Dasar Wong Jawa!

Label: , ,



Ada hal yang menarik selama kuliah di Bandung, mengingat saya adalah orang jawa yang merantau untuk mencari ilmu. Entah kenapa kalau ketemu sesama orang jawa disini selalu enak kalau ngobrol pake bahasa Jawa. Aku aja yang ingin bisa bahasa Sunda ga kesampaian gara-gara hampir tiap waktu selalu ngomong Jawa.

Walaupun terkadang juga saling tukan 'vocab' jawa yang beda-beda tiap wilayah di jawa timur maupun jawa tengah, selalu aja hal itu enak untuk dibahas. Sampe karena saking seringnya ngobrol pake bahasa jawa membuat temen-temen yang dari sunda sok-sok pake bahasa jawa dari negeri antah berantah :D.

Setelah pergi ke jatinangor bukannya intensitas bahasa jawanya turun malah intensitasnya naik. Lha wong gimana lagi, 2 warung yang sering jadi 'jujugan' beli makanan semuanya yang jualan orang jawa. Apalagi ada 1 warung yang jaga ibu-ibu suka ngobrol sama saya dengan bahasa jawa khas Tegal. Kayak ngobrol dengan Ibu sendiri. Ibunya sepertinya senang banget kalau ngobrol pake bahasa jawa dengan saya. Sudah bisa ditebak, bahasa jawanya tetep tapi bahasa sundanya ga ada kemajuan sama sekali. Dasar Wong Jowo!

0 komentar:

Poskan Komentar