ITB tidak hanya untuk orang yang pintar/cerdas saja tapi juga untuk yang mau kerja keras

Label:

Masuk ITB susah ya? Tanya adik kelas ke aku. Hmmm...... jawabannya apa ya? Hehe sok gak ngerti saja biar lebih seru. Jadi ITB itu........

10000 detik kemudian, aku pun menjawab. Beneer banget, ITB susah masuknya. 100 deh buat adikku tadi. Aduh, nih orang nakut-nakutin aja. Semakin takut nih masuk ITB.

Hehe.....slow aja. Itu baru basa basi.
Semoga tulisan kecil ini bermanfaat bagi teman-teman.

Masuk ITB itu memang susah. 100% susah. SUSAH BUAT YANG NGGAK MAU USAHA. SUSAH BUAT YANG GAK MAU SUNGGUH SUNGGUH. Susah apa lagi ya...... SUSAH BUAT YANG GAK MAU BEKERJA KERAS.

Jujur-jujuran nih. Misal ya, ITB hanya untuk orang yang pandai atau orang yang pintar saja. Bakal dipastiin, aku nggak bakalan masuk ITB. Dulu, waktu aku masih SMA, takut banget saat liat logo GAJAH DUDUK. Takut didudukin sama gajahnya.

Apalagi waktu denger-denger pasing gradenya. Tinggi banget tuh. Biasalah, orang yang seperti saya yang biasa-biasa aja di kelas, nggak begitu berprestasi. Nggak masuk 10 besar. nggak masuk kelas unggulan. Yang pertama aku alamin yaitu minder dan pesimis. Bersyukurlah bagi kalian yang masuk kelas unggulan dan masuk peringkat 10 besar, hehe.

Apalagi, aku anak madrasah aliyah, yah tambah pesimis lagi deh. Apalagi saya juga anak pondokan yang bacaannya kitab berwarna kuning yang tulisannya berukuran seperti semut, jadi pesimis kuadrat deh sekarang jadinya.

PESIMIS KUADRAT. Kosa kata baru.

Bagaimana tidak, sepertinya memang begitu. Semua jalan sepertinya udah ketutup. Mau memperbaikin raport udah telat.

Daripada ditolak mentah-mentah lebih baik milih yang pasing gradenya yang nggak tinggi-tinggi. Alternatif konyol dariku.

ITU SEMUA SALAH.

ITB itu UNTUK SEMUA.
Tuhan nggak adil dong kalau yang bisa masuk ITB hanya orang-orang yang pandai saja. Sudah usaha sungguh-sungguh, masak nggak keterima sih.

Kembali ke pesimis kuadrat. Entah mengapa, karena merasa pesimis kuadrat, aku jadi tambah semangat belajar. Ya biasalah orang lagi putus asa pengen nyoba kuliah di ITB tapi kemampuan sepertinya tidak mengizinkan, bahasa kerennya kurang pandai. Berusaha karena nggak bisa.


Gambar : Aku lagi pesimis kuadrat

Aku malah semangat belajar waktu aku sangat pesimis, aneh kan? Ya sebaiknya begitu deh. Seperti kata orang-orang ‘Karena bodoh makanya belajar, kalau udah pinter ya nggak perlu belajar’. Kurang lebih seperti itu.

Belajar, belajar, and belajar. Aku nggak peduli hasilnya kayak apa, yang penting belajar. Inilah tanda-tanda orang yang mengalami putus asa level kuadrat. Khusus buat saya mungkin.
Aku pesimis karena udah nggak bisa di logikain lagi kalau sampai aku bisa masuk ITB.
InsyaAllah, cam kan kalimat ini.

Tuhan akan menghargai usaha kita, sekecil apapun itu. Sebesar biji zarrah/atom pun pasti Tuhan akan membalasnya berkali-kali lipat. Ngutip dari Holy Quran. Dia Maha mengetahui.
Selain itu jangan lupa untuk berdoa, berdoa kepada-NYA, karena Dia-lah Maha mengabulkan doa.
Saat hari-H pengumuman kelulusan USM ITB, jaman dulu soalnya. Sekarang sudah tidak ada. Satu persatu temanku yang juga ikut ujian USM rontok satu per satu hingga tujuh belas kali. Sepertinya aku orang ke 18 yang rontok dan ditendang dari persaingan USM ITB. Sekarang tingkat pesimisku naik, PESIMIS KUADRAT 3. Agak lebay sih, tapi itu memang kenyataannya. Semuanya sudah gugur, tinggal menunggu hitungan detik aku pun gugur.
Orang yang pesimis kuadrat tiga itu pun membaca pengumuman resmi tentang kegugurannya di medan USM.
Krik......krik.....krik.....
Di web usm.itb.ac.id pun muncul tulisan begini.


Anda dinyatakan dapat diterima di program Beasiswa BIDIK MISI, jalur Sains dan Teknik
Untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi di ITB, calon mahasiswa yang bersangkutan harus melakukan konfirmasi kelulusan anda dan harus bersedia mengikuti kegiatan Bridging Program secara penuh selama 6 (enam) minggu, yaitu selama bulan Juni dan Juli 2010 di Bandung. Hasil Bridging Program ini akan menentukan apakah yang bersangkutan dapat diterima di fakultas/sekolah pilihannya atau dialihkan ke fakultas/sekolah yang lain di ITB.
Calon mahasiswa yang bersangkutan diharuskan melakukan konfirmasi kelulusannya dengan mengirimkan formulir konfirmasi terlampir, paling lambat tanggal 14 Mei 2010.
Calon mahasiswa yang telah melaksanakan konfirmasi kelulusannya, diharuskan mengikuti secara penuh kegiatan Briging Program, pada bulan Juni - Juli 2010. Pendaftaran calon peserta Bridging Program akan dilaksanakan pada awal bulan Juni 2010 di Bandung. Tata cara dan Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Brigding Program ITB 2010 akan disampaikan setelah tanggal 14 Mei 2010.

Keputus-asaan yang dibumbui dengan kerja keras itupun kemudian berbuah manis. Ketakutan/ keputus-asaan itu berubah/dikoversi menjadi bahan bakar untuk meluncur bak roket akan meluncur menggapai indahnya bulan yang melayang dilangit.

Sebenarnya aku yakin bahwa semua orang itu punya kemampuan tak terbatas, tapi mungkin sebagian orang itu belum tahu akan kekuatan itu. Kekuatan yang tersembunyi.
Kelemahan kita tak selalu merugikan, tapi dialah yang akan menghidupkan dan mengkatalisis kekuatan super dahsyat itu keluar dari tubuh kita. Semoga kalian mengerti akan kekuatan kerja keras. Semangat kawan, ITB in your hand.

JANGAN TAKUT MASUK ITB

2 years later

Aku pun masuk kampus ITB. Masuk lewat gerbang depan pastinya.



 
Bukan yang ini,


 
Aku nggak sabar pengen ketemu orang itb itu seperti apa.<Belum nyadar kalau sudah diterima di ITB>
Ternyata and ternyata, gak semua anak ITB itu pandai dan cerdas. Buktinya nggak perlu nyari jauh-jauh, saya buktinya. Beneran loh. Soalnya berkali-kali ikut ujian perbaikan.
Setelah kuliah di ITB dan kenal orang-orang di jurusan saya. Ternyata ada juga yang seperti saya. Tapi dan ternyatanya juga mereka yang sejenis-sejenis aku ini kuat loh belajar sampai jam 3 malem belajarnya. Fenomena lazim saat besoknya bakalan ada ujian atau kuis. Apalagi yang sudah ‘dewo’ otaknya. Dia juga nggak mau kalah sama yang sejenis2 saya, yang nggak begitu hebat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ITB tidak hanya untuk orang yang pintar/cerdas saja tapi juga untuk yang mau kerja keras.

Jangan takut masuk ITB


nb : maaf kalau tulisannya jelek dan banyak salah, jika ingin berkomentar silakan untuk berkomentar di bawah ini. kalau punya saran, juga disini aja. jika punya pertanyaan insyaAllah saya jawab sebaik mungkin 

thank to All.
Ahmad Syamsu Rizal for Indonesia

Cerita cerita lainnya yang sejenis :




140 komentar:

  1. Riza Eka Saputra mengatakan...:

    maksud dari Bridging Program secara penuh selama 6 (enam) minggu itu apa ya ?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Semacam seleksi untuk menentukan fakultas dulu, karena sebelumnya hanya masuk itb tanpa dapet fakultas

  1. Anonim mengatakan...:

    cie anak itb

  1. arunin_cece mengatakan...:

    Subhanallah... ternyata kak Rizal jg suka nulis y.... ???
    i like it...

  1. Anonim mengatakan...:

    mungkin pesimis kuadrat tiga tuh diganti PESIMIS KUBIK aja kak... Lebih kereennn.... hHehe....

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Arunin_cece : alhamdulillah
    anonim : oke2 saran diterima

  1. arunin_cece mengatakan...:

    blog ini, punya pribadi kan kak ???
    kabar"i sy kalo ada tulisan baru...
    :)

  1. Anonim mengatakan...:

    Halo kak.
    Dulu cara belajar sama kerja kerasnya gimana sih?
    Mudah-mudahan saya juga bisa masuk ITB.

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    kalau saya, dulu belajarnya aku target setiap hari dapet sepuluh soal campuran mtk, fisika, biologi,kimia... kalau saya yang penting istikomah ndak banyak2...sehingga ilmunya nempel.... selain itu istikomahin juga ibadah (tapi memang susah sih kalau masalah agama, dulu saya di pondok jadi terbantu deh :) )

  1. Rahmat Kurniawan mengatakan...:

    aslmmkum wr.wb, gan saya ada niat ni untuk masuk itb tapi apa kah mungkin saya bisa ketreima di itb, dan saya takut udah tes disana eh tau nya ga diterima padahal udah jauh2 dari palembang.
    tolong sarannya gan,
    makasih

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Anonim + Rahmat : Udah baca ini belom http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2012/09/buktikan-bahwa-itb-bukan-sekedar-mimpi.html ? ntar kalau masih ada pertanyaan bisa tanya lagi

  1. Wulan Maulina L mengatakan...:

    hwaaaa.. postingannya bagus! saya jadi termotivasi sama kata" author.
    terimakasih~~

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    terimakasih .....

  1. story mengatakan...:

    aq nak pesantren n' madrasah kira2 bsa masuk ga' ya?
    plis bls kak

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    InsyaALlah tetap ada jalan jika mau berusaha......

  1. Anonim mengatakan...:

    Mau tanya min, dlu masuk.y lewat jalur tulis apa yg prestasi undangan?

    Sy jd pesimis ikt jalur prestasi undangan soal.y ndak pernah masuk 10besar . .

    Trimakasih sbelum.nya. .

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    masuk lewat jalur USM, coba aja di SBMPTN aja.....

  1. m. rivaldy mengatakan...:

    doa'in sy ka biar thn dpn sy lulus un n snmptn undangan ke itb...
    mudah2an angkatan thn sy bnyk yg Diterma di ITB Amiin:)

  1. Anonim mengatakan...:

    Min gmn kalo rapot saya pas kelas 1 jelek,lalu kelas 2 semester 1 juga biasa aja,saya mulai tobat dan sungguh2 pengen banget masuk itb itu pas kelas 2 semester 2,tapi jujur setelah pengumuman tentang snmptn kemarin saya depresi berat,tentang ketentuan2 nya yg dirombak,blm lagi saya cuma anak smk jurusan animasi,saya cuma punya prestasi 1 itu pun non-akademik,itu cuma pembuatan film animasi 3d nasional,kira2 pendapat mas rizal gmn ya??

  1. Anonim mengatakan...:

    wahhh mantap jga y kaa..terharu aku dengarnya. aku juga anaknya biasa2 z ka... tapi minat k itb ka penggeenn kalii.. bahkan kebawa mimpi. kadang aku cuma takut menghadapi kenyataan yang ada pada diriku ka yg biasa ini banyak saingan d luar sana jg ka
    ,, ! yg kuharapkan dan sangat,;( bisa masuk ke undangan itb,karena aku ingin membuat kedua orangtuaku bangga dan tap semangat menjalani hidup ini. APA AKU TERLAMBAT KA SKARANG MEMULAINYA SEMUA???need your respond brother...

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    1 : nyoba SBMPTN kalau memang ga mungkin SNMPTN Undangan....
    2: belum terlambat, namun harus lebih giat lagi belajarnya dibanding teman-teman yang lain.....

  1. Muhlishin mengatakan...:

    nambah semangat aja nih masuk ITB...
    InsyaAllah saya akan jadi mahasiswa ITB...
    Aamiin....

  1. Anonim mengatakan...:

    Om disana jualan apa aja kantinnya? Enak-enak ga? Bales ya om. Makasih

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Bukan enak2, tp mahal2 :D

  1. annisa muliya mengatakan...:

    kak, gmna sih di itb thu, klau bleh tau, berapa banyak yang keterima disana untuk jalur undangannya???

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    coba liat di website snmptn, sepertinya ada. soalnya saya belum update informasi itu....

  1. dimas mengatakan...:

    Assalamualaikum. kak, insyaallah saya masuk itb (amin) saya takut tdk dapat brsaing didalamnya, saya takut tdk bisa mngkuti pljrn nya, takut ber ipk rendah hingga harus DO, bgaimna mnurut kakak? Terima Kasih

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    itu hanya ketakutan kamu aja, kalau berusaha ga ada yang ga mungkin...

  1. Anonim mengatakan...:

    dulu di ma jurusan apa ya

  1. J Kurokuzuma mengatakan...:

    dapet soal campuran dari mana senpai~ ? :3
    kalo ane mah... TO UN 2013 nih nilainya mat : 4 mulu, yang laen juga parah...
    terus....ane gak pernah peringkat 10 besar juga...
    klo ane ntar bisa masuk ITB ...wah,, suatu mukjuzat, n' alhamdulillah sekali dah... :')
    tp menurut senpai~ orang kek ane masih bisa kn buat masuk ke ITB?? :3
    makasih~ motivasinya.. ;)

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    MA di jurusan IPA,

    Soalnya dari kumpulan soal diktat gitu,,,,, lungsuran kakak,,,,, mungkin aja sih masuk ITB, tp ya usahanya harus lebih keras daripada yang pinter2...

  1. Umul Lathifah mengatakan...:

    Duhh kaaa, aku bangett ituu pesimis kuadrat -_- tp ini lagi berusaha buat bljr trs walau ttp kurang ngerti -_- tp aku percaya stiap usaha yg kita lakukan pasti ada blsn nya dr Allah :) AKU HARUS BISA LULUS ITB di sbmptn thun ini :) SEMANGAT!!!!

  1. Anonim mengatakan...:

    Ka bagi saya yang sudah tidak lolos sbmptn. Karna yah boleh dibilang saya kurang giat blajarnya. Apakah masih ada harapan buat saya tahun depan masuk itb? Apakah ada tmn kaka yg seperti saya kak di itb yg mencoba sampai dua kali?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Masih ada, tp kerjanya harus lebih keras lagi. harus lebih dr kemarin, sama strategi juga sih, milih fakultasnya jgn yang berat2 kalau gitu.... Ada kok temen sejurusan saya yang 1 tingkat di atas saya menjadi teman saya.....

  1. Hasan mengatakan...:

    ka, uang masuk ITB berpa ya???
    trus kalo persemesternya berapa??
    terimasih...

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    sekarang biayanya dipukul rata tiap semester. jadi ga ada uaang gedung... biayanya persemester beragam, tergantung kemampuan ortu

  1. Naufal Gunaningrat mengatakan...:

    Wuidihh.. nambah semangat nih kak pingin masuk itb. Tp susah nggak sih kak waktu tes seleksi masuk itb nya ??

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Menurutku semua tes masuk kampus itu sama-sama susah,,, dimanapun kampusnya ga jamin mudah dikerjakan, hehe

  1. casandra mengatakan...:

    siip gan, ane juga rencananya mau masuk ITB, tapi yah pesimis gitu, soalnya ane juga kurang pintar..takut

  1. efrik zexlatac mengatakan...:

    Minn Kalo Dari Kelas 1 Sampai Kelas 3 Masuk 10 Besar . gimana thu ?'

    Mohon Di Blzz . :D

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    ya baguslah..... coba aja daftar,,,

  1. Gessi Firdawati mengatakan...:

    dimana daftar nya bg ?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    daftar lewat undangan maupun tulis..

  1. efrik zexlatac mengatakan...:

    Ouhh Iyaa Bang ... Makasih yaa Sarannya ...

  1. Anonim mengatakan...:

    Subhanallah luar biasa sekali anak anak kebanggaan bangsa yang ada di ITB ini. Saya murid kelas 3 SMAIT punya mimpi setelah saya lulus SMA nanti saya menjadi salah satu anak kebanggaan bangsa di ITB. Setelah membaca tulisan kakak saya jadi optimis dan semangat saya langsung melesat saat itu juga, terima kasih kaka tulisannya sangat bermanfaat dan mohon doanya semoga saya bisa menjadi adik kelas kakak :)

  1. sk handayani mengatakan...:

    waaah,, kereeen niih.. makasih, ceritanya membangun banget..aku juga ingin masuk itb soalnya hehe

  1. Lutvia Resta mengatakan...:

    Assalamu'alaikum
    Saya dari Jurusan IPS kak, tapi pengen banget masuk jurusan Tekhnik Kebumian ITB, kira2 bisa gak ya ?
    Modalnya saya sertifikat KSM Nasional sama tekad aja
    Soalnya ITB saya denger sarangnya anak2 IPA yang hebat, nah saya dari IPS bisa bersaing gak ya kak ?
    Terus cara persiapannya harus kayak gimana ?
    Jawab ya kak :) Makasih
    Semoga saya bisa jadi adik kelas kakak #ngarep ;)

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Waalaikum salam wrwb... kalau IPS saran saya ke jurusan yg memang utk IPS saja.... kalau di jurusan IPA, saat kuliahnya ditakutkan keteteran.... tapi kalau udah tekat silahkan...... persiapannya, belajarpelajaran jurusan IPA, jadi mulai dr 0.....

  1. Anonim mengatakan...:

    mas,untuk jalur sbm itb itu katanya mahal ya mas ?
    saya pengen masuk kesana tapi terkendala masalah biaya yang katanya selngit
    mohon jawabannya mas

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Hmmmm,,, kalau ga punya uang ikut bidik misi, kalau kalangan menengah biasanya terpaksa dimasukin bidik misi, kalau kalangan atas bayarnya full, kalau menengah sih ada kok, biaya per semesternya ada pilihannya kalau ga salah ....sudah lama ga liat coba liat di web itb....

  1. adhe mengatakan...:

    wahh..trmotivasi juga nih kaa..
    oo iya..kalau boleh tw..kakak skrg d fkultas apa ??

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    saya SITH-Bioengineering

  1. Anonim mengatakan...:

    kak mau nanyaa...kan tadi di atas. kt kakak biaya masuk itb itu sesuai kemampuan ortu, bukannya kalo buat SBM ITB biayanya ditentuin per sks? Sy pengen masuk SBM (amiin), tp ga mungkin bisa bayar full..jd gmn dong kak?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Memang kalau SBM kalau ga beasiswa ya biaya full...

  1. Anonim mengatakan...:

    Assalamualaikum mas rizal

    semoga Allah selalu melancarkan urusan jenengan .
    Saya lulusan tahun kemaren dan nyoba ssbmptn tapi gagal .
    insya allah tahun ini nyoba lagi dan sangat berminat dan ingin masuk ITB
    boleh nanya bagaimana jurusan tekkim dI ITB mas? dan syarat yang wajib dimiliki untuk calon maba ITB sedangkan masuk ITB super sulit? :-)

  1. mustofa bisrie mengatakan...:

    ITB!!!!! AKU BISA!!!!!!

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Info tekkim silahkan dicari di Indeks, udah pernah ngepos. Yang perlu dilakukan :Kerja keras, Kerja cerdas, Kerja tuntas, kerja ikhlas...

  1. Hafiz Adnan mengatakan...:

    bookmark dulu dah :D

  1. Anonim mengatakan...:

    Assakamualaikum kak,klo boleh tanya apa prbedaan belajar di SMA dengan kuliah di ITB sekarang ? oia kalo saya prhatikan kakak udh punya basic pinter, rata2 cowok baru kliatan asli pinternya wktu krja keras buat SBMPTN (pengalaman kakak kls di SMA ku) menurut kakak bgmna kompetisi stelah msk itb apa mreka adalah orang2 gigih ambisius yg bikin ciut nyali hehe sorry bhsnya brlebihan, melihat tetanggga ku yg masuk itb kok kelihatannya sbuk skali gk hri biasa atau libur nah itu bgaimna kak ? saya ingin sekali banggakan org tua meski saya otaknya pas2 an dan bersyukur di ITB ada jurusan berbasis hayati mohon penjelasannya ya kak :) terimakasih

  1. Anonim mengatakan...:

    kak, boleh kasih contoh kerja cerdas gag? :-)

  1. Anonim mengatakan...:

    Gan,doakan masuk FMIPA-ITB lewat jalur undangan y...
    Tekat q masuk ke itb udah 100%,
    dan sudah mengalami yg namanya di ejek,si remehkn,smpe di tertawakn lgi...
    Plis doakan y gan...

  1. zahid ITB mengatakan...:

    wahh keren maz....! sip deh ,,, moga cepet sarjana... amiiin.....

    jadi pengin juga kuliah di itb nih,,,,, bukan cuma prakerin doang......
    coz udah klop kuadrat banget sama gedung STEI , hehehe

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Anonim 28 feb : bedanya lebih keras lagi, semua anak unggul dr sekolah masing2 di mix dalam 1 kelas ya tahu sendiri persaingannya gimana, tp krn mix itu jd kualitasnya terjamin. Keliatannya sibuk itu bergantung sama keinginan, kebanyakan pas waktu liburan tuh suka osjur yang mengajak seluruh angkatan kontribusi utk osjur maba, sehingga keliatannya sibuk bgt..

    Anonim 14 mar : kerja cerdas tuh tahu pa yg harus dilakukan dan apa yg harus tidak dilakukan, tidak dilakukan tuh krn pd titik itu malah bisa menghabiskan waktu. Karena ada orang yang kerja keras padahal posisinya salah, seharusnya ga kerja keras di titik tsb.... jd kerja kerasnya = 0...gitu

  1. salman ibnu mengatakan...:

    Asslamualaikum ,Sebelumnya makasih udah buat tulisan ini , saya jadi semangat buat masuk ITB , kak mau nanya nih :
    1. Adakah mahasiswa yang diterima di ITB lewat jalur SNMPTN (undangan) tapi smentara sekolahnya belum ada alumninya di ITB ?
    2. Kakak fakultas apa ? jurusan apa ?
    3. Adakah mahasiswa yang pernah di DO waktu TPB ?
    4. Kira2 berapa persen anak Madrasah Aliyah yang diterima di ITB setiap angkatan nya ?
    5. Kalo dari lulusan SITH-R apakah sudah ada lulusannya ? kan soalnya fakultas itu masih baru , dan dimana kerjanya skrang ?

    maaf kalo kebanyakn hehe , makasih sebelumnya . Ditunggu jawabannya ya kak :D

  1. Anonim mengatakan...:

    terima kasih banyak, kak..
    saya barusan baca tulisan kakak sampai habis, alhamdulillah saya jadi bersemangat dan tidak takut untuk masuk ITB..
    terus menulis untuk kita ya...

  1. Fausall neijiwara mengatakan...:

    bang minta alamat email nya dong atau nama fb abang nih.kalau bisa minta nomor hapenya ??mmhhh hehe

    terimakasih maaf !!

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Salman : 1. ada, malah langsung dpt 2 buah tiket
    2.SITH, Bioengineering
    3. Banyak, kebanyakan udah luntur motivasinya setelah masuk itb
    4. banyaklah....
    5. saya skrg angkatan pertama

    fausall : fb.com/IZ4LL , syams.itb@gmail.com 085722682576

  1. Anonim mengatakan...:

    kak, kuliah di ITB itu susah ya? -_-
    kalo semisal ada yang keterima di sbmptn, bisa ikut beasiswa ga?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Kalau boleh jujur ya lumayan sih buat yg 'pas-pasan' seperti tp kalau niat udah kuat aeberat apapun tekanannya tetep akan kuat ...... ya tahu sendiri 'gajah'nya juga berat..... inasaallah beasiswa bisa kok,,,,ada sih anak tingkat 4 yg ditawari bidik misi

  1. Novita mengatakan...:

    kak, katanya di ITB itu beasiswanya 'banyak banget' sampe beasiswanya itu sisa-sisa gitu. nah, itu bener ga sih kak? trus biaya hidup sama lingkungan disana itu gimana? katanya, bandung itu terkenal sbg biaya hidup termahal di indonesia.

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    bener banget.... krn sakin byknya yang kaya byk yg dapet beasiswa.... mahal sih hidup disini, tp byk lowongan pekerjaan juga.... hehe

  1. Murti Fatiya mengatakan...:

    asalamu'alaikum
    kak mau tanya kalau alumni tahun ini gak ad yg masuk itb,tp tahun lalu ada yang masuk itb
    apakah msih ada kesempatan buat bsa masuk itb mskipun thun ini alumni gk ad di itb??

  1. Anonim mengatakan...:

    Assalamualaikum
    Kak saya baru saya kelas sma kelas 2, disekolah saya termasuk siswa yang biasa saja tidak masuk 10 besar seperti kakak, apakah sulit masuk fttm di itb? Katanya kan itu salah satu fakultas pesaing terbanyak, terimakasih

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Waalaikum salam semua....

    Murti : Bisa banget......
    Anon : kalau ga dapet peringkat, kemungkinan besar bersaingnya SBMPTN,,,, kalaupun Undangan, nyertain piagam lah biar dilirik, tp kalau ada piagam biasanya peluang diterima lebih besar

  1. Berliana Kusti mengatakan...:

    Kak, piagam yang biasa disertakan itu bidang apa ya? Piagam tersebut dari SMA apa selama menempuh pendidikan (sd,smp,sma) soalnya saya cukup stabil dalam prestasi akademis dan prestasi non akademis (seni, olahraga, dll) tingkat provinsi maupun Nasional. Nilai saya di kelas gak sampai 10 besar sih, saya berminat masuk SBM ITB-Kewirausahaan. Terima kasih ya.

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    masukin aja semuanya.... dan semua bidang

  1. Anonim mengatakan...:

    assalamualaikm, stelah bca postingan kk, motivaiku untuk masuk itb kembali berkobar, makasih y kk, ehh blh tw klo kk di itb ngambil fakultas apa..? trus kalau misalkan fakultas SITH rekayasa kehutanan persaingannya ketat g k..?

    makasih y kk. :)

  1. isnaini sparkyu mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. isnaini sparkyu mengatakan...:

    assalamu'alaikum. kak mau mnta sarannya. saya kepengen bgt msuk FMIPA ITB jurusan fisika tapi sekolah saya blum memiliki alumni disana tapi katanya piagam penghargaan bisa jadi pertimbangan. saya alhamdulillah punya beberapa penghargaan olimpiade" MIPA tapi tingkat kabupaten smua. apa ada peluang saya tuk msuk ksna lewat SNMPTN atau SBMPTN? syukron^^

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    waalaikum salam semuanya

    Anonim : aku sith jur bioeng, kalau sekarang masih rame persaingan ke bioeng sama pertanian, tp tahun berikutnya bisa saja berubah....
    Isnaini : santai aja, alumni bukan jaminan.... masukin aja semuanya... insyaAllah sangat dipertimbangkan

  1. Arif gustiadji mengatakan...:

    kak,aku sekarang kelas 3 , aku juga sama kaya kaka apa yg diceritain kalau aku disekolah ga terlalu mencolok ga dapet 10 besar dan tapi bisa mengikuti pelajaran , aku mau ambil jurusan teknik di kuliah nanti , tolong dong motivasinya ya kak , makasih :)

  1. Auriga mengatakan...:

    ya belajar yang giat dan pantang menyerah, ntar kamu akan merasa harus kerja lebih keras lagi kalau udah masuk itb, jd kerja kerasnya mulai dr sekarang juga

  1. Anonim mengatakan...:

    Waaah, sama kak, aku juga anak MA dan Asrama... :))
    Syukron katsiron kak, ceritanya memotivasi aku banget buat tetap istiqomah dalam berusaha, meskipun banyak orang yang tak yakin aku bakal bisa lulus SAPPK-Arsi... :))

    Sukses selalu, kak...!

  1. Anonim mengatakan...:

    Kak, kan aku gak pernah masuk 10 besar. Ortu aku pengen bgt aku masuk itb jurusan seni rupa.. Bisa gak ya kak.. Kak tau gak tes masuk fakultas itu apa aja?

  1. Auriga mengatakan...:

    bisa kok,,,,, silahkan cari di usm.itb.ac.id atau snmptn.itb.ac.id ......

  1. Andreas Sihombing mengatakan...:

    Bg aku mau nanya, Aku kan mau ngambil Jurusan FTTM bg, tapi aku gak berani ngambil ya karna dari sekolahku anak Ipa 1 banyakan ambil ITB, aku gak yakin bisa masuk bg, soal ya mereka kelas kelas unggul bg, dari Kelas 1 aku pengen kali ITB bg, tapi kelas 1 sama 2 aku gak usaha bg, mka'y aku takut nanti gak masuk bg, menurut bg gmna cara ya biar kita masuk bg?
    Lagian kan bg, aku gak dapat juara di kelas, aku orang paling bodoh lah bg dibilang, aku pengen tau dulu gmna cara bg masuk ITB itu bg, kasih saran ya yah abg

  1. Winia Lestari mengatakan...:

    kalau jalur undangan gimana ya kk?

  1. Iin Sasya mengatakan...:

    nilai rata" raportku cuma 85 kira" bisa masuk itb jalur undangan nggak ya kak? :(

  1. Auriga mengatakan...:

    Andreas : kan diceritanya udah ada
    Winia : maksudnya?
    iin : coba aja

  1. Ubay Ilyas mengatakan...:

    Assalamualaikum Bang Admin
    Saya Juga Anak Aliyah (Tepatnya MAN Jombang)
    Saya Juga Pengen Masuk ITB Teknik Perminyakan
    Dengan Modal Nilai Raport Dan Prestasi Yang Kurang Memuaskan, Masih Tetap Dilanjutkan Apa Ndak Untuk Kuliah Di ITB???????
    Mohon Pencerahannya!!!!!!!!!

  1. alif zidan mengatakan...:

    kak kalau piagam OSN nya biologi bisa bantu masuk FTMD nggak,,

  1. ida farida mengatakan...:

    alhamdulillah tulisannya memotivasi banget..
    doain kak, saya camaba sappk itb. amiin ya Allah :)

  1. Bagas Budhi Permana mengatakan...:

    Bismillah doakan aku ya kawan-kawan agar bisa masuk ITB tahun 2016 :D
    Tulisannya sangat bermanfaat, saya juga sedang dilanda perasaan yang setengah pesimis setengah optimis. Semoga Allah SWT akan meridhoi saya masuk ITB Aamiin.

  1. Auriga mengatakan...:

    Ubay : Mohon lebih detail :D

  1. Anonim mengatakan...:

    aduh kang sudah 1 tahun saya menganggur,, pengen banget kuliah ,, dulu saya sempet ikut snmptn&sbmptn, tapi ngga lolos, dulu tuh saya pengennya kuliah di universitas negeri,ngga mau kuliah di universitas swasta, akhirnya saya memutuskan untuk menunda kuliah, lalu saya memutuskan untuk mencari pekerjaan sambil cari kegiatan,, tapi sampai sekarang pekerjaan pun belum di dapatkan, berapa lembar surat lamaran sudah saya sebarkan ke beberapa perusahaan, masyaallah,, sekarang yang tersisa hanyalah penyesalan.. kini perniatan saya mulai berubah, saya pengen kuliah,, tapi masih di hantui rasa takut buat ikut tes seleksi, karena saya sudah lupa dengan materi yang telah di ajarkan selama di sekolah, . . dan sekarang konsentrasiku mulai terbagi pengen lanjut cari kerja atau kuliah,, atau 22 nya saja saya kerjakan,, duh kang confused...

  1. Auriga mengatakan...:

    pilih salah satu aja,,,,, mending fokus kerja kalau misal takut udah pada lupa pelajaran

  1. Hafiz Adnan mengatakan...:

    Aku yang bookmark blog ente gan, Sekarang ane kelas 3, UN angkatan ini diadakan di bulan Januari, dan semua angkatan ku kelulusan bukan dari Nilai UN tapi dari Sekolahan.
    Pertanyaanya...
    Saya dari Solo mau ikut SBMPTN ITB, boleh minta soal2 dulu masuk SITH?
    Kalo boleh sungguh kehormatan bagiku. Dan disana kalo boleh tau ceweknya cantik2 nggak:3

  1. Auriga mengatakan...:

    Hafiz : mksh byk gan,,, tp soal2 gitu ga akan dibagikan kepada pesertanya, saya sendiri dulu juga ditarik lagi soalnya jd ga bisa dibawa pulang. ceritanya hbs ditarik itu dibakar

  1. Lailatul Akbar mengatakan...:

    Doain saya ya semoga masuk ITB. Sebelumnya terimakasih sudah memotifasi saya☺

  1. Lailatul Akbar mengatakan...:

    Doain saya ya semoga masuk ITB. Sebelumnya terimakasih sudah memotifasi saya☺

  1. anggia meidinap mengatakan...:

    bagi tips belajar kaka biar keterima di itb sewaktu sma dulu dong ehehe

  1. Enjelyn Djuita mengatakan...:

    pesimis karena kalah saing di snm,sbm,dan um-USU. Lagi belajar fisika,iseng-iseng searching tentang anak itb.eh ketemu crita begini. Membangun banget bang,sukses ya kuliah di ITBnya.semoga aku bsa jadi adek NIM

  1. abdurrohman sidiq mengatakan...:

    Kang, saya ingin tanya nih, katanya fsrd cuma buat anak ips, bener ga sih kang?
    Insyaallah saya 2016 masuk univ nih
    Saya kelas 3 sma, mohon bantuannya dan doanya,makasih

  1. abdurrohman sidiq mengatakan...:

    Kang, saya ingin tanya nih, katanya fsrd cuma buat anak ips, bener ga sih kang?
    Insyaallah saya 2016 masuk univ nih
    Saya kelas 3 sma, mohon bantuannya dan doanya,makasih

  1. abdurrohman sidiq mengatakan...:

    Kang, saya ingin tanya nih, katanya fsrd cuma buat anak ips, bener ga sih kang?
    Insyaallah saya 2016 masuk univ nih
    Saya kelas 3 sma, mohon bantuannya dan doanya,makasih

  1. Waah jadi termotivasi nih masuk teknik sipil ITB,aku kan sekolahnya bukan sekolah formal tapi sekolah kejar paket gitu..kira2 ada peluang gak ya untuk anak yang mau kuliah disana tapi ijazahnya paket c?

  1. Youichi asuka zara mengatakan...:

    wah keren ceritanya huehe
    aku juga asalnya dari madrasah aliyah kak :'' dan rata-rata masuknya perguruan tinggi islam kyak uin, unj.. tapi aku gak tertarik...

    porsi belajar juga agak kurang.... tapi semoga aja bisa!!
    oh iya kak minta tips belajar buat sbmptn, mumpung aku masih kelas 2 sma...

  1. Auriga mengatakan...:

    Anggia : perasaan udah kok di tulisan ini.
    Sidiq : fasrd itu masuknya lewat ips, tp semua jurusan di sma bisa masuk
    Dhias : dicoba aja
    Youchi : ya belajar aku seperti tulisan ini,,,, emang kurang kah?

  1. sara mengatakan...:

    Kak, jalur USM itu kaya gimana? Trus Syarat2nya apa aja kak?

  1. Auriga mengatakan...:

    sekarang udah ga ada :)

  1. Sitoh Masithoh mengatakan...:

    Ka mau tanya kalo masuk jalur bidikmisi di itb itu apa harus dapet pringkat 10 besar

  1. Sitoh Masithoh mengatakan...:

    Ka mau tanya kalo masuk jalur bidikmisi di itb itu apa harus dapet pringkat 10 besar

  1. Auriga mengatakan...:

    lebih baiknya gtu....

  1. diki maulana malik mengatakan...:

    assalamualaikum ini saya mau bertanya sungguh2 untuk masuk itb tuh yg paling tepat apasih?

  1. Monatary Purborini mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Monatary Purborini mengatakan...:

    Kak tanya nih, bener nggak sih ada info kalo masuk itb pake bidik misi itu ketrimanya lebih mudah? Soalnya alumni dari sma aku 90% itu pake bidikmisi yg ke itb

  1. Fiky Fauzan mengatakan...:

    Assalamualaikum, setelah saya baca2 semua komentar disini semuanya membangun banget, nah tapi ada beberapa pertanyaan dari saya yg bner2 btuh jawban dr kk,
    1. Saya emang sering masuk 10 besar, cuman ada 2 semester yg gak masuk, sisanya masuk, peluangnya gmna tuh kak?
    2. Saya tuh ada niat ingin masuk FITB, peluangnya gmna tuh kak? Dilihat dari daya tampung dan jumlah peminat? Saya juga dari jurusan IPA yg akan lulus tahun ini dan ada niatan untuk masuk ITB lewat jalur SNMPTN.
    3. Nah alhamdulillahnya saya ada beberapa prestasi (bukti piagam nya ada), tapi entah dapat mendukung atau gak, prestasi itu sendiri yaitu "OSN Kebumian sampai tingkat prov ; dan yg smpe kab. Ada 2 ; lalu saya juga pernah jadi peserta jambore PIK R/M tingkat nasional di Lembang, Jawa barat tahun 2014 ; juara lomba karya tulis ilmiah juga ada tapi tungkat sekolah, gmna kak?
    4. Sehubungan sama ada pertanyaan dari kakak-kakak diatas, ditambah lagi belum ada alumni SMA saya yang di ITB, peluang saya gmna kak?
    Terima kasih dan mohon untuk diberi pencerahannya kak :)

  1. Auriga mengatakan...:

    Mona : itu kebetulan
    Fiky : 1. coba aja, ga ada salahnya, 2. kalau diwebsite fitb itu beratnya menengah lah, semua jur di itb mah berat semua. 3. Itu sangat bagus dan memperbesar peluang drpd sekedar raport doang 4. santai aja, peluang tetep ada

  1. fiky fauzan mengatakan...:

    Terima kasih kak atas jawabannya :)
    Kak ada pertanyaan lagi yg ingin saya ajukan, ada beberapa blog yg saya baca mengenai daya tampung dan peminat di FITB , dan rata-rata mengatakan kalo ada sekitar 1000 lebih peminat sedangkan daya tampungnya 108 saja, nah kira2 bagaimana peluang saya apabila saya melalui jalur SNMPTN, dan saya juga dari SMA di sumsel? Walaupun sebenarnya saya asli berasal dari bandung, hanya bersekolahnya saja disumsel?
    Dimohon untuk pencerahannya lagi kak :)

  1. Auriga mengatakan...:

    Kesempatan akan selalu ada bos, banyak berdoa, kalau luar jawa punya kesempatan bagus juga menurutku krn itb lagi pemerataan mahasiswa biar ga dr jawa aja,,,,,

  1. daninta handalia mengatakan...:

    keren kaaaa, terus motivasiin adik2nya yaaa jujur saya juga minder dan akhirnya gini saya jadi kuliah di swasta heheh

  1. daninta handalia mengatakan...:

    keren kaaaa, terus motivasiin adik2nya yaaa jujur saya juga minder dan akhirnya gini saya jadi kuliah di swasta heheh

  1. Nugi suripatty mengatakan...:

    kak mao nany dong saya kan SMK jurusan permesian bisa ga masuk ITB ?
    pkl nya aja saya di DO kaarna telat 2x apa masaih ada kesempatan ka? , 1 lg ka saya sekolah di SMK swasta,,
    saya juga kaga pinter" amat kiraa" bisa masuk ga ka?
    mohon di jawab ya ka

  1. Auriga Fn mengatakan...:

    Nugi : tergantung mau masuk fakultas apa.

  1. Anonim mengatakan...:

    assalamualaikum..
    kak, alhamdulilah saya masuk kelas unggulan tapi saya tidak masuk 10 besar dan saya tidak berprestasi,saya harus gimana kak ?? tolong bimbingannya !!

  1. ricky arianto mengatakan...:

    lewat jalur apa bidik misi nya gan..
    SNMPTN / SBMPTN ? atau ada yang lain ?

  1. Auriga Fn mengatakan...:

    Anonim : yaudah coba sbmptn aja
    Ricky : dulu pas USM

  1. dewi mengatakan...:

    kak, dulu mondok dimana????
    daftar di ITB, daftar berapa kali hingga kemudian lulus???

  1. Shania Aprilia mengatakan...:

    Waktu daftar di ITB jurusan apa?

  1. Auriga Fn mengatakan...:

    Dewi : mondok di kediri , sekali langsung lulus
    Shania : SITH Bioengineering

  1. infobio13 mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Bella Fazira mengatakan...:

    kak beneran? aku pesimis bgt loh:(

  1. Nur Islamiyah Angraeni mengatakan...:

    Kak. Kalau ngebet bgt mau masuk fakultas teknik fisika(peminatan) susah ngk yah? Kira2 daya tampungnya sedikit. Kk, biaya kuliah di itb katanya mahal banget selangittttt. Bagaimana menurut kk?

  1. alfiyan rizky mengatakan...:

    permisi kak Ahmad Syamsu Rizal ..
    saya mau tanya, saya memiliki ambisi untuk masuk fakultas teknik mesin tapi setiap memikirkan biaya saya selalu pesimis karna saya termasuk golongan menengah ke bawah.
    gimana ya kak caranya mendapatkan beasiswa di ITB tapi jika sudah tertunda 1 tahun ??
    mohon di kasih solusinya. trima kasih

  1. Anonim mengatakan...:

    Kak anak SMK gak bisa bebas pilih jurusan di ITB ya?

  1. Auriga Fn mengatakan...:

    Info bio : Ok
    Bella : semangat ajaaaa
    Nur : Kalau mau usaha pasti ada kemudahan dek
    Alfiyan : Bisa aja dek,,,, asal ada usaha semua bakal mungkin terjadi
    Anonim : Bisa, SMK masuknya ke IPS,

  1. rizki ramadhon mengatakan...:

    Makasih lo mas.. Tulisannya menginspirasi..

Poskan Komentar