Sabtu, 10 Maret 2012

Pengenalan Jurusan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB dan prospek tiap jurusannya

Peminat Ujian tertulis tahun 2011 : 1431
(SEKARANG SBM UJIAN TULIS DAN UNDANGAN LEWAT JALUR IPS)

The 3 years undergraduate program aims to prepare students to enter the business world as young professionals, management trainees, or pioneers of their own business.
for more info, visit:

1. MANAJEMEN
Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata globalisasi. Dan mungkin sebagian teman-teman juga sudah mengetahui bahwa globalisasi menuntut pemenuhan kebutuhan dalam menyediakan produk dan servis yang lebih baik dengan dengan harga yang lebih murah. Tentunya ini merupakan suatu tantangan besar bagi kita dalam memperkuat perekonomian bangsa. Sehingga dibutuhkan orang-orang yang bisa menjadi pemimpin yang berjiwa entrepreneur yang bisa mengambil keputusan dengan cepat dan mampu mengaplikasikan ide-ide kreatif yang dimilikinya untuk menjawab kebutuhan tersebut. Dan melalui program studi bisnis dan manajemen, ITB menjawab tantangan itu.

Untuk menjawab tantangan di atas, selain business skills, juga diperlukan pengembangan terhadap kemampuan intrapersonal. Karena, dewasa ini pengusaha yang sukses perlu untuk membangun jaringan yang luas sebagai salah satu faktor yang berkontribusi terhadap reputasi dan kesuksesan bisnisnya. Berhubungan dengan banyaknya orang yang mempunyai latar belakang, budaya, dan kebangsaan yang berbeda juga menuntut kita untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama dengan orang lain. Oleh karenanya, dari tingkat pertama sampai tingkat tiga, SBM ITB mengembangkan pendidikan dengan orientasi kerja tim dan kemampuan intra dan interpersonal.

SBM ITB juga mengemas pendidikan bisnis dan manajemen ini ke dalam bentuk yang menarik sehingga mudah dimengerti dan dipahami. Salah satunya dengan adanyafield tripPada kegiatan ini, teman-teman akan melakukan kunjungan selama tiga hari di suatu daerah. Di sana, teman-teman akan melakukan survey mulai dari kehidupan di daerah tersebut sampai masalah lingkungan yang mereka temui. Kemudian setiap grup yang telah dibentuk sebelumnya, membuat solusi-solusi yang dapat dipakai untuk menyelesaikan masalah ini.

Sesuai dengan visi SBM, yaitu, menjadi institusi yang melahirkan pemimpin-pemimpin dan entrepreneur baru, maka SBM telah merancang mata kuliah IBE ( Integrated Business Experience ). Disini teman-teman akan berkesempatan mendapatkan pengalaman menjalankan bisnis sendiri dengan menggunakan modal peminjaman dari bank. Teman-teman natinya diharuskan membuat proposal peminjaman dan menyiapkan jaminan untuk ke bank dan bank akan menyetujui pinjaman tersebut apabila usaha yang telah teman-teman rancang, memungkinkan untuk dilaksanakan. 

Ketika uang pinjaman yang telah disetujui ada di tangan, kemudian teman-teman harus mengimplementasikan apa yang telah direncanakan di proposal sebelumnya. Tentunya diperlukan integrasi ilmu-ilmu yang telah dipelajari seperti manajemen operasional, hukum bisnis, kode etik perusahaan, manajemen sumber daya manusia, dan informasi teknologi. Jika bisnis tersebut berjalan dengan sukses, maka keuntungan yang didapatkan akan digunakan untuk kegiatan sosial.

Di tahun terakhir, teman-teman akan diperkenankan untuk memilih major dalam bidang bisnis manajemen. Tentunya bidang yang diambil haruslah cocok dengan keinginan dan kemampuan teman-teman sendiri. Bidang yang bisa diambil diantaranya pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan operasi.

Prospek Kerja
Seorang alumni SBM ITB memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya adalah:
  • Entrepreneur
    • Dari pengalaman yang telah didapatkan dari mata kuliah IBE , para alumni SBM ITB akan siap untuk memulai bisnis dari awal.
  • Konsultan
    • Dengan bekal pengetahuan yang didapat selama masa kuliah, alumni SBM ITB dapat berkiprah menjadi konsultan bisnis dan manajemen. Bisa berupa konsultan marketing, konsultan human resource, konsultan keuangan.
  • Bidang Keuangan
    • Alumni SBM juga bisa berkiparah di bidang keuangan. Bidang ini dimiliki setiap perusahaan, auditor publik, dan juga bank.
  • Industri Jasa maupun Manufaktur
    • Kemampuan manajemen dibutuhkan di setiap bidang industri, karena itu alumni SBM akan sangat dibutuhkan berbagai bidang industri.


2. KEWIRAUSAHAAN
Prodi kewirausahaan lebih menekankan pada segi bisnis , praktik bisnis, usaha mandiri dan mencari keuntungan.

18 komentar:

  1. Terima kasih ...
    Saya mau menjadi salah satu alumni SBM ITB

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya apa persyaratan dan biaya masuk ke SBM ITB ini

    BalasHapus
  3. Iklan : bisa lihat di sbm.itb.ac.id dan usm.itb.ac.id silahkan baca disana insyaAllah paling lengkap..

    BalasHapus
  4. kalo tahun 2015 ini tes masuk jg jalur ips? kalo ipa hrs ngambil ipc gt?

    BalasHapus
  5. Pada pelaksanaan SNMPTN 2015, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) dapat dipilih oleh siswa yang berasal dari SMA IPA atau SMA IPS. Sedangkan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dapat dipilih oleh siswa yang berasal dari SMA IPA, SMA IPS, SMA Bahasa, atau SMK. Fakultas/Sekolah lain di ITB selain dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) hanya dapat dipilih oleh siswa yang berasal dari SMA IPA.

    BalasHapus
  6. ipc itu kalau ambil 2 jurusan yg satu ipa dan satunya lagi ips

    BalasHapus
  7. apa itb memperbolehkan ipc?

    BalasHapus
  8. Ka kalo mau masuk fsrd lewat snmptn diliat akademiknya semua mata pelajaran ato ada khusus? Terus waktu tes disuruh ngapain aja?

    BalasHapus
  9. Anonim : kalau itu kurang tau....... tes ya tes,,,, kalau ngambil fsrd disuruh gambar hahahaha

    BalasHapus
  10. kak, saya adalah siswa homeschool, dan nanti ijazah yang saya dapat adalah ijazah paket C, apakah memungkinkan buat masuk di SBM itb?

    BalasHapus
  11. Kemungkinan anak ipa masuk sbm itb besar ga kak?

    BalasHapus
  12. Mungkin untuk membantu menjawab pertanyaannya Gilang Dhafir, saya sempat baca-baca di situs itbnya langsung, di bagian FAQ, kalau misalnya sudah dapat ijazah paket C bisa tetap ikut sbmptn. Tapi kalau pada saat pelaksanaan sbmptn ijazahnya belum keluar, bisa ikut sbmptn di tahun berikutnya.

    BalasHapus
  13. Unknown : sama aja dengan ips

    BalasHapus
  14. di sbm ada kelas alumni yang masuk dari jalur sbmptn gak?

    BalasHapus