Pengenalan Jurusan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB dan prospek tiap jurusannya

Label: , , ,

1. TEKNIK PERTAMBANGAN

Sumber gambar : http://sergainews.com/photo/1314348194tambang-batubara.jpg

Sesuai dengan namanya Program Studi (prodi) Teknik Pertambangan akan mempelajari berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses penambangan terutama mineral berharga dan batubara. Untuk melakukan proses penambangan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti ilmu tentang mineral yang akan ditambang, misalnya sifat mineral yang akan ditambang itu seperti apa ? Kemudian kegunaannya untuk apa saja ? Bagaimana cara mengolahnya agar bisa dimanfaatkan oleh manusia?
Ketika kita akan menambang emas maka selain mengetahui hal-hal penting yang telah disebutkan diatas, perlu diketahui pula apakah proses penambangan yang akan dilakukan itu menguntungkan atau tidak. Maksudnya ? Sifat mineral, kegunaannya, cara menambangnya, juga cara mengolahnya agar bisa dipergunakan oleh manusia harus diperhitungkan sisi ekonominya. Oleh sebab itu, pada prodi Teknik Pertambangan, teman-teman juga akan mempelajari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan proses penambangan mineral.
Dalam proses penambangan, ada tiga hal utama yang dilakukan yaitu: eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan. Eksplorasi merupakan proses pencarian mineral berharga. Eksploitasi adalah proses penambangan mineral tersebut. Sedangkan pemrosesan adalah kegiatan memisahkan mineral berharga dari partikel-partikel lain yang menyatu dengan mineral tersebut.
Nah, disini teman-teman juga akan belajar banyak tentang mengeksploitasi mineral berharga. Apa sih yang disebut dengan mineral berharga ? Kenapa Teknik Pertambangan hanya menambang mineral berharga ? Bagaimana dengan minyak bumi ? Mineral berharga itu terdiri dari emas, perak, platina, dll. Mempelajari penambangan minyak bumi dan gas alam dilakukan oleh prodi lain yaitu Teknik Perminyakan. Sifat yang berbeda antara minyak bumi dan mineral berharga menyebabkan proses penambangannya pun berbeda.
Prodi Teknik Pertambangan akan membantu mahasiswanya untuk mengembangkan ilmu pertambangan dengan penyediaan fasilitas yang mendukung dan metode belajar yang bervariasi. Mahasiswa Teknik Pertambangan memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan ilmunya melalui Kerja Praktek dan atau Tugas Akhir. Keduanya bisa dilakukan di lokasi penambangan.
Pada intinya prodi Teknik Pertambangan akan mempelajari bagaimana cara mengambil mineral berharga se-ekonomis mungkin.

Prospek Kerja
Industri Pertambangan
Batubara : PT. Tambang Batubara Bukit Asam, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Arutmin Indonesia, PT. Adaro, PT. Berau Coal, PT. Tanito Harum, PT. Allied Indo Coal, BHP, dll.
Tembaga/Emas : PT. Aneka Tambang, PT. Freeport Indonesia, PT. Kelian Equatorial Mining, PT. Rio Tinto Indonesia, PT. Newmont Minahasa, PT. Newmont Nusa Tenggara.
Nikel : PT. Aneka Tambang (Pomalaa), PT. INCO, dll.
Timah : PT. Tambang Timah, PT. Koba Tin, dll.
Pasir Besi : PT. Aneka Tambang (Cilacap), dll.
Mineral Industri : Perusahaan-perusahaan yang meng-usahakan komoditas: kaolin, fosfat, granit, marmer, gipsum, lempung, feldspar, bentonit, kuarsa, batu kapur, zeolit, trass, barit, batu andesit, sirtu, pasir, belerang.
Industri Lain
Kontraktor/Alat Berat : PT. United Tractor, PT. Pamapersada Nusantara, PT. Trakindo Utama, PT. Cipta Kridatama, dll.
Semen : PT. Semen Cibinong, PT. Semen Gresik, PT. Indocement, PT. Semen Padang, dll.
Pertamina
Perusahaan Pembangkit Listrik
Jasa Umum/Konsultan
Perbankan, Bursa Efek
Konsultan Pertambangan
Pemerintahan
Birokrat
Pengajar, Peneliti (LIPI, BPPT, P3TM, Litbang Industri, d ll.)


2. TEKNIK PERMINYAKAN

Sumber gambar : http://www.asuransicerdas.com/wp-content/uploads/2009/12/Mining-Cable-300x300.jpg

Teman-teman tentu pernah membaca di koran bahwa cadangan minyak Indonesia akan habis dalam 20 tahun. Boleh percaya boleh tidak; seorang dosen Teknik Perminyakan (TM) era 70an pernah bilang bahwa cadangan minyak Indonesia tinggal +/- 9 milyar barrel dan seorang dosen TM era 90an - yang notabene adalah mahasiswa pada tahun 70an - juga menyatakan hal yang sama. Siapa diantara mereka yang keliru? Jawabannya: tidak ada. Dan data dari BP MIGAS pun menyatakan bahwa cadangan minyak berkisar pada angka tersebut. Hmm, padahal kan minyaknya tetap diambil dari perut bumi, kok bisa tetap jumlah cadangannya? Itu karena cadangan minyak dapat berubah sesuai dengan ditemukannya cadangan baru. Teman-teman tentu sudah pernah mendengar di SMA bahwa minyak bumi itu terbentuk dari jasad hewan-hewan renik yang terendapkan selama ribuan tahun di bawah permukaan bumi, jadi selama ada mahluk hidup yang mati dan jasadnya terendapkan maka akan terus-menerus terproses oleh mekanisme alam menjadi minyak bumi. Bisa dibilang minyak bumi merupakan energi yang terbarukan (renewable energy), akan tetapi karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang lama, jadilah ia sering digolongkan energi tak terbarukan (non renewable energy).
Kuliah di TM, teman-teman tidak akan hanya belajar mengenai minyak melulu, tapi juga akan belajar mengenai gas bumi, dan panas bumi (ketiga sumber daya alam ini biasanya dikenal dengan sebutan Hidrokarbon, mengingat bahwa komponen penyusunnya didominasi oleh unsur hidrogen dan karbon). Untuk ketiga bidang diatas, secara garis besar akan dipelajari berbagai aspek mulai dari reservoir, pengeboran, produksi, fasilitas permukaan sampai pada manajemen & keekonomian pengelolaan suatu lapangan minyak. Mungkin istilah diatas masih terdengar asing oleh sebagian teman-teman, mari kita bahas secara singkat satu-persatu.
Reservoir , merupakan tempat hidrokarbon berada di bawah permukaan bumi. Jangan dibayangkan bahwa ada semacam danau atau empang dibawah sana. Hidrokarbon dibawah sana terperangkap dalam pori batuan dan menempel pada permukaan batuan, dan dikelilingi oleh jenis batuan lainya yang kedap, sehingga sangat jarang ada hidrokarbon yang bisa keluar sendiri ke permukaan. Pengeboran merupakan kegiatan untuk membuat lubang dari permukaan sampai pada kedalaman tertentu dimana batuan sumber hidrokarbon itu berada. Produksi merupakan kegiatan mengalirkan hidrokarbon dari reservoir sampai pada permukaan. Setelah hidrokarbon sampai di permukaan, hidrokarbon ini akan segera dialirkan ke fasilitas permukaan, diantaranya adalah separator yang akan memisahkan antara minyak, air, dan gas (minyak yg diproduksi dapat memiliki kandungan air dan gas didalamnya), baru setelah itu masuk kedalam tangki penampungan utama sebelum dibawa ke tempat penyulingan (kilang). Ekonomi & Manajemen meliputi analisis pengelolaan suatu lapangan minyak secara menyeluruh.
Belajar di TM sangat menyenangkan dan menantang! karena kegiatan eksplorasi (mencari) & eksploitasi (mengambil) hidrokarbon sendiri meliputi berbagai bidang ilmu, maka diwajibkan mengambil kuliah dari program studi Teknik Geologi (GL), Teknik Geofisika (TG), Teknik Elektro (EL), Matematika (MA), Fisika (FI), Kimia (KI) dan Teknik Informatika (IF). Bahkan, karena nantinya kita berkerja di tengah masyarakat (biasanya sumber hidrokarbon berada di daerah terpencil) ada baiknya teman-teman juga mengambil kuliah dari jurusan Sosioteknologi (SOSTEK) seperti Psikologi Sosial, Teknik Semiotika, Komunikasi, Antropologi, yang dapat dijadikan bekal awal untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar.
Jumlah cadangan minyak di Indonesia bisa dibilang dapat meningkat dalam waktu ke depan ini. Hal ini disebabkan karena baru +/- 30% saja cekungan minyak bumi (lapisan batuan yang memiliki kemungkinan mengandung minyak bumi setelah dilakukan studi geologi sebelumnya) di Indonesia yang di eksplotasi . Jadi masih banyak yang belum dieksplotasi karena faktor teknologi, biasanya terletak di lepas pantai, faktor kajian nilai ekonomi yang belum dilakukan, dan faktor regulasi dari pemerintah (bagi hasil pusat-daerah, insentif pajak, prosentase produksi as untuk kebutuhan domestik).

Prospek Kerja
Perusahaan Minyak Nasional / Asing; Pertamina, Medco, CNOOC SES, Exxon, Chevron, Total E&P, BP. Sebagian besar alumni TM berkiprah di jalur ini.
Bidang Pemerintahan, seperti di BP MIGAS, departemen ESDM (Energi Sumber Daya Mineral).
Perbankan / Asuransi. Tenaga perminyakan dibutuhkan biasanya sebagai analis resiko terhadap kredit / klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas (underwriter).
Bidang Akademis. Bagi teman-teman yang berminat dapat mengajukan beasiswa baik kepada TM ataupun Universitas asing untuk melanjutkan kuliah di dalam / luar negri, untuk kemudian menjadi peneliti / dosen.
Entrepreneur. Tidak jarang alumni TM yang memulai usaha sendiri di bidang migas setelah memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain disamping juga bidang-bidang lain seperti bidang pendidikan, food & beverage.



3. TEKNIK GEOFISIKA


Teknik Geofisika adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamik bumi, lalu bagaimana melakukan pengukuran dan melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam tersebut. Pada Teknik Geofisika dikembangkan teknologi untuk pemanfaatan sumberdaya bumi dan lingkungan alam, selain itu teman-teman akan belajar pula tentang mitigasi bencana kebumian.
Pada program studi Teknik Geofisika terdapat empat kelompok besar studi yaitu eksplorasi sumberdaya bumi; reservoar; imaging dan pengolahan data; dan teknik dan lingkungan.
Berbagai hal yag menarik kerapkali terjadi pada bagian bumi tanpa kita sadari. Contohnya saja, lempengan-lempengan pembentuk bumi ini ternyata tidak statis, tapi bergerak dan melakukan pergeseran secara pelan-pelan. Kita memang tidak menyadarinya karena pergeserannya yang sangat tidak kentara, tapi setiap tahun ternyata ada perubahan posisinya. Lalu kenapa ada daerah di bumi yang dinyatakan rawan gempa dan kenapa ada yang tidak. Bagaimana persebaran titik-titik rawan gempa tersebut. Nah, pada program studi Teknik Geofisika inilah teman-teman akan mempelajari hal tersebut.
Selain belajar teoretis di dalam ruangan, teman-teman juga akan menghabiskan waktu di laboratorium. Ilmu-ilmu yang dipelajari pada prinsipnya adalah segala sesuatu yang menyangkut bumi dan bagian-bagian padatnya. Pada proses perkuliahannya teman-teman juga akan akrab dengan beberapa perangkat lunak yang akan membantu teman-teman dalam memodelkan gejala-gejala yang terjadi di bumi.
Saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, patahnya lempengan kerak bumi seorang sarjana Teknik Geofisika adalah orang yang paling dicari, karena dengan keilmuannya seorang sarjana Teknik Geofisika akan mampu menentukan bagaimana mitigasi dari bencana alam tersebut. Yang dimaksud dengan mitigasi adalah pencegahan dan usaha meminimalisir dampak-dampak negatif bencana alam tersebut. Karena sebagai manusia kita tidak mampu menolak terjadinya, namun kita mampu mengusahakan sarana-sarana pendukung untuk meminimalisir dampaknya saja.

Prospek Kerja
Seorang sarjana Teknik Teknik Geofisika memiliki prospek kerja yang sangat luas di dalam maupun di luar negeri, antara lain:
Instansi pemerintah :
LIPI (Pusat Penelitian Geoteknologi, Pusat Penelitian Fisika Terapan)
BPPT
BMG (Badan Meteorologi dan Teknik Geofisika)
Lemigas (Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi)
Pertamina
Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (Direktorat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi)
Departemen Pekerjaan Umum
Aneka Tambang
Swasta : Bidang eksplorasi, eksploitasi, akuisisi data, pemrosesan data Teknik Geofisika, konsultan, dsb. misalnya di beberapa perusahaan seperti :
Caltex Pacific Indonesia
Elnusa Geosains
Medco Energy
UNOCAL
British Petroleum
Freeport
Geoservices

4. TEKNIK METALURGI

Program Studi Teknik Metalurgi resmi dibuka di ITB pada bulan Juni 2006. Pada proses perkuliahannya di program studi Teknik Metalurgi, teman-teman nantinya akan belajar mengenai berbagai hal yang menarik. Sehingga setelah lulus dari program studi ini, teman-teman akan memiliki pengetahuan tentang:
Memisahkan mineral berharga dari mineral pengotornya di dalam bijih hasil penambangan agar siap untuk diekstraksi secara teknis dan ekonomis. Termasuk dalam proses tersebut misalnya pencucian batubara, pengambilan logam berharga dan memurnikannya menjadi logam murni, misalnya emas, perak, timah, tembaga, aluminium.
Memadukan logam dengan unsur lain membentuk paduan logam, misalnya baja, besi cor, paduan aluminium, kuningan, paduan nikel, superalloy.
P embentukan logam serta memperbaiki struktur mikro paduan logam melalui perlakuan panas untuk mendapatkan sifat-sifat yang diperlukan dalam aplikasi.
Hubungan antara struktur mikro dengan sifat logam dan paduannya, misalnya pengaruh partikel karbida terhadap kekuatan dan ketahanan korosi baja,
Untuk memberikan bekal pengetahuan praktek di industri, maka selama masa perkuliahan, teman-teman akan diberi kesempatan paling sedikit dua kali untuk melakukan kunjungan ke industri, yaitu yang pertama setelah menyelesaikan kuliah pada tahun ke dua, yang disebut sebagai program Kuliah Kerja, dan pada akhir tahun ketiga yaitu melalui program Kerja Praktek.
Dalam program Kuliah Kerja teman-teman hanya akan berkesempatan mengenal kegiatan di industri dalam waktu relatif singkat, yaitu hanya dalam waktu dua hari saja. Sedangkan dalam kegiatan Kerja Praktek mahasiswa diharapkan dapat mengenal lebih jauh pekerjaan nyata di industri dengan terlibat langsung dalam aktivitas di industri selama kurang lebih satu setengah bulan. Selama mengikuti beberapa mata kuliah, teman-teman juga akan mendapat kesempatan melakukan kunjungan (ekskursi) ke industri tertentu yang spesifik berkaitan dengan mata kuliah yang diajarkan. Sebagai contoh, ekskursi ke industri pengecoran logam untuk mata kuliah pengecoran logam dan kunjungan ke industri semen misalnya untuk mata kuliah pemanfaatan mineral industri.
Untuk menambah pembekalan bagi teman-teman mengenai kegiatan di industri atau perusahaan dan wawasan kewirausahaan serta kepribadian atau soft skill, teman-teman juga akan mendapat kuliah tamu terprogram dari industri atau perusahaan sekali dalam dua minggu. Dalam kuliah tamu ini materi yang diberikan tidak hanya yang berkaitan dengan operasi keteknikan dan proses di industri, namun juga misalnya mengenai manajemen, etos kerja, organisasi, pengelolaan aset, keekonomian, bisnis, pemasaran, keselamatan kerja, pengelolaan lingkungan, dll.

Prospek Kerja
Alumni metalurgi telah bekerja di berbagai lapangan pekerjaan seperti di industri pertambangan, industri baja, industri logam, manufaktur, industri minyak dan gas, perusahaan jasa konsultan, pemasaran, pemerintahan, lembaga penelitian, dan perguruan tinggi. Secara lebih spesifik lulusan metalurgi telah meniti karir di berbagai lapangan pekerjaan seperti berikut ini:
Industri pertambangan yang memiliki fasilitas pengolahan bijih, pencucian batubara dan pengolahan bahan galian industri, seperti misalnya di PT. Freeport, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Newmont Nusa Tenggara, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Berau Coal, industri semen, pengolahan mineral industri bahan keramik dan bahan refraktori.
Industri ekstraksi dan peleburan logam seperti PT. INCO, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Smelting, PT. Inalum, industri pengolahan emas-perak (Logam Mulia).
Industri baja, seperti PT. Krakatau Steel dan industri baja lainnya.
Industri logam non-baja, seperti industri aluminium (PT. Alumindo, dll), perunggu, kuningan.
Industri manufaktur, seperti industri pipa baja/PT. KHI, industri pengecoran logam (PT. Pindad, dll), industri otomotif, pesawat terbang (PTDI).
Industri perminyakan dan gas (Pertamina, dll).
Perdagangan dan pemasaran bahan logam dan paduan logam, serta bahan keramik.
Lembaga penelitian, seperti Tekmira, BATAN dan Litbang Metalurgi LIPI.
Dosen di berbagai perguruan tinggi, seperti di program studi Teknik Metalurgi, Universitas Indonesia dan Universitas Tirtayasa.

Sumber : Aku Masuk ITB

57 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    thanks infonya

  1. yany eka maharani mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Hasil itu bergantung pada usaha kita, kalau kita yakin kita sudah usaha, tidak ada salahnya kalau dicoba.

  1. yany eka maharani mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    biaya makan, 5000an tiap makan, kos 150-700ribuan, kalau ikut bidik misi sianjurkan IPnya diatas 2,75. kalau IPnya jatuh, akan dibantu oleh ITB, sebenarnya IP itu tergantung usaha kita sendiri, jatuh itu biasanya anaknya males atau ga bisa adaptasi dengan baik........

  1. yany eka maharani mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    1. Jalur masuk Bidik misi itu gampang kok, jika kamu ga diterima bidik misi sebelum masuk kamu bisa ngelamar lagi pas sudah keterima di itb, ITB DARI TAHUN KE TAHUN SELALU KEKURANGAN MAHASISWA KURANG MAMPU, sehingga byk anak yang sebenernya 'agak' mampu malah dpt bidik misi. Orang kurang mampunya sudah minder duluan dengan kata itb soalnya, saya juga penerima BIDIK MISI, krn saya memang ga mampu utk membayar biaya kuliah.
    2. kalau di ITB peraturan hrs tinggal di asrama kurang begitu ketat, shg ada beberapa anak yang ngekos
    3. tergantung, kalau asrama rata2 250rb kalau ngekos 150-700rb-an....

  1. yany eka maharani mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Aku sih ga nesu, ku kapitalin tuh biar menekankan, krn kenyataan yang terjadi memang seperti itu di itbnya..... kasian anak2 yang ga mampu....

  1. yany eka maharani mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. riza fadhilah mengatakan...:

    Mas e alumni man 3 ya ? ..di fttm ? ..

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    alumni man 3 di jurusan bioengineering

  1. citra kusuma mengatakan...:

    kak di FTTM prosentase mahasiswa cewek kira-kira berapa persen ?? 1 banding berapa???trus kira2 prospek kerjanya ada perbedaan gender ndak ? makasih :)

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    setauku sekitar 30an pertahunnya..... setiap tahun semakin bertambah, kalau masalah gender mungkin aja sih, tp itu ga usah terlalu dipikirin....

  1. Anonim mengatakan...:

    Nanti klo udh kerja dri lulusan fttm apakah susah utk jarang ke rumah? Kayak seperti 2 minggu di laut, 2 minggu di rumah,dst

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    tergantung kerjaanya apa, kalau dr pengalaman bapaknya temen sih semakin tinggi pangkatnya di perusahaan semakin enak, kalau masih baru lulusan harus kerja keras dulu...

  1. Anonim mengatakan...:

    kalo kita yang lulusan SMK ada gk ya kesempatan sekolah masuk FTTM ITB :(

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Bisa kok, lewat sbmptn :D

  1. Anonim mengatakan...:

    tp di usm.itb tertera yg bisa masuk FTTM hanya dari SMA IPA aja.. bener g tuh? :(

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    SNMPTN Undangan tuh....

  1. Anonim mengatakan...:

    alhamdulillah.. :D
    berarti masih ada kesempatan..
    maksih kak buat infonya.. bermanfaat beud

  1. nag mengatakan...:

    bismillah FTTM ITB ...

  1. nurul mengatakan...:

    Ka biasanya kalo mau masuk fttm mata pelajaran apa sih yang Paling sering dilihat? Trus kalo nilainya standar gimana?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    ga ada yang tau, nilai juga ga ada yg tau

  1. Anonim mengatakan...:

    klo geofisika mau kerja praktek (kp) geolistrik kira2 bagusnya di perusahaan mana yah ??

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Wah, saya kurang tahu. Silahkan konsultasi sama dosen aja....

  1. Anonim mengatakan...:

    kak kalau pengen masuk fttm lebih baik memperdalam mata pelajaran apa ya supaya kalo udah masuk /amin ga terlalu kaget gitu hehe

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Kalau masalah perkuliahan, kebanyakan beda sama SMA.... teksbooknya beragam... kaget itu kewajiban yang harus diterima anak itb hehehe

  1. Nuril Fikri mengatakan...:

    Wah wah blognya membantu sekali, semoga yang biki blog dapet balesannya berbagi ilmu :)
    tolong fakultas yang lain dishare juga dong gan, terima kasih

  1. Anonim mengatakan...:

    kak kalo masuk jrusan tehnik prtmbngan itu pelajaran apa yg paling menonjol dalam proses studinya

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    @Nuril Silahkan dilihat di daftar isi, disana udah semua fakultas
    @anonim Kalau anak teknik sih menyeluruh, soalnya ilmu satu sama ilmu yg lainnya itu nyambung beda kalau masuk FMIPA yg jelas2 dah spesifik. Yang penting logikanya harus bagus dan kreatif aja..

  1. Anonim mengatakan...:

    ka kalo teknik kimia itu termasuk prodi nya FTTM bukan?

  1. Anonim mengatakan...:

    Mas Mau nanya ,kalau dari Jurusan IPS bisa gak masuk FTTM ?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Lebih baik kalau masuk fakultas yang berbasis IPS, biar ke depannya ga keteteran di itb nya...

  1. Anonim mengatakan...:

    kak, aku udah belajar dasar ilmu kebumian di sekolah, aku masih bingung mau ambil prodi yang mana. menurut kakak yang pas apa ya?

  1. Anonim mengatakan...:

    mau tanya mas biasanya FTTM nyediain kuota berapa ya untuk mahasiswa baru? makasih

  1. Yonatan Vernandito mengatakan...:

    Biasanya kalo tes wawancara, itu meliputi apa aja yang yang ditanyakan? Terimakasih. :-)

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Anonim : ikuti passion kamu aja, karena kuliah tidak sekedar kita mampunya di apa, tp kita passionnya dimana. Kuliah ga semudah saat SMA. Maka butuh berkali lipat semangat.
    Anonim : Coba uprek2 blog ini. Saya udah ngepos kuota mahasiswa FTTM.
    Yonatan : wah, emang ada ya?

  1. Anonim mengatakan...:

    makasih buat sarannya kak :)

  1. Siti Mutammimah mengatakan...:

    kak mau tanya, kalo kita punya sertifikat juara di luar bidang prodi yang kita pilih menurut kakak pengaruh ga, sama seleksi masuknya?

  1. Muhammad Ilham Ramadhan mengatakan...:

    kalo dari sma name dibawah 2,75 masih bisa gak ya kak?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Siti : Bisa ngaruh, misal sertifikat lomba non akademik, itu sepertinya memberi nilai tambah. Tapi kalau misal pengen masuk FTTM tapi sertifikat biologi kan ga nyambung.... kalau non akademik, itb pasti nyarilah, ga mungkin hanya yg berprestasi akademik saja....
    Ilham : Name?

  1. White Clouds mengatakan...:

    kak, buat tahun 2014 ini kost di sekitar ITB. mulai berapaan perbulan/pertahun? biaya hidup nya juga. minat ini ke ITB, tapi kabarnya bandung biaya hidupnya gede banget ?

  1. sutarjo mengatakan...:

    Kak mw tnya ni..berapa sh biaya kuliah persemester untuk jurusan teknik pertambangan?

  1. Anonim mengatakan...:

    Iya, biaya hidup perbulan ∂ï bandung kira2 berapa ya..dan biaya kos juga..

  1. Anonim mengatakan...:

    Biaya hidup ∂ï bandung,sampai berapa ya..dan biaya kos nya

  1. Anonim mengatakan...:

    Cepat dibalas donggg..

  1. Eksan Yuliyanto mengatakan...:

    bang admin izin jawab,
    karna sekarang sistem UKT, per semesternya 10 juta untuk semua prodi kecuali SBM, tapi bisa mengajukan keringanan kok, mulai dari 0 - 10 juta, dn banyak beasiswa, tenang aja lah, saya sendiri 0 rupiah persemester.
    Biaya hidup tergantung orangnya, mau hemat atau mau boros, untuk paket hemat, cukup dg 500-600 rb per bulan untuk makan, kalau kos jg bermacam rupa tergantung fasilitasnya, standar cukup sekitar 400-500 per bulan atau 3-5 juta per tahun.... (harga tidak mengikat, yg deket-deket kampus emang agak mahal)

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    ada juga yang mulai 150 rb an, pinter2 nyari aja... biasanya pembayarannya per taun kalau murah2 gini

  1. Elbawed mengatakan...:

    bang kalo kos di bandung yg harganya <300rb per buannya paling deket itb emang di daerah mana?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    taman hewan dan cisitu, itu setauku

  1. Anonim mengatakan...:

    Kak kalau fttm masuknya sains a atau sains b?

  1. Mutasab Arung mengatakan...:

    gan kalau di ITB pelajaran fisika, mtk,kimia nya susah" gak???

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Anonim : sains A atau B? maksudnya, baru denger

    Mutasab : susah tp kalau udah keterima ITB mah udah teruji berarti.... coba aja

Poskan Komentar