BPPM (Biaya Penyelenggaraan dan Pendidikan di Muka) ITB


Saya membaca kegundahan teman-teman di thread berjudul " Kuliah di ITB Rp. 10 juta per semester". Sesuai dengan apa yang telah di paparkan oleh pak Prof. Kadarsah dan Ibu Marlia Singgih di Hang Lekiu minggu lalu, berikut ini adalah informasi yang lebih lengkap tentang biaya kuliah di ITB :

Mulai tahun 2013 tidak ada lagi biaya pendidikan di muka ( yang dulu besarnya Rp. 55 juta). Biaya ini di nol kan. Biaya kuliah per semester besarnya adalah Rp. 0 sampai Rp. 10 juta, tergantung pada keadaan ekonomi keluarga. Tujuannya agar tidak ada orang yang tidak bisa kuliah di ITB karena masalah ekonomi keluarga. 20 % kursi mahasiswa baru disediakan untuk mahasiswa yang berasal dari ekonomi lemah. Mereka mendapat beasiswa bidik misi. Jadi selain biaya kuliah per semester nya Rp 0. mereka juga mendapatkan beasiswa biaya hidup. Lalu yang 80% mahasiswa baru lainnya, biaya kuliah nya ada yang di disubsidi 0 %, 25 %, 50 % dan 75 %. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, hanya sekitar 20 % saja yang membayar penuh ( subsidinya 0%)

Melalui e-mail ini saya mengajak semua alumni untuk mengkomunikasik-an soal biaya kuliah ini dengan lengkap kepada masyarakat luas, agar tidak timbul persepsi bahwa ITB hanya untuk orang kaya. ITB UNTUK SEMUA.

Salam hangat penuh semangat
Betti Alisjahbana

4 komentar:

  1. rahmat tubagus mengatakan...:

    kak, yang kuliah di ITB jatinangor prodi apa aja ?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Prodi baru di FTSL n SBM (kewirausahaan) sama Bioengineering, Rek Kehutanan sama Rek Pertanian.....

  1. rahmat tubagus mengatakan...:

    kalo kita kuliah di jatinangor, berarti gak bisa ikut kegiatan di ganesha ?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    bisa, kita selalu nomaden kembali ke masa dulu kala hehe

Poskan Komentar