil seperti: bahan sofa, kap lampu, tirai, karpet, dll. Desainer interior dibutuhkan klien untuk menciptakan kesan tertentu, bila tidak ditunjang dengan meterial yang cocok desainer interior pun akan kesulitan merealisasikan rancangannya.
  • Wirausaha / pengusaha; misalnya pengusaha pembuatan kain batik, industri sepatu kulit, butik, distro, perlengkapan interior atau sanggar pembuatan keramik seperti F.X Widayanto.
  • Fashion desainer
  • Fashion Editor & Wardrobe


5. SENI RUPA:
Seni Rupa merupakan ilmu yang mempelajari tentang keindahan, yaitu secara teori dan prakteknya. Beberapa hal yang akan teman-teman pelajari pada program studi Seni Rupa misalnya melukis, mematung, menggrafis, membuat keramik sampai penerapan ilmu-ilmu seni, seperti sejarah dan perkembangan Seni Rupa saat ini.

Banyak sekali hal-hal menarik yang akan teman-teman temui di dalam Seni Rupa saat teman-teman mempelajarinya. Lalu apa saja yang akan di pelajari di Seni Rupa FSRD-ITB? Sebagai institusi yang menggabungkan seni, sains dan teknologi, tentu saja teman-teman akan mendapatkan kajian-kajian terhadap Seni Rupa secara ilmiah lebih mendalam dan di sesuaikan dengan perkembangan seni. Pada program studi Seni Rupa FSRD-ITB bidang keilmuannya akan dibagi menurut studio-studio, di dalam program studi Seni Rupa ini terdiri dari empat studio yaitu seni lukis, seni grafis, seni patung dan seni keramik.

Di studio seni lukis teman-teman akan mempelajari teknis-teknis melukis dan mempelajari berbagai macam kecenderungan gaya lukis, di studio seni patung teman-teman akan mempelajari dasar-dasar mematung dan pemahaman akan material dan bentuk tiga dimensi, di studio seni grafis teman-teman akan mempelajari teknik-teknik cetak konvensional, fotografi dan cetak digital, di studio keramik teman-teman akan mempelajari teknik-teknik pembuatan bentuk tiga dimensi, tahap pewarnaan, sampai ke pada tahap pembakaran, dengan menggunakan material tanah liat.

Hal lain yang tidak kalah menarik dari Seni Rupa adalah jangkauan penelitian dan penggunaan material dalam proses pembuatan karya luas tidak terbatas, sehingga teman-teman dapat mengembangkan kreativitas dan rasa keingintahuan teman-teman. Misalnya saja, teman-teman yang tertarik untuk mengembangkan bakat pengolahan bentuk tiga dimensi maupun bentuk dua dimensi dapat memperdalam disini. Teman-teman yang tertarik tentang kajian teori-teori seni juga dapat mengembangkan minat tersebut, dengan memilih berkonsentrasi pada ilmu tersebut, dll.

Proses belajarnya pun tak kalah menarik , karena pada program studi Seni Rupa terdapat kuliah minor sehingga mahasiswa studio lukis dapat mempelajari dasar-dasar mematung di studio patung. Galeri-galeri dan ruang alternatif menjadi salah satu tempat pameran hasil karya mahasiswa, sehingga teman-teman dapat mempelajari bagaimana cara mandiri agar karya-karyanya dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

Ilmu apapun tidak dapat berdiri sendiri, begitu pula dengan Seni Rupa. Beberapa ilmu yang berhubungan dengan Seni Rupa adalah psikologi, sejarah, manajemen, filsafat dll. Ilmu-ilmu tersebut menjadi alat bantu dalam memahami proses pengembangan Seni Rupa yang ada. Contohnya manejemen seni adalah bagaimana cara kita dalam mengatur sebuah acara seni, dari awal sampai selesainya acara tersebut. bagaimana sebuah karya seni dapat mempengaruhi atau menjadi alat terapi bagi orang yang sedang terganggu psikologinya, merupakan salah satu fenomena yang harus dijelaskan oleh teman-teman natinya dengan menggabungkan ilmu seni dan ilmu psikologi.

Prospek Kerja
Seorang alumni Seni Rupa dapat bekerja di berbagai tempat atau memilih berbagai profesi sebagai berikut :
  • Seniman
  • Instansi Pemerintah atau Swasta
    • Lulusan Seni Rupa dapat bekerja sebagai pengajar dan peneliti di instansi pemerintah seperti : Perguruan tinggi Negeri, Departemen Pariwisata
  • Galeri
    • Galeri-galeri pemerintah maupun swasta sebagai kurator, kritikus seni.
  • Majalah Seni
    • Alumni Seni Rupa dapat menjadi chief editor masalah seni
  • TV
    • Menjadi pengasuh acara seni dan budaya
  • ART consultant
    • Alumni Seni Rupa dapat membuka sebuah usaha dibidang perencanaan karya-karya seni, seperti monumental
  • Wiraswasta
    • Alumni Seni Rupa dapat menjadi art dealer dan art supply

    Sumber : Aku Masuk ITB 

    114 komentar:

    1. terimakasih..... :>
      iku ingin sekali masuk ITB fakultas seni rupa dan desain, jurusan desain interior atau kriya.

      ~ Aku Cinta Seni ~

      BalasHapus
    2. Aminnnnn........... Semoga terwujud..... ITB ini Your Hand,,,,

      BalasHapus
    3. terimakasih,, :)) saya pengin masuk ITB di desain komunikasi visual.. semoga ya,,:D

      BalasHapus
    4. Masuk Seni Rupa ITB butuh apa aja, sih?

      BalasHapus
    5. Paling tidak bisa menggambar dan hobi menggambar.....

      BalasHapus
    6. persyaratan masuk design produk apa z y??

      BalasHapus
    7. saya kurang tahu mengenai hal itu,

      BalasHapus
    8. Yg bisa masuk jurusan desain interior tuh dari anak IPA aja atau IPS jg bisa ya?
      Very interesting :)

      BalasHapus
    9. passing grade FSRD ITB brapa?

      BalasHapus
    10. buka ini http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2012/11/daftar-jumlah-peminat-daya-tampung-dan.html

      http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2013/04/jumlah-peminat-dan-diterima-itb-2012.html

      BalasHapus
    11. informasi ini sangat bagus y, jdi lebih mantap dengan pilihan saya. terimakasih :)

      BalasHapus
    12. ty, semoga bisa masuk jurusan seni rupa

      BalasHapus
    13. kak, kalo mau DKV . apa harus pny skill gambar? klo skill di bidang photoshop/corel msh bisa/dibutuhkan gak? makasih :D

      BalasHapus
    14. Pertama kali masuk ITb itu masuk fakultas dulu, jadi skill gambar harus bagus... mungkin kalau memang sudah masuk DKV, skill corel atau photoshop cukup penting.....

      BalasHapus
    15. masih bingung nih k? aku masuk SMK jurusan Multimedia nanti kuliah mau ngambil jurusaaan apa yaa enaknya :D

      BalasHapus
    16. kalau menurutku ga harus sesuai dengan bidang saat sma, tp memang lebih baik sama dengan bidang sma....

      BalasHapus
    17. kak, kalo seni rupa sama design interior itu corel sama photoshop penting gak?

      BalasHapus
    18. Hmmmmm.... kurang tau ya.... tp kalau softwere mah bisa dipelajari, tp kalau imajinasi desain ataupun skill... ini biasanya hrs punya bawaan.... hehe

      BalasHapus
    19. saya mau nanya, kak...
      berarti tahun ini FSRRD masih nerima siswa dari jurusan IPA?
      terus kalau misal kita udah diterima di jalur sbmptn, apakah ada kemungkinan nggak lulus di tes keterampilan? makasih

      BalasHapus
    20. Dari dulu sampe sekarang nerima semua, kalau tes ketrampilan itu sudah sepaket sama sbmptn kalau ga salah, coba deh liat tgl ujian taon lalu....

      BalasHapus
    21. ITB ada kerja sama untuk lulusannya ke university animasi di Japan kah.
      karena anak saya suka sekali dengan animasi dan jago gambar

      BalasHapus
    22. Pengen banget masuk ke sana. Kalo ada informasi kayak kan jadi jelas, makasih banget kak informasinya. Saya bosen tiap saya bilang mau masuk seni pasti ditanya "masuk sni mau jadi apa?" .

      BalasHapus
    23. BU Mariyani : Wah, kurang tahu. Maaf...
      Corelawan : Susah itu relatif

      BalasHapus
    24. kak mau tanya berarti klo mau masuk desain grafis saya pilih yg mana nanti?

      BalasHapus
    25. Terimakasih infonya, semoga saya masuk fsrd itb dkv atau kriya, aamiin

      BalasHapus
    26. Kalo mau masuk fsrd itu yang diutamakan jago menggambarnya dulu ya? Selain itu waktu tes masuk fsrd itu selain jago menggambar tes nya ada apa lagi ya?

      BalasHapus
    27. Kak mau nanya kalau jurusan seni rupa itu boleh milih salah satu dari 4 program itu apa kita harus pelajari semua? Makasih Kak sebelumnya

      BalasHapus
    28. Anonim : Semuanya harus bagus, namanya juga persaingan ketat...

      Fontika : pas TPB mempelajari yg umum, nah setahun kemudian baru fokus jurusan sesuai mint masing2

      BalasHapus
    29. Kak kalo kelas bahasa bisa ga? Soalnya aku suka seni juga apapun itu kriya, rupa, interior juga tapi masih bingung mau yg maa

      BalasHapus
    30. Stevi, coba aja di SBMPTN.... jd belajar giat yah

      BalasHapus
    31. Kalo masuk jurusan kriya, apa saja sih syarat.a ?

      BalasHapus
    32. sama aja dengan yang lain, coba cek di website penerimaan

      BalasHapus
    33. Kak mau nanya, kan sekolah aku rumornya kena blacklist 4 thn dari itb buat jalur undangan. Nah otomatis aku g bisa lewat jalur undangan, berarti harus lewat SBMPTN? Dan aku belum tau SBMPTN itu apa?

      BalasHapus
    34. thanks infonya kak. mau tanya setau saya dkv itu jurusan ips, sedangkan saya jurusan ipa. kalo mau ke dkv bisa lewat SNMPTN undangan gak? trs kalo jalur SBMPTN harus lewat ipc ?

      BalasHapus
    35. Kak, mata kuliah di fakultas desain ada apa aja?

      BalasHapus
    36. Anonim : sbmptn tuh semacam lomba bebas se-nasional, jd ya super ketat.... tp dlm hal ini lomba masuk ke perguruan tinggi

      Mir : http://usm.itb.ac.id/snmptn-1.htm baca dulu,

      kesimpulannya :

      Calon mahasiswa yang berasal dari SMA/MA IPA, SMA/MA IPS, SMA/MA BAHASA, SMA/MA AGAMA, atau SMK/MAK dapat memilih :

      Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), terdiri atas program studi :
      Seni Rupa
      Kria
      Desain Interior
      Desain Komunikasi Visual
      Desain Produk

      jd bisa masuk lewat undangan walau jurusan dr IPA

      IPA (semua jurusan ITB)
      IPS (SBM dan FSRD)
      SMK (FSRD)

      BalasHapus
    37. Anonim :

      Desain dan Kebudayaan II 2 01 Dudy Wiyancoko (196612291992031002) 53 - R. S2-B - 0
      54 - R. S2-B - 0
      2 DS5012 Desain dan Media 2 01 Acep Iwan Saidi (196903091999031001) 43 - R. S2-A - 0
      44 - R. S2-A - 0
      3 DS5012 Desain dan Media 2 02 Intan Rizky Mutiaz (197707162006041003) 27 - R. S2-B - 0
      28 - R. S2-B - 0
      4 DS5012 Desain dan Media 2 03 Kahfiati Kahdar (197511202006042001) 43 - R. S2-B - 0
      44 - R. S2-B - 0
      5 DS5014 Statistik Ilmu-Ilmu Sosial 2 01 Prabu Wardono (195704131989031001) 25 - R. S2-A - 0
      26 - R. S2-A - 0
      6 DS5015 Teori Komunikasi 2 01 Intan Rizky Mutiaz (197707162006041003) 25 - R. S2-B - 0
      26 - R. S2-B - 0
      7 DS5016 Manajemen Produksi 2 01 Andriyanto Wibisono (197406121998021004) 15 - R. S2-B - 0
      16 - R. S2-B - 0
      8 DS5016 Manajemen Produksi 2 02 Andriyanto Wibisono (197406121998021004) 59 - R. S2-A - 0
      510 - R. S2-A - 0
      9 DS5017 Desain dan Gaya Hidup II 2 01 Ruly Darmawan (197404052008121001) 47 - R. S2-A - 0
      48 - R. S2-A - 0
      10 DS5020 Bisnis Desain II 3 01 Dona Saphiranti (196910181995122001) 27 - R. S2-A - 0
      28 - R. S2-A - 0
      11 DS5022 Revitalisasi Desain Tradisi 2 01 Adhi Nugraha (196503281992021001) 29 - R. S2-A - 0
      210 - R. S2-A - 0
      12 DS5023 Inovasi Desain (Design Thinking 3 01 Intan Rizky Mutiaz (197707162006041003) 15 - R. Kuliah (EL) - 0
      16 - R. Kuliah (EL) - 0
      13 DS5023 Inovasi Desain (Design Thinking 3 02 Intan Rizky Mutiaz (197707162006041003)
      14 DS5027 Semantika Produk II 3 01 Achmad Syarief (196907291997021001) 45 - R. S2-A - 0
      46 - R. S2-A - 0
      15 DS6090 Tesis Desain/Proyek Akhir Desain/Kriya 6 01 Andar Bagus Sriwarno (197008301997021001) 23 - R. S2-B - 0
      24 - R. S2-B - 0
      16 DS6101 Teori Desain I 2 01 Agus Sachari (195610221987031001) 23 - R. Seminar FSRD - 0
      24 - R. Seminar FSRD - 0
      17 DS6101 Teori Desain I 2 02 Intan Rizky Mutiaz (197707162006041003) 36 - R. S2-A - 0
      37 - R. S2-A - 0
      18 DS6103 Desain dan Kebudayaan I 2 01 Acep Iwan Saidi (196903091999031001) 13 - R. Seminar FSRD - 0
      14 - R. Seminar FSRD - 0
      19 DS6103 Desain dan Kebudayaan I 2 02 Ruly Darmawan (197404052008121001) 57 - R. S2-B - 0
      58 - R. S2-B - 0
      20 DS6105 Manajemen Informasi Penelitian 2 01 Achmad Syarief (196907291997021001) 57 - R. S2-A - 0
      58 - R. S2-A - 0
      21 DS6105 Manajemen Informasi Penelitian 2 02 Achmad Syarief (196907291997021001) 17 - R. S2-A - 0
      18 - R. S2-A - 0
      22 DS6106 Penelitian Desain 4 01 Imam Santosa (196412171990031002) 15 - R. Seminar FSRD - 0
      16 - R. Seminar FSRD - 0
      23 DS6107 Sejarah Sosial Desain 2 01 Imam Santosa (196412171990031002) 34 - R. S2-A - 0
      35 - R. S2-A - 0
      24 DS6107 Sejarah Sosial Desain 2 02 Imam Santosa (196412171990031002) 53 - R. S2-A - 0
      54 - R. S2-A - 0
      25 DS6110 Kajian Proyek Desain/Kriya

      BalasHapus
    38. itu matakuliahnya, maaf males edit, sumber dr dalam akademik itb baca aja, bisa dibedain mana yg nama mata kuliah sama dosen yg ngajar.....

      BalasHapus
    39. Mau nanya dong ka,kalo msk jirusan seni rupa kan,semester 1 kan belajar yg umum dulu,nah semester 2nya baru penjurusan.nah kalo buat penjurusannya,sesuai samaminat kita atau diliat dari IPK kita? Makasih ka

      BalasHapus
    40. Hallo saya megy. Saya bersekolqh di SMKN 30 Jakarta. Saya ingin melanjutkan kuliah di ptn jurusan fashion d'sign. Apakah di itb ada jurusan fashion d'sign?

      BalasHapus
    41. Bermanfaat banget infonya!!
      Ohiya ka untuk test SBMPTN itu pasti diadakan ya stiap tahunnya? Makasih

      BalasHapus
    42. Apakah lulusan smk bisa masuk jurusan dkv?

      BalasHapus
    43. Kalo anak ipa masuk FSRD bisa nggak ya?._.

      BalasHapus
    44. Anonim :diliat minat, kalau melebihi kuota baru diseleksi IPK
      Lesiana : sepertinya belum ada yg khusus fashion
      Abdi :pasti, cuma sistemnya selalu ada perbaikan
      Krisna : bisa banget
      Rahma : sangat bisa

      BalasHapus
    45. Aku pingin banget jadi animator, aku suka banget sama yang namanya animasi, dan aku mau buat Indonesia maju dalam animasinya, gak kalah sama negara tetangga (ykwim)

      Sekarang aku baru kelas 10. Sekolah di SMAN 28 Jakarta. Semoga ada jalur undangan masuk DKV ! Doakan aku yaa~~

      BalasHapus
    46. Klo ga punya skill menggambar ga bisa masuk jurusan design interior ya? Jd klo untuk pemula bagusnya belajar dmn ya? Hehe ..

      BalasHapus
    47. Aku mau nanya dong ka.tahun ini aku lulus dan aku pgn bgt masuk fsrd itb design interior.tapi aku dri jurusan ipa.jadi ngga bisa snmptn ya ka?

      BalasHapus
    48. Ka,kaka kuliah di itb fsrd? Emg susah bgt ya ka? Aku mau masuk situ tapi banyak temen aku yang bilang susah bgt dan saingannya banyak bgt yg jago2:(

      BalasHapus
    49. kak mau tanya, kebetulan aku anak SMK jurusan animasi, kira2 peluang buat diterima masuk ke DKV nya besar nggak ya? kalau didukung sama portofolio gmn?? (film animasi karya pribadi)

      BalasHapus
    50. Kak kalo snmptn/jalur undangan kan semua siswa ipa ips dll berhak kan ya masuk fsrd. Nah kalo buat yang sbmptn itu anak ipa tesnya saintek atau soshum ya? Terus tahun pertama itu harus belajar semua prodi (hrs bisa dkv, kriya, seni rupa dll) kah? Atau hanya matkul umum yg mencakup itu aja? Soalnya pengennya cm desain interior kak hehe tolong bgt bantu jawab ya kakkk:') terimakasihhhh

      BalasHapus
    51. kak aku dari ipa pgn coba design interior, ntar test sbmptn nya itu test pelajaran ips atau mesti ambil ipc ya kak? thanks :")

      BalasHapus
    52. Citra : tes nya pas sbmptn pake gambar :D
      Anonim : fsrd semua jurusan bisa kok
      Anonim : dicoba dulu aja,,,, kalau memang minat ntar menemukan jalannya
      Recha : Biasanya cuma bisa piagam,,, kalau ada piagam lomba animasi itu sangat membantu
      Anonim : Masuk IPS kalau ga salah,,,, kalau ipa kasihanlah yg ips padahal jurusannya bukan itung2an,,,, tahun pertama belajar yg umum2,,,, belum mengarah ke prodi kok,,, santai aja
      Eleny :ips sih,,,, kalau ipc tuh gunanya kalau kamu mau tes masuk jurusan satunya ipa sama satunya lagi ips

      BalasHapus
    53. Ka aku susan sekolah di smk yapari aktripa bandung jurusan pariwisata, aku pengen kuliah, tp bagusnya dilanjutin jurusan apa ya? Pengen yg bersangkutan sama sales and marketing/acounting ka, mksh :-)

      BalasHapus
    54. misi mau tanya nih. aku kan sma jurusan ipa, kalau mau ikut sbmptn ke fsrd itb itu ikutnya ipa, ips, atau ipc ya? makasih sebelumnya

      BalasHapus
    55. Pada pelaksanaan SNMPTN 2015, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) dapat dipilih oleh siswa yang berasal dari SMA IPA atau SMA IPS. Sedangkan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dapat dipilih oleh siswa yang berasal dari SMA IPA, SMA IPS, SMA Bahasa, atau SMK. Fakultas/Sekolah lain di ITB selain dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) hanya dapat dipilih oleh siswa yang berasal dari SMA IPA.

      BalasHapus
    56. saya mau nanti masuk fakultas FSRD tepatnya design interior , itu yang di test nya pelajaran apa ya dan juga sekarang aku di ipa belajar gambar gambar proyeksi gitu apakah itu berpengaruh?

      BalasHapus
    57. bissmillah minta dooanya ya biar aku bisa masuk FSRD ITB ! juga buat temen-temen yang bermimpi bisa berkarya di FSRD ITB. Amiinn

      BalasHapus
    58. Amin.

      Kak, aku pengen masuk FSRD ITB, cara masuknya lewat apa aja ya? Statistik masuk nggak?

      BalasHapus
    59. Kalo dari jurusan smk tata boga masuk FSRD bisaa juga kan??

      BalasHapus
    60. Mulan : jauh sih kalau statistik,,,,,, atina : coba aja,,,,,

      BalasHapus
    61. mau nanya nih kak kan saya kelas 2 smk jurusan rekayasa perangkat lunak kira kira bisa ngga yah masuk jurusan STEI di itb

      BalasHapus
    62. Kak, pengetahuan tentang membuat gambar dari aplikasi kyk photoshop,ato corel draw gitu sangat mempengaruhi,ga,klo msalnya kita msuk ke seni rupa?

      BalasHapus
    63. kakak... klo di SMA jurusan agama kmungkinan lulusnya gmn kk?

      BalasHapus
    64. Ka pngn tanya kalo kriya di itb belajar kyk gmn aja ? Saya pngn jadi fashion design , katanya kriya juga peluang usahanya bisa jadi fashion design ? Mning saya k itb dgn jurusan kriya atw univ lain yg mengkhususkan fashion design ?

      BalasHapus
    65. Kak, kalo ga bisa corel, ps, itu gimana? Syarat masuknya harus bisa itu ya?

      BalasHapus
    66. Kak, kalo kemampuan gambarnya kurang apa bisa masuk jurusan dkv?

      BalasHapus
    67. Dedut : bisa banget,,,
      Melania : setauku itu sebagian kecil,,, tp yang harus bisa ya gambar manual pake tangan,,, krn itu basic bgt dr seni rupa,,, kalau pake softwere itu aplikasinya
      Suci : coba aja, yg jelas kalau mau masuk FSRD harus belajar ips sama gambar..
      Anonim : cari aja di postingan lainnya, byk cerita kalau kamu mau cari di blog ini, Kalau udah tahu jurusannya seperti itu mending lgsg di univ lain yg ada jur itu
      Shafa : corel sama ps itu aplikasi saja,,,,, yg harus bisa itu gambar manual pake tangan dulu, ps sama corel bisa dipelajari,,,
      Haris : namanya kuliah itu belajar, selagi kamu mau berusaha insyAllah bisa

      BalasHapus
    68. Kak aku smk animasi klas 3 saat ini, punya port folio pribadi, punya sertifikat 3dd daridepartemen perindustrian, punya sertifikat 3d dari autodesk, apakah tahun depan aku bisa dipertimbangkan ikut jalur2 yg ada di dkv ? Jalur apa kak

      BalasHapus
    69. Kak aku smk animasi klas 3 saat ini, punya port folio pribadi, punya sertifikat 3dd daridepartemen perindustrian, punya sertifikat 3d dari autodesk, apakah tahun depan aku bisa dipertimbangkan ikut jalur2 yg ada di dkv ? Jalur apa kak

      BalasHapus
    70. apa persyaratan masuk fakultas seni rupa dan desain khususnya KRIYA Kak?

      BalasHapus
    71. apa persyaratan masuk fakultas seni rupa dan desain khususnya KRIYA Kak?

      BalasHapus
    72. Kakak saya pengen banget masuk ITB dan mengambil DKV.
      kira" apakah dari jurusan akuntansi bisa masuk ke DKV di ITB karna minat dan bakat serta hobby saya ada disitu.
      jika bisa mau tau dong kak, syarat masuknya apa aja? dan jalur apa aja yg bisa ditempuh. terima kasih :D

      BalasHapus
    73. Usmini : masuk dulu aja di FSRD, masuk jurusan br 1 thn setelah ketrima jd masih bisa pilih2,,,,masuk fsrd dulu aja
      Erie : Dapat nilai bagus pas seleksi :p
      Kito : SBM, FSRD apalagi ya,,,,coba cari sendiri yg lain
      Abdur : Makasih,,,, kalau pengalaman ada sih tp males nulis
      Gagak : coba aja sih, ga ada salahnya

      BalasHapus
    74. Maaf kak pgn nanya, aku dari ips pas SMA. Tapi skrng aku lagi kuliah tp nnti aku pgn ikut SBMPTN tahun depan Aku pgn ambil design interior. Nnti kalo aku ikut SBMPTN soal tes nya tidak saintek kan? Terimakasih. Mohon di jawab ya🙏

      BalasHapus
    75. kalau di itb sendiri untuk jurusan teknologi informatika gimana ka..
      jilbab syar'i murah

      BalasHapus
    76. Kak FSRD tuh ada program alih jenjang D3 ke S1 gak? soalnya saat ini saya D3 Desain Grafis di Politeknik Negeri Jakarta. mohon infonya kak, terimakasih...

      BalasHapus
    77. Wita : engga
      Khimar : ada dipost lain, cari aja
      Bagir :Ada, ada temen kos yg alih jenjang,,, tp utk caranya saya kurang tau

      BalasHapus
    78. Aku pingin masuk FSRD ITB !!!


      Aku py sdikit basic ngegmbar manual z pke tangan..ga sabarr k pinginn masukk..syaratnya apa z ia kak..??

      BalasHapus
    79. kak, beneran snmptn fsrd itb tu lebih andelin raport dripada portofolio? saya di kelas tuh orangny sedeng-sedeng ajah, kak (bisa dibilang ranking belasan diantara 30-an orng). untuk portofolio, inshaaAllah siap soalny sering terima orderan gambar jd sering latihan. dan sekarang saya udah kelas 3 SMA, galau.

      BalasHapus
    80. Noet : coba cari di web itb
      Dhea : kombinasi keduanya, dicoba dulu aja kalau memang dah sering buat insyaAllah ada jalan

      BalasHapus
    81. Kak, saya mau tanya. Saya siswa SMA jurusan IPA, saya tertarik masuk ke ITB jurusan FSRD Desain Komunikasi Visual. Saya membaca di salah satu website lain, kok FSRD masuk ke "Jurusan IPS" yaa? Selain itu, ada juga yang menyebutkan, kalau misal dari FSRD lebih memprioritaskan jurusan IPS, dan anak IPA hanya bisa masuk lewat SNMPTN jika masih ada "kursi sisa" peminat IPS, apa benar??
      Sama kalau peluang yang lebih besar masuknya lewat SNMPTN atau SBMPTN yaa? Terima kasih banyak...

      BalasHapus
    82. Anak IPA seharusnya hanya bisa lewat SBMPTN saja, soalnya kalau undangan hanya bisa via raport IPS,,,,, SBMPTN pun daftarnya juga sebagai IPS, tp SBMPTN itu bebas jurusan apa aja

      BalasHapus
    83. terimakasih..... ��
      iku ingin sekali masuk ITB fakultas seni rupa dan desain, jurusan desain interior.

      BalasHapus
    84. tapi kak, ketika lihat pengalaman di tahun-tahun yang sebelumnya justru sekitar 80-an anak IPA yang keterima, sisanya IPS sama SMK kak. tuh gimana? bahkan disekolah saya sempat ada alumni jurusan IPA masuk FSRD

      BalasHapus
    85. Kak aku baru banget baca. Aku mau banget masuk itb senirupa karna ada ke patungnya. Nah kalo mau masuk itb senirupa aku harus punya modal apa aja? Dan aku harus tau lebih banyak apanya kak? Mohon di jawab cepat ya kak. Aku kepo bangettttt

      BalasHapus
    86. Dhea : rata2 IPA bisa masuk IPS, IPS susah masuk IPA,,,,
      Shabrina : kalau mau buat patung mah ga perlu susah2 masuk ke ITB...... senirupa ga hanya patung

      BalasHapus
    87. IPA masuk DKV jalur SNMPTN bisa?

      BalasHapus
    88. Sebenarnya saya udah baca berulang kali,bolak balik searching mengenai info,mulai saya belum mengikuti SBMPTN sampai akhirnya puji Tuhan lulus SBMPTN tahun ini di FSRD ITB.Ini benar-benar membantu.Kemungkinan nanti saya memilih DKV karena berdasarkan informasi yang saya dapat,DKV memiliki rating tertinggi daripada yang lain.Banyak peminatnya.Selain itu prospek kerjanya meyakinkan.Ada baiknya kita pertimbangkan dengan matang apa sudah "cocok".Sekarang saya lagi repotnya ngurus pendaftaran ulang.Semoga dimudahkan ya.Salam pecinta seni👌👌👌

      BalasHapus
    89. Anonim : DKV setahuku ips, masuk IPC sepertinya
      Evly : OK dek

      BalasHapus
    90. Kalo gajago gambar tp pgn ambil fsrd mending ambil jurusam apa yaa?makasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. mending masuk yang menurut kamu mampu aja. misalnya kamu berbakat di bidang apa di teruskan sajaaa...

        Hapus
      2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

        Hapus
    91. Kak, kalau dari ipa bisa lolos snmptn fsrd engga ya? Peluangnya segimana?

      BalasHapus
    92. Anonim : Wah salah satu tes nya (SBMPTN) harus gambar dek,,,,, jd harus jago sih
      Unknown : BIsa, byk kok anak ipa masuk fsrd,,,, jd ipa atau ips sama aja,,, asal jago gambar

      BalasHapus
    93. Kalau mau masuk DKV lewat jalur SNMPTN kan kita harus melampirkan Portofolio. Nah portofolio itu isinya karya gambar manual atau karya grafis yang dibuat dengan software ?

      BalasHapus
    94. Hallo kak! Thanks ya buat info nya. Btw kan aku snmptn dan pilih fsrd itb nah ada ga sih kak kunci bikin portofolio yang sempurna biar bisa lolos snmptn nya? Hehe. Dan juga ntar pas semester awal kita belajar apa kak? Makasih sebelumnya :)

      BalasHapus
    95. Anonim : Untuk detailnya kurang tahu dek,,,, coba lihat diwebsite resmi itb

      Nada : kalau karya itu original, jd buatan sendiri, dosen jago liat itu buatan sendiri atau jiplak,,, good luck

      BalasHapus
    96. ka klo lulusan smk jurusan akuntansi bisa masuk dkv ga?

      BalasHapus
    97. Syarah : Bisa, daftar aja tp pasti ada tes gambar,,,,

      BalasHapus
    98. Halo kak,mau nanya semisal di sm ke 2 gagal bersaing buat masuk ke jurusan yang prioritaskan apakah di semester berikutnya bisa ngajuin pindah jurusan,thanks

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa tp peluangnya kecil, syarat lain sepertinya IPK harus diatas 3,5 dan dapet izin dari ketua program studi,,, jadi ketat dan susah

        Hapus
    99. Ka SBMPTN tes nya selain gambar ada lagi gak? Tes nya membuat gambar ilutrasi sendiri atau sudah di tenukan?
      Terima kasih sebelumya :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kadang ada tes wawancaranya
        Kita tau tes nya gambar apa pas hari H, tahun lalu sih gambar suasana

        Hapus
    100. Syarat masuk itb jurusan desain interior apa aja???

      BalasHapus
    101. Ka, kalau mau FSRD itu susah g sih? Saingan nya banyak dan seleksi nya ketat ga?

      BalasHapus