Daftar Jumlah peminat, Daya Tampung dan kesulitan Relatif tiap Fakultas/Sekolah di ITB Bandung

Statistik jumlah pendaftar/peminat, daya tampung, dan rasio tingkat keketatan relatif (daya saing) masing-masing fakultas/sekolah di ITB berdasarkan data SNMPTN 2012. (Bukan Passing grade).
FTTM, SBM, SF, SAPPK, STEI, FTMD, FTSL, FSRD, FITB, FTI, FMIPA, SITH SAINS(Biologi, Mikrobiologi), SITH REKAYASA (Bioengineering/ Rekayasa Hayati, Teknik kehutanan, Teknik pertaian).
catatan : Data ini setiap tahun bisa berubah, jadi jangan takut walau tahun ini peminatnya banyak. karena tahun depan mungkin saja jumlahnya turun karena pada takut jumlah peminat tahun ini. Good luck pejuang-pejuang yang ingin masuk ITB.

71 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    ini beneran? saya lihat di web lain kok daya tampungnya lebih sedikit ya?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Ini memang tahun kemarin, tp kurang lebih sama kok dengan tahun ini.....

  1. intan dian mengatakan...:

    kak, dulu kakak masuk itb susah ngga tes ny?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    soalnya susah, tp entah kenapa malah kecemplung di itb :D

  1. Siti Rahimah mengatakan...:

    kalo lewat jalur undangan peluangnya besar kah?

  1. Siti Rahimah mengatakan...:

    kalo lewat jalur undangan peluangnya besar kah?

  1. Anonim mengatakan...:

    kak aku pengen banget masuk SBm jalur undangan tapi sekolahku itu masih baru, aku lulusan pertama dan temen ku yg minat kesana banyak juga, kira- kira peluang masuknya besar gak?

  1. dendi satria mengatakan...:

    kak. itu daya tampung untuk snmptn undangan? atau tulis? atau gabungan keduanya kak???
    makasih jawabannya

  1. Anonim mengatakan...:

    kak, persiapan apa aja sih yang kakak siapkan untuk tes di itb ?
    kakak sempat ragu atau bimbang dak kak untuk benar2 memilih itb, kan peminatnya banyak ?
    makasih kak ;)

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Siti : Undangan 60%, smbptn 40%
    Anonim : coba aja, tp yang penting akreditasinya apa dulu....
    Dendi : gabungan...
    Anonim : baca aja http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2012/09/buktikan-bahwa-itb-bukan-sekedar-mimpi.html

  1. DaraIntan Cahaya mengatakan...:

    kak kalo jurusan agribisnis sama teknologi komputer gmna ya ? masalah daya tampungnya ? terus kalo aku di aceh mungkin gak bisa ke IPB ?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Wah, saya kurang tau euy masalah kampus IPB, maaf..... #taunyaITB

  1. Anonim mengatakan...:

    misi kak numpang tanya sbm itu prodi pilihan ips ?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    IPA sama IPS.........

  1. Deni mengatakan...:

    thanks buat info nya
    saya pengen banget masuk STEI

  1. Anonim mengatakan...:

    saya dari SMK teknik elektronika,,, apa bisa saya masuk ke itb ( STEI ) ???? kok saya lihat yg dari SMK cuma bisa masuk Ke FSRD ??? tolong ya d jawab

  1. Anonim mengatakan...:

    insyaallah SBM ITB 2013

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    kalau smk terbatas cuma di fsrd doang, stei ga bisa, namun kalau mau masuk stei, ambil saja sbmptn dan ambil soal bagian ipa,,,,itu baru bisa.....

  1. dhirar faisal mengatakan...:

    mas mau tanya kalau ada info tentang kuota kota : privinsi : nasional
    25:50:25 itu benar atau tidak

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Mungkin aja bener dan mungkin aja salah, tp memang kuota anak bandung lebih besar... ada sih yang ngakalin dengan test dibandung, tp kalau udah jodoh tak kan kemana....

  1. febri handoyo mengatakan...:

    kalau rata raport 85 bisa masuk FTI ITB ga ya???

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Tidak ada yang tahu cara penilaian undanga ITB, yang penting coba dulu....

  1. Anonim mengatakan...:

    maaf kak mau tanya ,syarat nilai masuk ITB itu rata-ratanya berapa kak? makasih kak

  1. Anonim mengatakan...:

    banyak bana daya tampung itb maaaaa,
    tapi peminatnyo banyak lo
    hahahahahahahahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..................................

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Tidak ada yang tahu cara penilaian undangan ITB, yang penting coba dulu.... apalagi nilai minimal....

  1. Ayu madhu Dewinta mengatakan...:

    ka kalo dari SMK peluang masuk ITB besar ga ka?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    harus kerja ekstra sih kalau SMK....

  1. Intan Nurannisa mengatakan...:

    maaf a mau tanya, kaka jurusan apa ya dulu pas di ITB ? belajarnya apa aja ?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    saya jurusan bioengineering.... belajarnya apa, baca ini deh http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2012/02/aku-dan-bioengineering.html makasih

  1. Hasfi Hawari mengatakan...:

    kak klo faktor alumni jga pengaruh meskipun nlai kta ga tinggi amat ?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    kayaknya berpengaruh tapi ga ada yang tahu seberapa besar pengaruh alumni...

  1. Anonim mengatakan...:

    maaf kak, sebenernya penerimaan snmptn undangan itu gmn sih? katanya dominan nilai rapor ya? apa orang2 di ITB tidak tau nilai rapor itu bs dimanipulasi atau dikatrol oleh guru sekolah? saya merasa ini kurang adil kak :( terlebih lg thn 2014 katanya undangan dinaikkan lg ketimbang 2013. bagaimana dgn prestasi siswa? itu cukup berpengaruh atau hanya cadangan? karena menurut saya lbh fair itu :( cukup sekian kak, maaf kepanjangan. mohon dijawab ya, terima kasih banyak. :")

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Fair-fair aja kok. InsyaAllah ITB ga ngasal nilai gedhe doang tp sepengetahuan saya pake piagam juga,,, Nilainya gedhe tp ga punya piagam penghargaan kan agak gimana gitu, minimal biasanya tingkat provinsi bisa digunakan sebagai nilai tambah...

  1. Anonim mengatakan...:

    semoga aja ya kak :" oiya kak, thn 2013 lalu nilai rapor sebenernya dr semester 1 apa 3 ya? terus nilai mapelnya diambil rata2 semua atau per mapel? maaf kak bnyk tanya hehe. saya anonim di atas kakak... terima kasih lagii

  1. Anonim mengatakan...:

    Asw...saya mau tanya mas buat anak saya..dulunya ponpesjuga n sma aksel...nah, kl dia maumasuk itb gampangan tehnik kimia atau tehnik perminyakan ya,,,jzkh

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    wah kalau raport ga tau dek.....

    waalaikumsalam wrwb sama2 berat.....

  1. ldt mengatakan...:

    misi a mau tanya, kalo cewek mau masuk FTTM ITB bisa ngga ya? terus peluangnya lebih sedikit atau sama kayak cowok? makasih kak

  1. Anonim mengatakan...:

    maaf kak mau tanya, kalau kakak punya piagam osn propinsi dan nasional kira-kira pilih fttm apa stei ya kak soalnya sama tujuan utama saya masuk itb? peluangnya gimana ya kak? mohon balasannya kak untuk tahun depan agar gak salah menetukan jurusan. makasih kak dah banyak nanya...
    ANAK SMA KELAS 12

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Ldt : ini distribusi gender bisa dilihat disini http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2013/07/distribusi-gender-mahasiswa-itb-dari.html

    Anonim : lebih baik utamakan jurusan yang diminati, ga usah pilih mana yang cocok mana yang lebih tinggi gradenya...... kalau minatnya fmipa ya pilih fmipa aja, jangan milih stei walaupun stei gradenya paling tinggi... karena 4 tahun itu waktu yang cukup membosankan kalau kita ga berminat sama fakultas/jurusan yang kita pilih....

  1. Anonim mengatakan...:

    ass. ka aku siswa kelas XII dari sman 2 tasik. aku pengen banget masuk FTI, atau T. geodesi. disekolah bnyk banget peminatnya, dari yang paling pinter sampe yg biasa aja juga banyak yg mau daftar. aku cuma masuk 5 besar dikelas. sedangkan banyak banget juara umum, yang ikut olimpiade pngn ke situ. gimana ka solusinya? apa kesempatan aku buat masuk snmptn undangan masih lebar? apakah aku bakalan keterima kalau saingan sama yg lebih jago? terus kalau snmptn ga keterima sbmptn susah peluangnya buat masuk? terimakasih :)

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    WWW, Daftar aja dulu, ITB itu hanya utk coba2. Kalau masuk alhamdulillah kalau engga ya bukan rejekinya. Susah atau tidaknya itu ga penting, tapi besar atau kecilnya usaha kita itu lebih penting menurut saya,,,,,, makasih

  1. Anonim mengatakan...:

    Maaf kak .. Skolahku swasta katolik akreditasi A .. Bsa nggak ya masuk ITB ??

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Coba dulu aja... Semua orang kepikirannya gitu, kalau ga dicoba sama saja kita sudah 'tidak masuk' dari awal..

  1. Rezy mengatakan...:

    assalamualaikum kak.., bagaimana dengan jurusan FTSL kak? saya kepengen jurusan itu kak,jadi nilainya apa yang harus di perhatikan kak? tadi saya juga baca komentar kak tentang piagam, piagam nya apa saja tu kak..?

    makasih jawabannya ya kak..

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Waalaikum salam wr wb.. utk ftsl liat di halaman ini http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2012/03/pengenalan-jurusan-fakultas-teknik_10.html
    untuk nilai, itb tidak membeberkan nilai mahasiswa yg diterima, jadi coba aja dulu,
    untuk piagam, itu piagam lomba, terserah apa, bisa akademik maupun non akademik

  1. Wahyu Putra mengatakan...:

    klw masalah biaya gmana t bang?

  1. arif nurhuda mengatakan...:

    kak kalo masalah biaya kyk mna ya di Sbm itb

  1. arif nurhuda mengatakan...:

    kak kalo masalah biaya kyk mna ya di Sbm itb

  1. Anonim mengatakan...:

    kak test buta warna untuk ITB pakai surat keterangan aja apa test langsung??

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Wahyu dan Arif : Untuk masalah biaya, di ITB byk beasiswa kok, sbm pun ada bidik misi juga.... ga ada ceritanya DO gara2 ga da uang kuliah.... kalau usaha InshaaAllah dimudahkan
    Anonim : test langsung, test nya di kliniknya ITB gampang itu teh...

  1. karul keren mengatakan...:

    kak kalau masuk ke FTTM , nilai di pelajaran apa ya yng harus tinggi .,.??

  1. Anonim mengatakan...:

    kak kalo mau dapet snmptn undangan dari fsrd itu lebih dominan buat anak ipa atau ips? atau sama aja? terimakasih

  1. Febi Arisandy mengatakan...:

    assalamualaikum..
    Kak, untuk jalur IPA bisa nggak ngambil jurusan Rekayasa Kehutanan? Itu yang diambil nilai-nilai apa aja ya kak? Yang berpengaruh besar gitu. Makasih kak.

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    karul : masih menjadi misteri :D

    Anonim : penting skill desainnya harus bagus, imajinasi juga kuat.... ipa atau ips ga terlalu..

    Febi : waalaikum salam wrwb : Bisa bgt, nilai kan biasanya ya segitu2 kan, mending dikasih piagam olim biologi, lebih mantep tuh. tapi kalau ga ada ya coba aja...

    sukses ya semuanya

  1. chyntia yuliawati mengatakan...:

    Ass.
    Ka, saya mau tanya dong kalo utk masuk jurusan fmipa itb, persyaratan nilainya berapa ya utk tahun 2013 kemaren? apa bener masuk itb itu kita nilainya harus raata2 9? mohon infonya ya :)

  1. chyntia yuliawati mengatakan...:

    Ass.
    Ka, saya mau tanya dong kalo utk masuk jurusan fmipa itb, persyaratan nilainya berapa ya utk tahun 2013 kemaren? apa bener masuk itb itu kita nilainya harus raata2 9? mohon infonya ya :)

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Waalaikum salam wrwb. utk nilai masih menjadi misteri :) coba aja, mending ada piagam lebih baik...

  1. Anonim mengatakan...:

    Assalamualaikum. Kalo prodi biologi di itb gak trmasuk fmipa? Trus peminatnya bnyak nggk ya tahun lalu?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Waalaikum salam wrwb. Prodi biologi di SITH. Untuk peminat liat ini juga deh http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2013/07/peminat-daya-tampung-itb-2013-2014.html

  1. axel mengatakan...:

    asslmkm bg.
    nanti misalnya ujian tulis snmptn, kalo ambil sbm-itb. test nya ipa atau ips?
    thanks bg

  1. axel mengatakan...:

    sbmptn mksdnya bg

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    seingetku ips, biasanya ada kok di pendaftaran di snmptn....

  1. Nita Gia mengatakan...:

    Kak kalau misalkannya kakak alumni kita gaada yang pernah kuliah di ITB, apa kita ga bisa dikuiah di ITB lewat SNMPTN ya kak ?
    soalnya banyak yang bilang gitu.

  1. Anonim mengatakan...:

    kak kalo mau masuk fsrd nilai rata2 rapotnya minimal harus berapa ya?

  1. shafira mengatakan...:

    kak kalo urutan rangking fakultas di itb yg terbaru 2014 sekarang apa ya? habisnya nyari sendiri yg munculnya urutan taun-taun yang lama aja terus, takutnya kan skrg untuk snmptn bener-bener gaboleh ketuker nentuin fakultas buat di pil.1 dan pil.2 nya (harus sesuai ranking fakultas). makasih kak

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Nita : Ga kok, ada temen sekota walau ga ada alumninya tetep ada 2 masuk lewat undangan....
    Anonim : ga ada yang tahu
    Shafira : Udahlah, mending sesuai minat. Buat apa masuk grade yg tinggi tp kamunya sendiri kurang minat. ITB tuh bukan sekedar pinter atau engga, motivasi saat jatuh tetep dibutuhkan, kalau dr awal ga minat, kalau jatuh motivasinya apa,....hehe

  1. Aulia L mengatakan...:

    assalamualaikum kakak..
    kak saya rata rata rapot paspasan untuk masuk itb itu ga terbilang wow.. tapi saya punya piagam tingkat provinsi, gimana nih kemungkinannya?
    terus untuk tingkat kesulitan fakultas, stei sama fti itu susahan mana?
    makasih kak

  1. Anonim mengatakan...:

    permisi numpang nanya, klo mw msk ke tehnik kimia, pilihnya yg jurusan apa ya???
    di pilihan smnptn gk ada tehnik kimia

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Aulia: Waalaikum salam wrwb. kalau ada piagam tingkat provinsi malah bagus tuh.... ajuin aja, itu nilai pus drpd yang ga ada piagamnya. stei sama fti sama2 susahnya, kuliah di itb yg membuat susah tuh bukan dosennya, tp persaingan antar mahasiswanya....

    Anonim : kalau mau masuk ITB daftarnya di Fakultas Teknologi Industri gan... ITB mah ga pake jurusan di tingkat 1 nya

  1. madha syah mengatakan...:

    Kak nilai yang dijadikan patokan buat masuk FITB ITB apa aja? Geografi maswuk gak?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    ya enggalah, semuanya :D kalau masuk ITB semuanya bagusin.... tp yg penting jgn pesimis

Poskan Komentar