Sabtu, 10 Maret 2012

Pengenalan Jurusan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) ITB dan prospek tiap jurusannya

Peminat Ujian tertulis tahun 2011 : 2059


1. TEKNIK GEOLOGI:
Prodi Teknik Geologi mempelajari ilmu tentang bumi dengan berbagai aspeknya, termasuk di dalamnya adalah batuan, bentuk atau struktur dan hubungan antar batuan serta proses kejadiannya. Ilmu-ilmu yang dipelajari di Teknik Geologi bertujuan untuk memberikan teman-teman pengetahuan agar mampu menjelaskan keadaan alam dan proses yang terjadi di permukaan bumi dan dari dalam bumi. Disamping itu, setelah mendapatkan kuliah di program studi ini, teman-teman diharapkan dapat memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang ada, serta memberikan saran dalam bidang keteknikan, lingkungan dan bencana, yang berkaitan dengan kebumian.

Pada program studi Teknik Geologi, teman-teman akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan bumi sebagai obyek, dengan ruang lingkup yang luas, misalnya batuan dan mineral, minyak dan gas bumi, gunung api dan panas bumi, atau struktur bumi dan gempa bumi. 

Teknik Geologi menjadi penting untuk dipelajari terutama berkaitan dengan pemanfaatannya untuk kesejahteraan manusia terutama dalam pencarian sumberdaya energi seperti minyak dan gas bumi, batubara, panasbumi. Selain itu keilmuan Teknik Geologi juga berperan dalam pencarian sumberdaya alam yang lain, misalnya mineral ekonomis, emas, perak, tembaga atau bahan industri yang lain, dan juga sumberdaya yang penting bagi kehidupan yaitu air tanah.

Pada prodi Teknik Geologi teman-teman juga akan mempelajari tentang jenis batu, struktur, bentuk, letak dan lokasinya di dalam bumi, dan berbagai karakteristik lainnya. Oleh karena itu, pada akhirnya teman-teman akan memiliki kemampuan untuk mencari sumberdaya alam (SDA). Bahkan teman-teman juga akan mengetahui apakah SDA tersebut aman untuk ditambang. Khusus untuk batuan, maka tingkat keamanan dalam penggunaan batuan tersebut untuk mendirikan suatu bangunan pun dapat diketahui. Ternyata kita tidak bisa sembarangan menggunakan batuan yang ada ya.

Keberadaan ilmu Teknik Geologi menjadi istimewa karena perannya dalam proses eksplorasi (pencarian) minyak dan gas bumi, mineral berharga dan air tanah menjadi hal yang penting dalam proses penambangan SDA. Penambangan tidak bisa dilakukan jika seorang sarjana Teknik Geologi belum menyelesaikan tugasnya. Dengan dasar ilmu batuan yang kuat, tentunya memungkinkan bagi teman-teman untuk mengembangkan ilmu di bidang batu-batu mulia seperti, berlian, intan, permata, saphire, dll. Pengetahuan tentang struktur batuan tersebut tentunya dibutuhkan untuk membentuknya hingga menjadi indah dan menarik.

Prospek Kerja
Sarjana Teknik Geologi dapat menerapkan ilmunya di bidang pencarian sumberdaya energi (minyak dan gas bumi, batubara dan panas bumi), dan sumberdaya mineral (Emas, Perak, dll), termasuk bidang jasa yang berhubungan. Sarjana Teknik Geologi juga dibutuhkan oleh pemerintah daerah untuk pengembangan potensi sumberdaya alam daerah dan pengelolaannya. Beberapa perusahaan atau instansi yang membutuhkan sarjana Teknik Geologi diantaranya adalah
  • Industri Perminyakan dan Gas Bumi
    • Pada bidang ini sarjana Teknik Geologi akan bertugas sebagai ahli yang bertugas untuk melakukan proses eksplorasi minyak dan gas bumi. Misalnya: Medco Energi, Pertamina, Chevron, ExxonTotal Indonesia,dan lainnya.
  • Industri Pertambangan
    • Pada industri pertambangan sarjana Teknik Teknik Geologi bertanggungjawab untuk mencari potensi SDA seperti mineral berharga dan batu bara. Misalnya: PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia, PT Timah
  • Konsultan Teknik Geologi
    • Konsultan Teknik Geologi akan mengerjakan berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan proses eksplorasi SDA. Oleh karena itu, konsultan Teknik Geologi akan banyak bekerjasama dengan industri-industri perminyakan dan penambangan.
  • Lembaga atau Pusat Penelitian
  • Instansi Pemerintahan
    • Sarjana Teknik Geologi akan mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan proses eksplorasi SDA. Beberapa instansi pemerintah yang membutuhkan sarjana Teknik Geologi misalnya Direktorat Energi dan Sumberdaya Mineral, Kantor Wilayah (Kanwil), BAPPENAS, BAPPEDA
  • Universitas
    • Sarjana Teknik Geologi dibutuhkan sebagai pengajar di Universitas.


2. METEOROLOGI:
Apa yang terbayangkan jika teman-teman mendengar kata Meteorologi? Ilmu tentang meteor? Tentu saja bukan. Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan gejala-gejalanya, yang terkait dengan komponen bumi yang berupa gas atau biasa disebut udara.

Seringkali kita bingung dan tidak menemukan alasan kenapa cuaca tiba-tiba berubah, dari panas menjadi hujan, atau kenapa turun salju, dsb. Hal ini yang akan teman-teman pelajari di program studi Meteorologi. Teman-teman tentunya mengetahui cuaca dan iklim dapat sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Contohnya saja petani menentukan musim panen dengan melihat cuaca dan iklim, pengetahuan ini sudah diketahui oleh nenek moyang kita sejak lama. Namun, banyak yang tidak dapat menjelaskan hal tersebut secara ilmiah. Dengan adanya ilmu meteorologi, hal itu dapat dijelaskan secara logis. Gejala-gejala alam lainnya seperti puting beliung, angin topan, dsb juga akan dipelajari pada program studi Meteorologi. Tidak hanya mempelajari mengapa bencana alam tersebut terjadi, namun juga mempelajari apa yang dapat dilakukan oleh manusia untuk menanggulangi dan meminimalisir dampak dari bencana alam tersebut.

Lalu bagaimana keterkaitan ilmu meteorologi dengan ilmu-ilmu lainnya. Tentu saja banyak sekali, misalnya dengan ilmu Arsitektur. Dengan pengetahuan para ahli meteorologi, maka para arsitek di dapat mendesain bangunan-bangunan sesuai dengan kondisi iklimnya. Di Eropa sebagai contoh, karena sering terjadi salju bahkan badai, maka bangunan-bangunan atapnya dibuat dengan kemiringan yang besar agar salju yang tidak sempat menumpuk di atas tetapi cepat meluncur ke bawah. Contoh lainnya adalah desain rumah di Jepang. Ternyata penggunaaan bahan baku kayu sebagai bahan utama rumah-rumah di Jepang juga disesuaikan dengan kondisi iklim dan cuaca di sana. Karena sering terjadi gempa, maka material terbaik yang dapat digunakan adalah kayu, karena kayu cenderung akan lebih lentur.

Selain itu pada program studi Meteorologi, teman-teman juga akan belajar beberapa perangkat lunak yang dapat dipergunakan untuk memprediksi cuaca, dan ilmu-ilmu yang terkait tentang itu.

Prospek Kerja
Pada prinsipnya, kompetensi lulusan Meteorologi adalah memprediksi dan mengetahui bagaimana kecenderungan gejala-gejala cuaca dan keterkaitannya dengan kehidupan manusia. Beberapa bidang dan instansi yang bisa dimasuki oleh sarjana Meteorologi adalah sebagai berikut :
  • Instansi Pemerintahan
    • Khususnya di Badan Meteorologi dan Geofisika, BPPT, dan institusi sejenis. Sarjana Meteorologi sangat dibutuhkan untuk melakukan analisis terhadap cuaca dan membuat prakiraan cuaca. Disamping itu menjadi dosen Meteorologi di Perguruan Tinggi Negri, menjadi peneliti di LIPI dan RISTEK.
  • Akademisi
    • Menjadi staff pengajar di perguruan tinggi negeri maupun swasta
  • Peneliti
    • Menjadi peneliti di institusi-institusi dan badan riset pemerintah maupun swasta
  • Pertanian
    • Bidang pertanian merupakan bidang yang paling banyak membutuhkan ilmu Meteorologi, seorang sarjana Meteorologi dapat menjadi analis di bidang ini.
  • Industri
    • Sarjana Meteorologi dapat menjadi ahli atau konsultan dalam membuat alat-alat yang terkait dengan bidang Meteorologi.

3. TEKNIK GEODESI dan GEOMATIKA
Geodesi adalah salah satu ilmu-ilmu kebumian tertua yang sangat terkait erat dengan lingkungan fisik bumi, yaitu mulai dari masalah banjir Sungai Nil di Mesir kuno (2000 tahun sebelum Masehi) sampai dengan masalah kini mengenai pemantauan gerakan kerak bumi. Sejak beradab-adab lamanya, hubungan geodesi dengan survey dan pemetaan sangat erat sekali, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui dasar dan sifat ilmiahnya.

Pada saat ini, aspek penentuan posisi (surveying) berkembang ke arah Geomatika, suatu terminologi ilmiah modern yang mengacu kepada pendekatan terpadu dari pengukuran, analisis, pengelolaan, penyimpanan serta penyajian deskripsi dan lokasi dari data yang berbasis muka bumi (umumnya disebut data spesial).

Geomatika muncul dalam konteks integrasi beberapa profesi atau disiplin yang berhubungan dengan geoinformasi seperti informasi spasial (berhubungan dengan pengukuran dan pemetaan digital), masalah-masalah kebumian dan kelautan berikut semua aspek yang terkait didalamnya (penataan ruang, tata guna lahan, lingkungan, sosial ekonomi), serta komputer terapan.

Tujuan Pendidikan Jurusan Teknik Geodesi adalah menyiapkan peserta didik untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kualifikasi :
  • Berwawasan ke masa depan yang mampu menangani masalah pada zamannya dengan pengalaman dan keahlian paling mutahir, berfikir proaktif, bertindak antisipatif dan bekerja koordinatif
  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip fundamental dalam merancang struktur pekerjaan, memproses pekerjaan, serta menganalisis hasil pekerjaan dalam bidang teknik Geodesi
  • Mampu menerapkan teknik-teknik yang diperlukan di dalam menghasilkan data dan informasi terkait dengan bidang Teknik Geodesi untuk perencanaan pembangunan
  • Mampu bekerja dan memanfaatkan peralatan teknologi maju, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Mampu bekerja sama dalam menerapkan bidang Teknik Geodesi dengan bidang-bidang keahlian lainnya; mampu mengembangkan diri untuk memasuki pendidikan lanjutan (akademik atau profesional) di dalam dan luar negeri.

Prospek Kerja
Bidang Kerja Lulusan Teknik Geodesi adalah :
  • Lembaga Pemerintahan : Badan Pertanahan Nasional, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Bappeda, Departemen Pertambangan dan Energi, Departemen Kehutanan, Departemen Perhubungan, Kimpraswil
  • Lembaga Riset : BPPT, LIPI,
  • Industri Swasta : Surveyor Indonesia, PT Aneka Tambang, PT Timah, Freeport, Pertamina, Caltex, Total Indonesia, Slhumberger
  • Kontraktor Bangunan : WiKa, Pembangunan Perumahan
  • Dosen


4. OSEANOGRAFI:
Akhir-akhir ini kita semakin akrab dengan kata tsunami, gelombang badai, serta pemanasan global dan pengaruhnya terhadap kenaikan muka air laut. Tak kalah pentingnya adalah peristiwa tenggelamnya pulau-pulau kecil akibat kenaikan muka air laut. Sebagai orang awam, mungkin kita tidak mengetahui mengapa tsunami, gelombang badai, serta kenaikan muka air laut bisa terjadi lalu bagaimana cara memprediksi dan meminimalisir dampaknya. Nah, hal-hal itu merupakan salah satu bidang yang akan teman-teman pelajari jika kuliah di Program Studi Oseanografi.

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang dapat diaplikasikan ke bidang-bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi (pengelolaan dan pencegahan). Seperti telah kita ketahui bersama, lebih dari 62% kepulauan Indonesia terdiri dari lautan, dan hampir 70% bagian dari dunia juga adalah lautan. Dapat teman-teman bayangkan betapa luasnya lahan pekerjaan dan kesempatan untuk berkarya bagi seorang sarjana Oseanografi.

Seperti teman-teman ketahui, wilayah Indonesia dikenal dengan sebutan Benua Maritim karena lokasi geografis dan kondisi geologisnya yang unik. Hal ini menempatkan prodi Oseanografi – ITB pada posisi dan peran yang sangat strategis untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli. Lulusan Oseanografi memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan berbagai bidang kajian yang dapat mendukung pembangunan nasional. Bencana laut dan lingkungan (gelombang badai, penyebaran tumpahan minyak dan limbah di laut, kekeringan karena peristiwa El Niño, tsunami, dll) yang terjadi selama dua dasawarsa terakhir dan perlunya energi alternatif sebagai pengganti minyak bumi telah menumbuhkan kesadaran akan pentingnya bidang kajian kelautan bagi masyarakat dan pemerintah. Terutama dalam bidang energi, dengan melakukan penelitian sumber energi alternatif yang berasal dari laut, seperti pasang surut laut, gelombang, dan Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC).

Pada proses perkuliahannya teman-teman akan dibekali konsep-konsep dasar ilmu kelautan yang meliputi aspek fisika, kimia, biologi dan geologi serta dilengkapi dengan dasar-dasar dinamika laut serta survei dan pemetaan laut. Laut sebagai objek kajian ditinjau mulai dari sifat-sifat fisis dan kimia air laut, gerakannya berupa arus, gelombang dan pasang surut, sedimen dasar laut, revolusi lempeng tektonik (khususnya lempeng samudera), sampai dengan proses erosi dan sedimentasi daerah pantai.

Seluruh ilmu-ilmu dasar seperti fisika, kimia, biologi, geologi dan matematika digunakan untuk dapat menerangkan proses alam yang terjadi di laut. Untuk mendukung proses perkuliahan teman-teman juga akan dibekali dengan kegiatan observasi lapangan, studi laboratorium, pemodelan dan simulasi komputer, serta aplikasi penginderaan jauh (remote sensing). Umumnya pengukuran parameter oseanografi dilakukan di laut menggunakan kapal riset. Disamping itu pengukuran dapat juga dilakukan di laboratorium dengan bantuan model-model fisis atau hidrolika yang dibuat semirip mungkin dengan yang ada di lautan.

Prospek Kerja
Seorang sarjana Oseanografi dapat berprofesi di berbagai bidang, antara lain :
  • Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta di dalam dan luar negeri (Undip, ITS, Unsyiah, Unand, Univ. Malaysia, Univ. Columbia, dll.)
  • Lembaga riset pemerintah atau swasta di dalam dan luar negeri, a.l.: Badan Riset Kelautan dan Perikanan– Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), BPPT, Pusat Penelitian Oseanografi – LIPI, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), PEMDA, serta perguruan tinggi luar negeri (a.l.: Columbia University, USA; Kiel University dan Hamburg University, Germany; Kyoto University, Japan; Utrecht University, TU Delft, WL | Delft Hydraulics, dan Twente University, The Netherlands).
  • Administrator Kelautan di pusat dan daerah
  • Militer (TNI AL)
  • Pariwisata dan olahraga bahari
  • Industri migas dan mineral onshore/offshore (Pertamina dan Schlumberger)
  • Industri perikanan dan bahari lainnya
  • Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kelautan dan Lingkungan
  • Konsultan Lingkungan
  • Electronic Data Processing dan Information Technology
  • Wirausaha
  • Perusahaan Survei Swasta Nasional dan Asing, dll.


Sumber : Aku Masuk ITB

58 komentar:

  1. saya nak jadi ahli meteorlogi ...bidang apa perlu saya pilih and subjek apa perlu saya kuasai ??

    BalasHapus
  2. Kang, di FITB pelajaran yang harus dikuasain apa ?

    BalasHapus
  3. fisika n matematika, itu untuk tpb.... kalau di jurusan, bisa macem2..

    BalasHapus
  4. berapa mahasiswa FITB yang di terima di itb tahun 2012 dan berapa peminatnya...??

    BalasHapus
  5. apakah anak yang dari SMK geologi pertambangan punya peluang lolos lebih besar dibanding anak yang dari SMA Negeri ?? mohon balasannya

    BalasHapus
  6. Belum tentu, tergantung usaha kita...... :)

    Untuk jumlah yang diterima lihat posting saya yang lainnya udah saya post.....

    BalasHapus
  7. kang gimana caranya biar masuk Teknk eologi?

    BalasHapus
  8. Kalau mau masuk oseanografi kira kira peluang masuk antara perempuan dan laki laki sama nggak?

    BalasHapus
  9. Saya Tertarik masuk Geodesi, matpel apa yg wajib dikuasai? apakah matpel geologi nya wajib banget dikuasai? atau mengutamakan fisika/matematikanya?

    BalasHapus
  10. Kavita : Sama saja...
    David : Kalau sudah masuk jurusan mata kuliahnya mix, ga fokus pada satu aja....

    BalasHapus
  11. tipsnya buat masuk FMIPA di itb gimana kang?

    BalasHapus
  12. kang di itb ada ga jurusan teknik pangan dan banyak ga peminat dan daya tamoungnya cukuo untuk berapa?

    BalasHapus
  13. Salman : masuk fakultas manapun usahanya sama, yg membedakan adalah minat.... teknik pangan ga ada dek... adanya teknik pertanian....

    BalasHapus
  14. Bang, saya ingin masuk SBM ITB jalur undangan, tapi saya dari jurusan IPA. Bisa nggak bang ??

    BalasHapus
  15. untuk rata2 nilai ada persyaratan ga???
    soalnya kan kalo jalur undangan lihat nilai raport juga,,,

    BalasHapus
  16. SALMAN : teknik pangan adanya di IPB ama UNPAD,,

    BalasHapus
  17. Saya pernah baca dalam sebuah blog dosen itb, klau jurusan meteorologi, osenografi, dan astronomi (fmipa), bisa dipilih di awal sebagai jurusan langaung, apakah memang bisa seperti itu atau bagaimana ?? Terima kasih..

    BalasHapus
  18. Yelmi : Lewat jalur peminatan, ntar dapet beasiswa pemintan. itu kalau dulu, silahkan dicari info terbarunya di web itb

    BalasHapus
  19. Halo ka aku minat masuk fitb itb taun ini, kalo buat penjurusan setelah tpb itu biar msk geologi apa sih yg penting? Trus susah ga ka?

    BalasHapus
  20. Penjurusan itu berdasarkan minat, kalau ternyata banyak yg minat, bagus2an IP

    BalasHapus
  21. Kak nilai yg dijadikan acuan buat SNMPTN fakultas kebumian ITB apa ya? Apakah nilai Geografi diperhitungkan?

    BalasHapus
  22. ya enggalah, semuanya :D kalau masuk ITB semuanya bagusin.... tp yg penting jgn pesimis

    BalasHapus
  23. Jadi semua mata pelajaran dijadikan acuan?

    BalasHapus
  24. kang, saya anak bahasa kira kira gimana peluangnya ke fitb? bisa tidak ?

    BalasHapus
  25. oke sip~ keputusan saia di FITB aja ^^
    thank's banget infonya kak ^^

    BalasHapus
  26. Madha : bukan acuan, tp pertimbangan....bagusin semua... tp kalau ga bagus coba aja ..

    Adio : bisa, utk undangan yg ga bisa... krn kan pake raport.... coba aja di sbmptn

    Anyz : oke.samasama

    BalasHapus
  27. sip, nuhun kang =))

    BalasHapus
  28. Klo tahun depan saya ngmbil Peminatan Oseanografi, nilai yg pling bner2 Di lihat itu apa? Mtk, fisika n kimia jg tdk?

    BalasHapus
  29. Hmmmm, ujung2nya semua nilai, karena saya percaya kalau masuk ITB nilainya ketat jd kalau hanya mengandalkan sebagian nilai, bakalan kalah sama yang semuanya bagus... coba aja

    BalasHapus
  30. Saya anak ips,dulu pas kelas 10 pernah ikut osn kebumian cuman sampai tahap provinsi, rencananya kelas 11 ini saya mau ikt lagi. Berapa peluangnya kalau sama lolos di nasional untuk bisa masuk fitb? Trims

    BalasHapus
  31. kalau udah pernah ikut osn, 50% lbh bisa diterima di itb,,,,, daftar aja

    BalasHapus
  32. Kalau teknik material itu fakultas atau jurusan? Kalau jurusan, di bawah naungan fakultas apa kak?

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. kak aku mau tanya bedanya FITB, jurusan astronomi, AE itu apa?? trus kesamaannya apa??

    BalasHapus
  35. FITB : ttg kebumian, geologi, ngitung permukaan bumi, memetakan bumi
    Astronomi : AS, FMIPA,,,, ya belajar ttg perbintangan
    AE : aeronotika,,, teknik penerbangan,,,, buatin yg terbang2, materialnya gtu2

    BalasHapus
  36. mau tanya kak, kalau nilai kimia dan biologi yang lebih menonjol itu harusnya masuk jurusan apa?

    BalasHapus
  37. mau tanya kak, kalau nilai kimia dan biologi yang lebih menonjol itu harusnya masuk jurusan apa?

    BalasHapus
  38. Salam
    Saya tertarik dengan Teknik Kelautan dan Teknik Geologi.Tapi saya di SMK jurusan Bangunan.Apakah bisa? Lalu leewat jalur apa.Please Reply

    BalasHapus
  39. Ka mau nanya, kalo dulu pernah ikut osn tapi baru sampe provinsi peluang masuk itb lebih besar apa sama aja ka?

    BalasHapus
  40. Febri : Farmasi, Biologi, Kimia, Mikrobiologi,,,,,
    Mahmud : Lebih cocok teknik kelautan, karena teknik kelautan fokus pada pembangunan bangunan dalam laut, jd ada penambahan ilmu bagaimana membangun di dalam air,,,,
    Candra : Bisa bgt, saya kmrn cuman dapet finalis provinsi eh bisa masuk itb wkwkwkwkw

    BalasHapus
  41. Halo bang, bisa nggak sih anak ips masuk fitb? Baik jalur undangan maupun test? Ditambah kalo punya sertifikat osn?

    BalasHapus
  42. bisanya test, osn nya harus IPA masak IPS.....

    BalasHapus
  43. Kak, mau nanya, kalau semasa sma kita nggak pernah ikut olim tapi di kelas matematika fisikanya lumayan bagus apa besar peluangnya buat masuk fitb?

    BalasHapus
  44. Ka mau tanya klo anak smk pariwisata kira kira bisa masuk oseanografi gk ya? Trs oseanografi itu termasuk ipa atau ipc?

    BalasHapus
  45. Kak Boleh tanya ?
    Kalau masuk ITB jurusan FITB itu emang harus jurusan IPA ? Kenapa sih ? Berati jurusan IPS gk ada peluang :( padahal aku kira masuk ips nantinya bisa kuliah di jurusan Bidang geografi. Bukannya geo termasuk ke pelajaran IPS ?
    Bukan Nya semua Bidang Jurusan Fitb itu Ips
    Kalau gitu apakah anak ips gk ada peluang ? Masuk SNMPTN FITB ?

    BalasHapus
  46. Ifan : Besar juga apabila SMA nya langganan ITB,,, kalau ga langganan tetep ada kemungkinan masuk juga.....
    Annisa : Beda keilmuan dek, coba aja tp ntar hrs bljr giat krn basicnya gada,,,,, IPA
    Anonim : FITB itu teknik,,,, beda ma geografi ahahaha,,, ada peluang tp cuma SBMPTN (namanya skrg gatau),,,, krn SBMPTN itu persaingan bebas,,, harus belajar IPA mandiri untuk naklukin IPA

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Ada dak persyratan buta warna?

    BalasHapus
  49. Kak mau nanya, kalau jurusan metereologi prospek kerjanya selain disebutin diatas ada lagi tak?

    BalasHapus
  50. Kak mau tanya,untuk di sbmptn bisa langsung milih prodi yang di fitb atau cuma bisa pilih fitb doang ka?

    BalasHapus