Waspada akan bahaya miras dan minol bagi remaja

Label: , , ,


Jika kita mencari di internet, banyak sekali definisi dari minuman keras namun pada intinya adalah minuman yang mengandung alkohol dan apabila mengkonsumsi pada jumlah tertentu akan membuat peminumnya mengalami mabuk. Sedangkan makna dari kata mabuk yaitu kondisi di saat orang kehilangan kesadaran dan dalam keadaan tersebut tidak sadar dengan apa yang dilakukan orang yang mabuk tersebut. Inilah yang sebenarnya menjadi salah satu masalah yang ditimbulkan akibat meminum minuman keras. Banyak yang sebelumnya tidak berani membunuh, setelah minum alkohol dan secara tidak sadar menjadi berani membunuh orang di sekitarnya. Hal tersebut dapat menimbulkan hilangnya ketertiban dan ketentraman di masyarakat.

Contoh minuman beralkohol


Salah satu alasan mengapa banyak pemuda yang terjatuh ke dalam jurang minuman keras karena mereka mencari sebuah kesenangan untuk menghilangkan beban hidup mereka secara instan. Mereka berharap setelah meminum minuman keras dapat menghilangkan semua masalah dan beban hidup mereka, namun dalam kenyataannya hilangnya masalah hanya sesaat dan malah semakin menciptakan masalah lain yang akan semakin memburuk kesehatan jiwa maupun raga dalam jangka panjang. Sehingga salah satu cara yang bisa dilakukan agar mengurangi jumlah peminum minuman keras yaitu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tidak hanya tentang bahaya meminum minuman keras namun juga dengan memberikan edukasi bagaimana cara mengontrol emosi maupun edukasi bagaimana cara mencari solusi atas permasalahan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat yang semakin hari semakin banyak akibat tuntutan ekonomi.

Selain itu, banyaknya pemuda yang terjatuh dalam jurang minuman keras diakibatkan banyak masuknya budaya asing yang tidak sesuai budaya Indonesia melalui media pertelevisian maupun dunia maya. Budaya ini sebenarnya tidak begitu frontal mengkampanyekan meminum minuman keras namun secara perlahan menyuruh alam bawah sadar penonton ataupun pemirsanya agar menganggap meminum minuman keras terlihat keren. Karena tidak terlalu frontal, budaya ini sering lolos dari pengawasan kita maupun institusi terkait yang bertugas memfilter budaya asing yang masuk ke indonesia seperti Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada bidang pertelevisian.

Ketika masalah minuman keras semakin marak di masyarakat, peran masyarakat menjadi begitu penting dalam membatasi maraknya wabah minum-minuman keras ini. Salah satunya orang tua, merka mempunyai peranan cukup vital dalam permasalahan ini. Merekalah yang mendidik anak-anak mereka hingga menjadi seorang pemuda. Orang tua bisa menciptakan lingkungan yang baik bagi putra-putrinya agar tidak mendekati minuman keras dengan memantau putra-putinya agar tidak terjerumus ke dalamnya.

Arung jeram, salah satu kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk menjauhkan dari minum-minuman beralkohol.

Selain orang tua, kita sebagai pemuda juga bisa berperan agar jumlah peminum minuman keras di kalangan pemuda bisa turun yakni dengan membentengi teman-teman dekat kita agar tidak mendekati ke dunia minuman keras. Selain itu kita bisa mengajak teman-teman kita untuk melakukan kegiatan positif di sekolah maupun di universitas agar kesempatan untuk melakukan kontak dengan perbuatan negatif seperti meminum minuman keras berkurang. Begitu juga tokoh agama, mereka juga dapat berperan dalam memberikan pencerahan kepada pemuda dengan memberi materi kepada para pemuda tentang bahaya miras secara perlahan-lahan dan tidak frontal. Materi keagamaan yang mereka bawa dibungkus sekreatif mungkin agar masuk dengan nyaman ke otak pemuda jaman sekarang yang sudah terbawa derasnya arus informasi yang masuk ke otaknya.

Hingga sekarang, peran pemerintah dalam penanganan masalah minuman keras di Indonesia ini cukup bagus. Banyak undang-undang yang sudah mengatur tentang miras dan penegak hukum yang aktif mengadakan razia miras di daerah-daerah. Harapannya pemerintah mampu mempertahankan prestasi yang telah dicapai selama ini dalam penanganan miras ini. Harapan lainnya, agar pemerintah meningkatkan pendidikan moral untuk pemuda yang salah satunya berupa penambahan jam/sks materi keagamaan di sekolah ataupun universitas. Dengan semakin kuatnya agama, kemungkinan pemuda untuk terjebak ke dalam dunia miras akan menurun. Selain itu, pemerintah juga diharapkan agar membuat suatu badan atau instansi yang bertugas untuk memfasilitasi para pengguna miras yang ingin keluar dari lingkaran setan miras agar tidak kembali ke dunia miras lagi. Pemerintah juga diharapkan agar lebih ketat dalam menyeleksi film-film lokal maupun asing yang mengandung unsur miras ataupun film yang terdapat adegan meminum minuman berakohol.

Namun pada intinya, masalah miras ini merupakan tugas kita bersama. Kita dapat menekan jumlah peminum miras mulai dari diri kita dengan membentengi sekuat mungkin agar kita tidak turut terjerumus ke dalam dunia miras tersebut. Indonesia bisa tanpa miras!

1 komentar:

  1. fahira fahmi idris mengatakan...:

    Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl : Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08'00-17'00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras - bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

Poskan Komentar