Tentang Mahasiswa baru ITB


Tentang Passing Grade

 A: Nilai minimal (passing grade) raport untuk masuk jurusan XXX Universitas YYY di SNMPTN Undangan 2012 berapa ya?

 B: Tidak ada nilai minimal ataupun passing grade dalam SNMPTN Undangan 2012. Hal tersebut disebabkan karena ada banyak sekali faktor yang menjadi objek penilaian dalam SNMPTN Undangan 2012. Bahkan, saking banyaknya faktor yang menentukan dan rumitnya penilaian, SNMPTN Undangan sering disebut-sebut sebagai undian berhadiah. Nah, besar-kecilnya nilai Anda pun hanyalah salah satu faktor di antara faktor-faktor yang ada. Makanya, nilai minimal raport atau passing grade raport di SNMPTN Undangan bisa dibilang tidak ada karena besar-kecilnya nilai raport Anda di SNMPTN Undangan 2012 hanya salah satu faktor di antara faktor-faktor penilaian SNMPTN Undangan 2012.

 A: Kalau gitu, ganti deh pertanyaannya. Berapakah nilai-nilai rapot yang di terima di XXX Universitas YYY melalui jalur SNMPTN Undangan 2012?

 B: Tidak ada yang tahu pasti berapa dan seperti apa nilai raport yang diterima dan lulus di SNMPTN Undangan. Seperti yang sudah dijelaskan, ada banyak faktor selain nilai raport yang menjadi penilaian dalam SNMPTN Undangan 2012. Maka, walaupun mungkin ada pola atau kesamaan tertentu yang muncul dalam raport-raport yang lolos seleksi SNMPTN Undangan, pola tersebut tidaklah jelas akibat distorsi dari faktor-faktor lainnya.


Tentang SNMPTN Undangan

 A: Terus, faktor-faktor apa aja yang jadi penilaian di SNMPTN Undangan 2012?

 B: Ada banyak sekali. Berikut salah satu faktor tersebut yang disadur dari e-book "Info Teknis Jalur Masuk UI 2012"

Besar kecilnya nilai raport peserta SNMPTN Undangan 2012
Pembobotan lebih terhadap mata pelajaran tertentu
Pemeringkatan nilai mata pelajaran yang diujikan di UN
Kestabilan nilai raport
Rangking peserta SNMPTN Undangan di sekolahnya masing-masing
Penilaian khusus untuk peserta BIDIK MISI
Pemberian nilai lebih untuk peserta dari jurusan IPS yang memilih jurusan IPS
Jumlah alumni sekolah peserta SNMPTN Undangan 2012 yang diterima di universitas yang dipilih oleh peserta
IPK alumni sekolah SNMPTN Undangan 2012 di universitas yang dipilih oleh peserta
Jika tidak lulus di pilihan pertama, akan dialokasikan ke pilihan kedua selama masih ada kuota yang mencukupi


 A: Waduh, nilai raportku kecil dan gak stabil, jadi gimana ya cara milih jurusan di SNMPTN Undangan 2012 nanti?

 B: Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali faktor yang menentukan di SNMPTN Undangan. Bahkan, SNMPTN Undangan 2012 dapat diibaratkan sebagai sebuah undian berhadiah. Maka, jangan takut dalam memilih jurusan dan universitas di SNMPTN Undangan 2012 nanti. Pilih saja mana yang lebih nyaman di hati Anda, sebab nilai raport yang kecil ataupun tidak stabil masih memiliki peluang yang sama di SNMPTN Undangan 2012. Lagipula, toh jurusan yang akan dipilih Anda saat SNMPTN Undangan 2012 bisa saja menjadi tempat Anda akan menghabiskan masa-masa kuliah Anda yang cukup panjang. Tentunya Anda tidak ingin menghabiskan masa kuliah Anda di tempat yang tidak Anda sukai, kan?

SUMBER :thread di kaskus (judul : calon mahasiswa itb 2012)

26 komentar:

  1. am_ika21 mengatakan...:

    salam kenal mas.. saya ika dari madiun.. mas gmn kalo mau masuk itb tapi g pnya prestasi akademik semacam osn? kata alumni sekolah saya di itb itu hmpr semua nya pnya medali osn gt.

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    saya juga punyanya cuma sertifikat tingkat provinsi doang, cuma finalis sama semifinalis doang, kalau pengen coba ya silahkan..... :D

  1. candra bull mengatakan...:

    kalau memprioritaskan salah satu prodi mempengaruhi lulus tidaknya snmptn gak kak?
    misalnya, ada si A yg milih pertama FTSL, kedua FMIPA dan ada si B yg milih pertama FTMD, kedua FTSL. nah nilai rata rata dan kestabilannya yg lebih besar itu si B daripada si A, mungkin gak si A yg nilainya lebih kecil bisa lulus di FTSL sedangkan si B yg nilainya lebih besar gak lulus dikedua pulihannya ?
    mohon dijawab ya kak ^^

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    mungkin aja, pilihan pertama tuh lebih diutamakan daripada pilihan kedua. Semua kampus kurang lebih begitu.....

  1. AGE OF EMPIRES mengatakan...:

    bgini mas, dari sekolah kami itu banyak sekali peminat yg mau k itb, tp kendalanya sekolah kamin itu swasta, juga blum ada alumni yang di ITB, utk nilai saya sendiri ranking stabil, nilai jg d atas 9, tp ndak punya prestasi apapun, gimana ni solusinya ?
    mohon bantuannya, terima kasih

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Coba aja, karena untuk tahun kemarin kriteria penilaian siapa aja yangketerima lewat undangan dari itb nya tidak dipublikasikan. Alumni tidak menjamin, soalnya kemarin ada temen SMA yang ga ada alumni namun keterima 2 orang dlm 1 sekolah, #usahaDOAtawakkal

  1. Anonim mengatakan...:

    eee nio kuliah se payah , banyak bana nan dipikian ....
    aluntau ka di tarimo lai, alah paniang mkian jurusan

    dunia memang kejam..
    hahahahahahaa
    just kidddddddding......

  1. Anonim mengatakan...:

    maaf kak mau nanya, kalau prestasiku peserta osn matematika tingkat propinsi, tingkat nasional mau masuk fttm peluangnya gimana? sebab katanya harus sesuai bidang, berarti sertifikat saya gak ada nilainya, apa benar informasi demikian? mohon jawabannya kak!

  1. Anonim mengatakan...:

    seberapa besar pengaruh sertifikan osn tingkat propinsi dan nasional buat snmptn? tolong dijawab kak aku sungguh data yang akurat biar gak salah pilih jurusan...pleace
    ANAK SMA KELAS 12

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Kalau matematika bersifat umum, krn semua teknik harus kuat matematikanya, beda kalau osn biologi, kalau milih stei mana ada hubungannya..., gitu yang dimaksud sesuai bidang...
    sertifikat itu besar kalau menurut saya, karena sebagai bukti kita punya prestasi diluar sekolah.... kalau raport kan bisa diatur2 biar keliatan bagus tp kalau sertifikat kita dptnya krn usaha keras.....

  1. tania mengatakan...:

    makasih sarannya kak, tapi kalau ambil jurusan kayak kakak itu masuk fakultas apa ya???

  1. indra aditya mengatakan...:

    kalau peluang kerja dengan resiko terkecil, misalnya stei ambil teknik informatika peluang prospeknya bagus mana dengan goefisikanya fttm?

  1. gilang mengatakan...:

    salalm kenal mas, saya rahmad dari jambi, mo tanya kalau prestasiku peraih medali perunggu OSN bidang matematika tapi itu waktu smp kemaren tahun 2010 di medan sumut, kira kira disertakan sertifikatnya laku apa nggak ya????soalnya di smanya gak punya sertifikat setingkat osn? menurut mas ahmad gimana ??

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Tania : SITH-Rekayasa

    Indra : Selama kamu minat pada jurusan tersebut insyaAllah akan lbh baik....

    Gilang : Minimal sertifiat yang bisa dilampirkan tuh tingkat kabupaten, lebih tinggi lebih baik, lebih banyak juga akan semakin memberi nilai tambah...

  1. gilang rahmad mengatakan...:

    maaf mas maksud saya apakah piagam smp boleh disertakan syarat snmptn?

  1. aldi mengatakan...:

    Maaf bg mau nanya
    apabila kita punya sertifikat diluar bidang akademi seperti dbidang seni bagaimana pengaruh nya untk masuk?
    Soalnya saya punya sertifikat juara lomba se-provinsi,
    Mhon jawaban nya bg

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    coba aja, itb hanya utk coba2.......

  1. Anonim mengatakan...:

    kak saya pengen masuk sith s itb kak cuma nilai biologi saya turun lebih dari 5 poin pd semester 4 gmn ya kak, apakah masih ada peluang?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    coba aja, itb hanya utk coba2....... kebanyakan yg masuk sini coba2 dan eh masuk..... #fact

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    tapi semua itu diawali oleh perjuangan yg ga biasa2 aja

  1. Anonim mengatakan...:

    nah pertanyaan saya masih sama gan,,klo aku ada sertifikat dri cambridge university gtu bsa gk yaa kak,itu aku tesnya waktu smp,gmna gan itu bsa disertakan tidak dalam snmptn? mohondijawab

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Bisa banget,,,,,

  1. Anonim mengatakan...:

    Permisi, saya punya medali perunggu osn kebumian 2014, rencananya mau ambil teknik geologi UGM 2015, tapi nilai rapor saya bisa dibilang lumayan fluktuatif dan ga terlalu bagus. Apakah peluang saya untuk tembus kecil? Btw sekolah sy swasta akreditasi A.. mohon jawabannya terimakasih..

  1. Fajar Saarin mengatakan...:

    Emang bisa kak sertifikatnya dilampirkan lebih dari 3 kejuaraan?

  1. Auriga mengatakan...:

    Anonim : no comment
    Fajar : sangat bisa,,,, 100 juga gpp,,, dan akan lebih dipertimbangkan

Poskan Komentar