Selasa, 06 Maret 2012

Pengenalan Jurusan Fakultas Teknik Mesin dan dirgantara (FTMD) ITB dan prospek tiap jurusannya

FTMD : Fakultas Teknik Mesin dan dirgantara---
Peminat Ujian tertulis tahun 2011 : 1876


@TEKNIK MESIN: (cukup jelas)

Setiap kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mesin. Bahkan mungkin banyak diantara teman-teman yang punya hobi mengotak-atik mesin. Jika demikian, maka program studi Teknik Mesin adalah pilihan yang tepat bagi teman-teman. Program studi Teknik Mesin ITB bertujuan mendidik mahasiswa dalam pengembangan sikap dan keterampilan profesional dalam bidang Teknik Mesin sehingga mampu beradapatasi serta mengembangkan diri pada perkembangan ilmu dan teknologi baru.

Pada program studi ini teman-teman akan mempelajari berbagai hal seperti konversi energi yang berkonsentrasi pada mesin-mesin konversi energi seperti motor bakar, sistem termal, mesin fluida seperti mesin fluida, dll. Lalu teman-teman juga akan belajar bagaimana merancang suatu mesin yang efisien, mulai dari gambar teknik, modeling, simulasi sampai pembuatan prototipe mesin tersebut. Ada juga ilmu tentang teknik produksi mesin, serta ilmu dan teknik material. Berbeda dari yang dipelajari oleh teman-teman dari Teknik Material, ilmu material yang dipelajari disini difokuskan pada bagaimana suatu jenis bahan memenuhi fungsi tertentu atau kualifikasi suatu peralatan mesin. Misalnya meneliti material yang ringan, kuat dan tahan pada temperatur tinggi untuk kebutuhan sudu turbin.

Untuk menunjang bidang keilmuan teknik mesin, diperlukan pengetahuan dasar sains, seperti matematika, fisika dan kimia serta teknologi informasi untuk menunjang pengembangan keahlian seorang sarjana Teknik Mesin. Masih kurang menarik? Disini juga teman-teman dapat belajar tentang pembuatan dan pengoperasian robot, bagi teman-teman yang suka tantangan juga dapat mempuat soap box car (mobil kotak sabun), mirip dengan mobil balap, dan teman-teman juga dapat mencoba untuk mengendarainya.

Lingkup kegiatan Teknik Mesin pada saat ini sudah mencakup hampir semua aspek peralatan dan proses yang ada. Seorang sarjana Teknik Mesin dapat berperan di bidang pembangkitan, pemanfaatan, dan konservasi energi seperti di Pembangkit Listrik (PLTA, PLTG, PLTU, PLTGU, PLTD, dll.), perancangan sistem pemanas, pengondisi udara, pendingin, dan kriogenika. Selain itu, seorang sarjana Teknik Mesin dapat pula berkiprah di bidang transportasi, industri otomotif, industri proses (kimia, petrokimia, semen, minyak & gas, dll.), pertambangan (eksploitasi, penanganan material curah, dll.), dan industri peralatan rumah tangga.



Prospek Kerja

Seorang Sarjana Teknik Mesin dapat berkiprah di:

Bidang Pengoperasian dan Perawatan (Operation & Maintenance)
Tak dapat dipungkiri bahwa semua peralatan memerlukan perawatan untuk menekan biaya operasi, meminimalkan waktu untuk memperbaiki kerusakan (down time), meningkatkan produktifitas, dan memaksimalkan keuntungan. Semua industri mulai dari minyak dan gas, manufaktur, kelistrikan, dan petrokimia memerlukan pekerja di bidang ini.
Bidang Pembangkitan Energi
Pembangkitan tenaga listrik lebih memerlukan lulusan Teknik Mesin dibanding teknik elektro. Untuk membangkitkan listrik, dibutuhkan mesin utama seperti turbin, pompa, kompresor, peralatan hidraulik, boiler, fan/blower, di samping peralatan kendali dan jaringan jala-jala listrik.
Bidang Manufaktur.
Di semua pabrik, mulai pabrik peralatan sehari-hari (obat, sandang, pangan), pabrik penghasil mesin, pabrik kendaraan baik roda dua (sepeda motor), roda empat (mobil), sampai truk dan alat berat, sarjana Teknik Mesin pasti dibutuhkan terutama untuk operasi dan perawatan.
Bidang Minyak dan Gas
Di bidang ini, peran yang disandang sarjana Teknik Mesin sudah semakin luas, mulai dari pengeboran (drilling) sampai pengoperasian (operation & maintenance). Hingga saat ini, bidang minyak dan gas masih merupakan bidang yang paling diminati lulusan karena memberi penghasilan yang paling tinggi.
Bidang Otomotif
Industri otomotif Indonesia merupakan salah satu tempat bekerja yang populer untuk lulusan Teknik Mesin
Bidang Jasa Kontruksi, Konsultasi, dan Desain





@TEKNIK PENERBANGAN / AERONOTIKA DAN ASTRONOTKA:

Aeronotika dan Astronotika merupakan suatu program bidang studi yang mempelajari bidang keilmuan yang berkaitan dengan bidang kedirgantaraan, seperti perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat terbang serta wahana antariksa lain. Program Studi ini dahulu dikenal dengan nama Teknik Penerbangan. Di luar lingkungan ITB, Program Studi Aeronotika dan Astronotika sering mendapat persepsi yang salah. Sebagai contoh, banyak orang awam yang mengira bahwa mahasiswa Aeronotika dan Astronotika adalah calon pilot. Anggapan lain adalah lulusan Aeronotika dan Astronotika hanya mengetahui bidang yang sangat spesifik. Namun sesungguhnya program studi ini mempelajari ilmu-ilmu dasar keteknikan yang cukup luas dan mampu membentuk lulusan yang memiliki kemampuan yang kritis di berbagai bidang engineering.

Pesawat terbang merupakan produk teknologi tinggi yang perkembangannya dijadikan tolok ukur bagi perkembangan teknologi tinggi di dunia saat ini. Proses perancangan pesawat terbang merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu yang meliputi proses penentuan bentuk, penentuan kekuatan, penentuan gerak serta analisis segi ekonomis. Selain itu, proses tersebut membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi serta kerja sama tim. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika Aeronotika dan Astronotika menjadi bidang keilmuan yang paling banyak diminati bagi pencinta teknologi tinggi, pecinta kerja sama, dan penyuka tantangan.

Aeronotika dan Astronotika menjadi sangat menarik karena adanya dua tantangan utama yang harus dihadapi yaitu :

Lingkungan fisik penerbangan yang sangat banyak jenisnya, bervariasi yaitu mencakup udara dan angkasa luar.
Persayaratan fisik rancang bangun pesawat terbang yang saling kontradiktif antara satu dengan lainnya, misalnya strukturnya harus ringan tapi kuat sehingga memerlukan kompromi optimasi yang sangat ketat.

Melalui kedua alasan diatas ilmu Aeronotika dan Astronotika berkembang menjadi suatu disiplin terpadu yang berkembang dari disiplin-disiplin ilmu teknik fisika, mesin, material, kimia, elektro, informatika dan sebagainya.



Prospek Kerja

Secara umum, terdapat dua sektor lapangan kerja bagi lulusan Program Studi Aeronotika dan Astronotika di Indonesia, yaitu sektor industri kedirgantaraan dan sektor lembaga penerbangan.

Sektor industri kedirgantaraan meliputi:
industri manufaktur (PT. DI)
industri komponen kedirgantaraan, baik komponen-komponen avionika/optronika (LEN, PT. INTI ), hidrolika/landing-gear, maupun komponen standar.
industri jasa, yang meliputi jasa perawatan (ACS-PT.DI, GMF-AeroAsia, INDO-PELITA, MMF, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, seperti PT. GIA, PT. MNA, dll.), maupun jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, PSN, Telkom, Kohanudnas).
Sektor lembaga penerbangan yang juga membutuhkan sarjana Aeronotika dan Astronotika, meliputi:
lembaga penelitian (Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN).
lembaga pendidikan (ITB, AAU, Sekbang-AU, dll.)
lembaga pemerintahan (Departemen Perhubungan).

Mengingat industri kedirgantaraan merupakan industri global, kesempatan juga terbuka untuk memasuki pasar tenaga kerja internasional. Beberapa lulusan Program Studi ini saat ini bekerja di industri manufaktur pesawat dunia, seperti Embraer, Brasil; Boeing, Amerika Serikat; de Havilland, Canada dan juga Airbus, Eropa (Perancis, Jerman dan Inggris). Beberapa lulusan lain bekerja di industri jasa penerbangan internasional seperti Cathay Pacific dan Air Asia, serta di lembaga penelitian/pendidikan luar negeri, seperti NLR, Belanda; NTU, Singapura.

Di samping lapangan kerja dalam bidang penerbangan di atas, lulusan Aeronotika dan Astronotika juga dapat bekerja di bidang-bidang engineering lainnya seperti industri otomotif, industri konstruksi umum, oil company, teknologi informasi, konsultan teknik dll.





@TEKNIK MATERIAL:

Setiap saat dan setiap detik dalam hidup kita, kita akan bersentuhan dengan apa yang disebut material. Saat bangun tidur kita memulai aktivitas dengan menggosok gigi. Sikat gigi yang kita gunakan terbuat dari material tertentu, pasta gigi nya pun terbuat dari material tertentu. Sebelum berangkat beraktivitas kita sarapan pagi terlebih dahulu. Peralatan makan yang kita gunakan, baik piring, sendok maupun garpu juga terbuat dari material tertentu misalnya plastik, keramik atau material lainnya. Jadi sebegitu dekat keterkaitan keilmuan Teknik Mineral dengan kehidupan manusia sehari-hari.

Program studi Teknik Material merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang semua aspek yang berkaitan dengan struktur, sifat, dan karakteristik materi serta interaksinya. Oleh karena itu, seorang ahli Teknik Material akan mampu membuat dan merekayasa material sehingga dihasilkan material yang unggul dan berdaya-guna tinggi. Bidang keilmuan Teknik Material memiliki cakupan yang sangat luas karena mencakup semua hal yang berkaitan dengan keberadaan materi itu sendiri, baik yang sudah disediakan oleh alam maupun yang dikembangkan di laboratorium.

Perkembangan di bidang Teknik Material secara langsung akan mempengaruhi perkembangan disiplin ilmu dan teknologi lainnya, terutama yang berkenaan dengan ketersediaan material yang dapat menunjang teknologi tersebut. Sebagai contoh, penemuan material semikonduktor untuk IC yang menggantikan transistor mengawali perkembangan di bidang instrumentasi dan elektronika.

Proses perkuliahan di program studi Teknik Material pun tak kalah menarik. Di sini teman-teman akan banyak menghabiskan waktu di laboratorium. Melakukan pengujian dan percobaan terhadap material tertentu. Dengan ilmu yang didapatkan di Teknik Material teman-teman juga akan mampu menentukan material apa yang paling cocok untuk digunakan untuk membuat sesuatu. Keilmuan Teknik Material akan sangat berkaitan erat dengan ilmu-ilmu lainnya. Misalnya saja keterkaitan ilmu Teknik Material dengan Teknik Penerbangan. Dalam pembuatan kerangka pesawat terbang, mahasiswa Teknik Penerbangan yang akan mendesain dan merancang struktur rangka pesawat yang ringan namun kuat, sedangkan sarjana Teknik Material akan menentukan material apa yang paling cocok untuk menyokong struktur dan desain yang telah dirancang oleh sarjana Teknik Penerbangan tadi. Sehingga dengan kerjasama tersebut akan dihasilkan pesawat terbang yang kokoh baik dari aspek teknis maupun materialnya.



Prospek Kerja

Luasnya cakupan disiplin ilmu dan teknik material memberikan keluasan juga pada bidang kerja yang dapat digeluti oleh sarjana Teknik Material, antara lain:

Bidang Industri Manufaktur
Pada industri manufaktur, sarjana Teknik Material dapat berperan dalam proses produksi, pengembangan produk, pengawasan mutu dan kualitas produk, serta perawatan peralatan.
Bidang Energi dan Sumberdaya Mineral
Pada bidang ini, seorang sarjana Teknik Material dapat berperan sebagai insinyur pengelasan, korosi, inspeksi, dan perawatan alat-alat produksi.
Bidang Pendidikan
Sarjana Teknik Material yang berminat dibidang pendidikan, dapat mengambil peran sebagai pengajar di perguruan tinggi, pengisi training keahlian industri, dan sebagainya.
Bidang Lainnya
Bidang lainnya yang dapat digeluti oleh sarjana Teknik Material misalnya asuransi dan perbankan, konsultan teknik, maupun di instansi pemerintahan.

Sumber : www.itb.ac.id

66 komentar:

  1. Mesin-Mesin-Mesin
    Solidarity Forever

    BalasHapus
  2. kak, di ftmd ada mahasiswi gak?

    BalasHapus
  3. ada tapi jumlahnya 10an perangkatan,, bisa lebih juga...

    BalasHapus
  4. kalo di aeronautika ada mahasiswinya ga ?

    BalasHapus
  5. Ga tau kalau itu mah, yang penting masuk ITB dulu :D

    BalasHapus
  6. Informasinya ✽ϐªªƍ◦° •˚◦υSs ☞ ✽(y)

    BalasHapus
  7. kak mau tanya.. ada daftar sks nya gak? penasaran.. pengen masuk jurusan ini..
    kira2 materi yg paling banyak dipelajari apa?

    BalasHapus
  8. Ini daftar sks yang harus diambil di FTMD, buka aja link2 tiap jurusan. Dan materinya juga udah ada di situ (di link2 yang ada di web tsb) http://www.ftmd.itb.ac.id/?page_id=70

    BalasHapus
  9. kak...peminat ftmd banyak gak n daya tampungnya kira2 berapa???

    BalasHapus
  10. Silahkan lihat disini http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2013/07/peminat-daya-tampung-itb-2013-2014.html

    BalasHapus
  11. Kak ftmd itu ada 3 teknik dari mesin, material, sama penerbangan. Nah kalo aku mau ftmd aku dapet semua tekniknya atau nanti satu jurusan aja, jadi mesin di mesin, ga belajar material sama penerbangan. Atau gimana ?

    BalasHapus
  12. Kamu bisa kok kalau misal masuk mesin ngambil mata kuliah pilihan dari penerbangan.

    BalasHapus
  13. Kak, emang mahasiswinya cuma dikit ya di ftmd ?

    BalasHapus
  14. iya, bisa dihitung dengan jari setiap angkatannya, namun setiap tahun trus bertambah...

    BalasHapus
  15. Kak, klo ftmd tuh d bagi bagi lagi ga bidangnya...!

    BalasHapus
  16. kalau tingkat 1 ftmd, tingkat 2 ke jurusan2...

    BalasHapus
  17. Mas, sy suka dg hal yg brhbngan dg mesin, bbrp wkt yg lalu sy telah mengikuti test minat & bakat serta tpa, dr hsil test tsb sy disarankan mengambil jurusan yg brhubungan dg teknik mesin tp kalau melihat dari kemampuan akademik di sekolah, sy trmsuk siswi yg nilainya sdkt diatas rata2, menurut mas saat sbmptn sy memilih jurusan ftmd itb atau fisika unpad saja? Tlg dijwb ya mas, trmksh

    BalasHapus
  18. Ikuti aja minat, krn kuliah ga segampang potensi doang, minat sangat diperlukan buat motivasi sepanjang kuliah

    BalasHapus
  19. Kalau di teknik mesin, ada gak spesialisasi mesin kapal?

    BalasHapus
  20. min, sesibuk apa si kuliah di ITB

    BalasHapus
  21. Feri : sesibuk dikejar dosen hahahaha

    BalasHapus
  22. Min, sistem penjurusannya gmn sih?

    BalasHapus
  23. tahun pertama TPB dulu, baru tahun kedua dijuruskan

    BalasHapus
  24. kak apa kalo perempuan ngambil teknik mesin, di dunia kerja pasti masih lebih diutamakan laki laki ya kak? apa sama saja?

    BalasHapus
  25. beda sih mungkin, tp mungkin ada segmen yg butuh cewek

    BalasHapus
  26. Min ane mau nanya ni..di ftmd ada gak dosen yg lulusan dari jepang min?
    Rencna kami mau ngadain seminar internasional min jadi mau minta beliau jadi pemateri..kira2 bisa gak min??

    Bales ya minn :-)

    BalasHapus
  27. Dosen lulusan dari jepang? Banyak gan. soalnya hampi semua dosen di ftmd lulusan luar.
    Ane kebetulan di teknik material itb dan dosen pembimbingnya lulusan sono jadi kerjaannya malah disuruh bikin seminar internasional dengan pembicara dari sono. Bahkan temen ane 6 orang jadinya disekolahin ke jepang gan. Ftmd mantap gan...

    Kalo dah masuk ftmd mah karir kedepannya santai aja gimana kitanya kok. Ke3 jurusannya mantap2 semua :)

    BalasHapus
  28. makasih udah dijawab, silahkan kalau mau bercerita di blog ini, sangat terbuka...

    BalasHapus
  29. kalo buta wrna bsa gs
    msuk ftmd gan bgian aeronotika

    BalasHapus
  30. lupa euy maaf... coba cari di web

    BalasHapus
  31. Maaf mas mau tanya di teknik penerbangan tu di ajarin tentang pembuatan mesin pesawat kh ???
    Saya dari dlu kepengen banget masuk ftmd. Khususnya teknik penerbangan di itb...
    minta do'anya ya min dan agan" yg yg baca ini agar saya keterima di ftmd (itb) jalur SBMPTN 2016 makasih teman"

    BalasHapus
  32. Kalau masuk teknik penerbangan nilainya minimal berapa?

    BalasHapus
  33. Muhammad : kurang lebih gtu
    Hangga : hanya Tuhan dan ITB yg tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tahun lalu nilai minimalnya mas gak tau juga?

      Hapus
  34. nilai tersebut kurang berguna sih,,,,, banyakin piagam.... raport hanya sekedar angka yg bisa dimanipulasi

    BalasHapus
  35. Kak piagam organisasi berlaku gak sih?

    BalasHapus
  36. Klo yang gatau apa" tentang mesin tapi minatnya tinggi kira" masih bisa lanjut?

    BalasHapus
  37. Nurjana : Kurang tau sih, lampirkan aja
    Anonim : bisa aja sih asal mempunyai motivasi tinggi

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Kang, buat teknik penerbangan Aeronotika astronotika kita dituntut buat kreatif ga sih untuk pembuatan rancangan seperti hal nya membuat pesawat sederhana/roket?

    BalasHapus
  41. klw masuk fakultas teknik mesin sudah pasti bisa buat mesin gitu ya gan ? misalnya buat mesin genset dan sbg trims

    BalasHapus
  42. klw masuk fakultas teknik mesin sudah pasti bisa buat mesin gitu ya gan ? misalnya buat mesin genset dan sbg trims

    BalasHapus
  43. Revaldi : jalanin aja bro, daftar aja dulu
    Unknown : bisa

    BalasHapus
  44. kak, kisi2 soal kalo masuk fakultas teknik mesin dan dirgantara apa aj?

    BalasHapus
  45. Kak kalo saya pingin cari FTMD tapi saya cuma punya piagam osp kebumian bisa gak lolos kak ?

    BalasHapus
  46. Yans : g ada
    Anonim : kesempatannya lbhj gede kalau mau FITB tp coba aja kalau memang minat bgt FTTM

    BalasHapus
  47. Min... rata2 nilai smter 1 - 5 raport anak putri saya hanya 79,00. Kemudian hanya punya 2 piagam juara 2 taekwondo 2014 dan 2015. Satu piagam lagi sebagai 10 besar finalis LKTI Nasional 2016. Kemungkinannya masuk FTMD melalui SBMPTN bagaimana ... Min?

    BalasHapus
  48. Min... rata2 nilai smter 1 - 5 raport anak putri saya hanya 79,00. Kemudian hanya punya 2 piagam juara 2 taekwondo 2014 dan 2015. Satu piagam lagi sebagai 10 besar finalis LKTI Nasional 2016. Kemungkinannya masuk FTMD melalui SBMPTN bagaimana ... Min?

    BalasHapus
  49. Min mau nanya saya anak ips tapi pengen masuk ke teknik penerbangan itb, kira kira bagaimana min? Mohon jawabannya

    BalasHapus
  50. Bk : dicoba aja,,,, piagam sangat membantu
    Dicky : sebaiknya jgn, soalnya ntar kesulitannya pas mengikuti perkuliahan,,,

    BalasHapus
  51. Kak saya kls 3 sma sudah mulai ngurus data snmptn saya berminat banget masuk FTSL dan FTMD ITB, nilai eksak saya tidak terlalu jelek, saya punya piagam OSP astronomi menurut kakak saya lebih cocok ke mana ya ? Dan peluang lolos nya besar mana ya kak ?

    BalasHapus
  52. Kak, katanya di ftmd itu ada kelas nasional dengan internasional. Bedanya apa Kak, terus lebih bagus yang mana?

    BalasHapus
  53. Min semester 1dan 2 kan tpb, kalo nilai nya ga lulus bagaimana min. Tolong d jwb

    BalasHapus
  54. Jurusan aeronotika di ITB banyak cwenya ga? Biasanya mahasiswi ftmd banyak ngambil jurusan apa ya Min? Mesin apa material apa aeronotika?

    BalasHapus
  55. Lesti : Dicoba aja, sama besarnya......
    Ryan : Wah saya belum update sih,,, mungkin cuma pengajarnya aja yg dtg dr luar negeri
    Agus : NGulang matkul,,, jd tingkat 2 masih ngulang matkul tpb, konsekuensinya bbrp matkul yg tertinggal dr temen seangkatan
    Anonim : setahuku cewek hampir rata,,,,, semua jurusan ftmd

    BalasHapus
  56. kalo masuk ftmd bisa jadi pilot gak sih? saya pengen jadi pilot tp saya jg pengen sekolah di itb

    BalasHapus
  57. Kalau jadi pilot ada sekolahnya sendiri dek, di bandung ada sekolah pilot kok :)

    BalasHapus
  58. Kak klo anak smk bisa masuk jurusan teknik mesin gak ya ? Tapi caranya gimana ya... untuk lulus seleksinya

    BalasHapus
  59. Kak klo anak smk bisa masuk jurusan teknik mesin gak ya ? Tapi caranya gimana ya... untuk lulus seleksinya

    BalasHapus
  60. bisa masuk,,, asal belajar sungguh sampe bisa ngalahin anak ipa,,,, dan byk doa

    BalasHapus
  61. Ka aku murid kls 3 SMA jurusan ipa, tapi dlm akademik aku bisa dibilang cukup kurang pengetahuannya dikarenakan efek males gr2 guru yg cara ngajarnya tuh ngga bgt, trus aku tuh tertarik sama yg otomotif dan pgn kuliah di ITB, kakak ada tips gk supaya aku bisa wujudin mimpi aku? Tolong reply ya Thankyou ka..

    BalasHapus
  62. Tips nya belajar mandiri soal2 UJian Masuk dan banyak doa, goodluck

    BalasHapus
  63. kak di SMA ini aku merasa kurang dan sulit utk memahami matpel kimia, apakah sangat berpengaruh nantinya saat di FTMD ya? Dan nilai raport minimal utk masuk FTMD berapa ya kak?

    BalasHapus