Buktikan bahwa ITB bukan sekedar mimpi

Label: , , , ,


Semoga mimpimu yang indah itu akan bersinar seterang pelangi.
Sebuah pelangi yang timbul di pancaran air Indonesia tenggelam.

“Subhanallah, aku masuk ITB...” Ingin sekali aku menangis bahagia ketika ada pengumuman masuk itb dan diterima. Seneng banget tuh rasanya.

Awalnya sih rencananya ikut seleksi masuk ITB itu ‘hanya’ sekedar iseng. Yaudahlah ya, dicoba aja dulu. Kalau keterima alhamdulillah sudah rezeki. Kalau tidak, ya memang belum rezekinya. Apalagi aku juga melamar beasiswa. Ampuh banget tuh kalau coba-coba berhadiah dua. Bisa masuk itb sekaligus dapet beasiswa. Aku daftarnya dulu beasiswa ITB untuk semua. Eh malah dialihkan ke beasiswa bidik misi.

Dulu sebenarnya ngebet banget loh mau ngejar bidik misi. Tapi....................................................... karena selama saya madrasah aliyah, ga pernah tuh dapet peringkat sepuluh besar. terpaksa deh menangis sendu merelakan untuk tidak jadi daftar bidik misi. Administrasi aja sudah gak lolos. Tapi namanya juga rezeki dan sudah ditakdirin Allah, walaupun jalannya lewat daftar beasiswa itb untuk semua toh ‘dibuang’ kembali ke beasiswa bidik misi. Subhanallah........

Intinya : kalau sudah rezeki tidak bakal kemana. Percaya deh sama Allah SWT.

Kata-kata yang selalu ku kenang yaitu, “jika memang itu takdirku, penuhilah”. Cobalah untuk mengejarnya kawan. Mengejar dengan sekuat tenaga. Tanpa sekuat tenaga, ‘tiket’ itu bakalan di dapat oleh yang lain. Bukan dirimu. Berusahalah sepenuh jiwa, bukan setengah-setengah.

Sebenarnya gak kepikiran dapet beasiswa bidik misi, soalnya sudah menyerah terlebih dahulu karena memang terkadang kita harus realistis pada kemampuan kita. Dan kesempatan itu datang malah lewat beasiswa ITB untuk semua. Jadi mau tidak mau harus kerja keras dengan peluang yang ada, yakni beasiswa itb untuk semua dan ‘sedikit’ melupakan beasiswa bidik misi.

Persiapannya tidak semudah membalik tangan loh kalau masuk kampus-kampus besar. harus ekstra keras usahanya. itb termasuk di dalamnya. Tidak semudah membalik tangan. Ya, kalau kamu punya otak jenius ya usaha biasa-biasa aja ya bisa saja masuk itb, tapi ga jamin deh masuk itb. Karena Tuhan itu maha adil, walaupun ga pinter-pinter amat, bisa kok masuk itb.

Allah Tidak akan menyia-nyiakan usaha makhluknya. Walaupun kamu hanya usaha sekecil apapun. Yakinlah bahwa Allah akan memberi kemudahan bagi yang bekerja keras.

Allah tuh lebih suka sama orang yang biasa-biasa aja ataupun kurang pandai namun kerja keras daripada orang jenius namun kerjanya ga sungguh-sungguh. Jika kamu merasa kemampuanmu pas-pasan, maka jalanmu hanya satu. KERJA KERAS dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Aku sejak pertengahan kelas dua sudah mulai belajar soal-soal snmptn. Wuh, sulitnya minta ampun tuh. Padahal baru belajar pelajaran kelas satu, namun aku memaksa diri ini, tubuh ini untuk mulai melangkah. Hanya bermodal pelajaran kelas satu doang mengerjakan soal snmptn. Yahhhhh...

Aku mulai belajar satu soal setiap hari. Bisanya Cuma mengerjakan satu soal ya gak perlu dipaksain untuk mengerjakan sepuluh soal seharinya. Aku menarget setiap hari aku harus bisa mengerjakan satu soal dan harus bener. Tidak lebih. Ini awal aku mulai mencintai pelajaran, biasanya sih bosen banget belajar. Awal melangkah untuk menyukai sesuatu yang dibenci.

Seminggu berlalu, alhamdulillah mulai naik dua sola per hari yang harus bener.

Satu bulan berlalu, lima soal harus bisa mengerjakan dan bener setiap harinya...... Subhanallah..... ga nyangka banget di sela-sela padatnya kegiatan di pondok karena aku memang sedang nyantri dan bacaan setiap harinya kitab kuning,bisa mengerjakan lima soal setiap hari. Inilah kekuatan istikomah, istikomah itu lebih utama daripada mengerjakan soal banyak-banyak namun ga istikomah. Dengan istikomah ini, aku ga perlu tuh menghafal rumus-rumus matematika yang cacig-cacing, rumus asam-basa ataupun rumus fisika semacam gerak lurus dipercepat kek, diperlambat kek.

Dan tiga bulan kemudian, aku bisa menarget setiap hari bisa mengerjakan sepuluh soal campuran pelajaran biologi, kimia, fisika, dan matematika. Terkadang banyak kimianya, terkadang ga ngerjain fisika, tapi yang penting aku harus mengerjakan sepuluh soal dan menjawabnya dengan benar.

Selain itu kamu juga bisa belajar soal-soal stan, nyambi buat mengasah logika kita. Karena dengan logika aku biasanya bisa mengenalogikan rumus-rumus agar mudah di hafal. Hehe... terkadang kita juga harus menghafal rumus juga.

Kan ada suara-suara katanya snmptn dihapus atau bahkan diperkecil kuotanya. Jangan takut!!!!!!!!!!!!!! Usaha kita ga bakal rugi kok, bejo itu diberikan Allah hanya kepada orang-orang yang sudah berusaha. Perasaan aku biasa-biasa aja waktu di kelas, apalagi aku anak madrasah aliyah, namun bejo karena usaha. Jangan lupa berdoa juga, meminta restu ortu. Ibadah juga diperbaiki, kalau bisa salat jamaah tepat waktu. :D

Galaunya jangan lama-lama, InsyaALlah ITB bukan hanya mimpi. ITB adalah kenyataan yang terpisah antara sekarang dan masa depan. Semoga bisa masuk ITB dengan kerja keras kalian...

ITB tidak hanya untuk orang cerdas saja. Tetapi ada kursi juga buat para pekerja keras.

Wujudkan mimpimu dari sekarang,,,,, selamat berusaha.......

Ku tunggu di itb.... jatinangor,,,,, hehe...

Asrama ITB Jatinangor, 18-9-12
syams dan kawan-kawan

<<<bersambung>>>

29 komentar:

  1. Mila Mawaddah mengatakan...:

    keliatan agak gemukan dikit :D dan cerah itu bagus :p

  1. Annisa mengatakan...:

    huum pingin dong jaket kuningnya, hehehe :-D

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Annisa : pengen ya? Kasian

  1. Heraaswan mengatakan...:

    Alhamdulillah setelah baca artikel dari mas Ahmad saya jadi termotivasi lagi untuk masuk ITB, makasih mas :)

  1. Anonim mengatakan...:

    aku juga harus bisa ! :) semangat !! :D

  1. Anonim mengatakan...:

    KAK...mohon doanya nya yah ,agar kami bisa lulus un 100% dan melanjutkan niat kami yang berikutnya.,...yaitu bisa MASUK ITB...aminn yarabbal alamin

  1. Anonim mengatakan...:

    Kakak udah berusaha dari kelas 2 sedangkan saya sampe sekarang juga ga berusaha ekstra..telat yah kak hikss

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Amin, belum telat kok, namun usahanya lebih ekstra lagi :D

  1. Ayu madhu Dewinta mengatakan...:

    maaf ka mau tanya, cara dapet beasiswa di itb gimana ka? mungkin kk punya info-info untuk tahu caranya bagaimana?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    lihat aja buku panduan bidik mis ataupun yang penting masuk dulu ke itb ntar tanya2 langsung ke Lembaga kemahasiswaan ntar langsung diberi tahu,,, ga ribet kok...

  1. Anonim mengatakan...:

    kak,doain saya menjadi mahasiswi ITB 2013 ya kak. amiiinn

  1. Muhammad Nor Wibowo mengatakan...:

    mohon doanya jg ya kak..,saya alumni tp ttep hrus bsa msk d itb semangat..,Allohu Akbar..

  1. Rafif Nd mengatakan...:

    SITH! wait me 'till 2015!!

  1. Amore gusnur mengatakan...:

    waaauu menyentuh sangat kaak, terimakasih atas motivasinya ^_^ :)

  1. Rezki Putri mengatakan...:

    Wah kak jadi terharu abis baca. Alhamdulillah bsa dapat artikel yg bsa bkin semangat bangkit lagi :) .. Dulu, ada kakak2 dri ITB yg dtang ke skolah, ktanya di ITB itu bnyak beasiswanya dan menganjurkan sya skolah di ITB sja..
    Karena wktunya sdikit jdi nggk smpat nanya ini.. " bsa tdk daftar beasiswanya di daerah masing" ?? Nggk harus ke ITB dulu ?? "

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    kalau sumatera biasanya ada bea dr provinsi, kalau jabar ada beasiswa pelopor... kalau daerah lain kurang tau,,,,

  1. puteri aisah mengatakan...:

    judul blognya suka, kpan bsa msuk sna juga :D :(

  1. Ulul Azmi mengatakan...:

    Tulisannya mengispirasi sekali Kak :')

  1. miqdad dzaky mengatakan...:

    "Usaha keras itu tak akan menghianati" ^^
    Man jadda wajada !
    makasih kak, jadi bersemangat lagi :D

  1. Anonim mengatakan...:

    ass....
    kak aku skrg baru naik kelas XI tpi udh mikir ntar kuliah dmana jurusannya apa...wktu itu aku ikut seminar bimbel gtu trus dikasi tau klo mau masuk jurusan teknik kimia ITB nilainya harus 93,3 kan aku jadi pesimis kak,tpi aku jga sempat mikir mau masuk FMIPA ITB.......saya di sklh peringkat 1 tpi nilainya menurut saya kurang memuaskan cma rata2 84 trus saya harus gmana kak? saran kaka apa? saya jga pernah ikut lomba pencak silat juara 2 di provinsi, itu bsa jdi tambahan gk kak?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Waalaikum salam . Tah, itu pencak silatnya masukin...... itb juga perlu atlet kalee kalau semuanya pinter dan ga punya atlet bodong dong di arena olahraga atau bidang non-kulikuler.... Coba aja dan semoga berhasil.....

  1. clara mengatakan...:

    Kaaa aku udh belajar maksimal dari tiap abis maghrib sampe jam 11 doa juga udh sampe nangis nangiss tapi kenapa yah hasilnya masih belum sejalan?

  1. Auriga mengatakan...:

    bukan jodohnya,,,,, ga semua yg kita inginkan berjalan seperti yg kita harapkan,,, kalaupun masuk juga terkadang kecewa,,,,,

  1. NurulFajriyah mengatakan...:

    Terima kasii kaak tulisannya memotivasi skalii :'' jika sesuatu di taqdirkan oleh Allah untuk kita.. Maka sampai kapan pun tidak akan pernah menjadi milik orang lain aamiin doakan aku ya ka supaya menjadi bagian dr kluar besar FTMD ITB 2015 AAMIIN :'' tinggalkan sejarah indah kk di blog ini lagi yaah:''

  1. NurulFajriyah mengatakan...:

    Dan berikan kami jejak tuk menyusul keberhasilan kk makasii kak:'))

  1. Auriga mengatakan...:

    amiiinnnn

  1. Ajaja Terba mengatakan...:

    aku juga harus bisa masuk ITB

  1. Rachmad fauzi Siregar mengatakan...:

    insyaallah 2017 aminn

Poskan Komentar