Rekayasa Jawaban hingga bertemu dengan Presenter Liputan 6 SCTV

Label: , , , ,

Alhamdulillah, mulai dari seleksi yang penuh 'rekayasa' seperti 3 tahun yang lalu saat USM ITB saat berusaha menaklukkan  soal macam ginian,
yang triksnya masih dirahasiakan :D. Sudah 2 kali dalam seumur hidup ngerjain kertas koran ginian dan keduanya memeng hal yang cukup membosankan tapi berbuah manis semua Alhamdulillah. Entah mengapa dulu pernah kepikiran menggunakan trik super aneh ini dan kini pun nerapin lagi. Pengen ketawa sendiri saat yang lain otaknya panas, tapi otakku dingin, hehe. Sempat celingukan-celingukan lihat samping-samping apa mereka sudah membalik kertas atau belum atau bahkan meminta kertas tambahan.

Setelah keterima, ada pelatihan selama 3 hari di gedung CC Timur Kampus Ganesha. Dan yang paling spesial yaitu Salah satu pembicaranya adalah Presenter Liputan 6 SCTV. Ah, siapa yang ga seneng coba. Selama pelatihan kayak lagi liat TV aja, hehe. Beliau adalah Mochamad Achir yang merupakan lulusan S1 UNPAD dan ITB, doble degree atau entahlah namanya.

Sama beliau, dalam pelatihan itu diajari bagaimana menjadi pembicara di depan umum yang baik. Mulai dari pelafalan kata, mencari suara terendah agar terdengar berwibawa, terus tips trik yang lainnya. Banyak banget lah yang diberikan, super sekali pokoknya. Dan pas hari juga seperti sedang latihan olah vocal paduan suara.
Dan aku berkesempatan membaca teks presenter berita di depan temen-teman yang lain. Untuk banget yang teks Indonesia, ya kali kalau disuruh baca bahasa Inggris. Jurus Nyari aman berhasil. Maju aja gugup, gimana juga kalau bahasa inggrisnya belepotan.
Serulah pokoknya pelatihan selama 3 hari itu, semoga aja tambah lancar ngomong di depan publik. Tapi juga ada info yang cukup buruk juga yakni gedung Teknik Industri ITB kebakaran, katanya sih akibat salah satu bagian AC yang mudah panas itu menimbulkan percikan api. Dan hasilnya seluruh lantai 2 gedung itu ludes semua dan bersisa beberapa ruangan saja.

Semoga bisa cepet dibetulin yak gedungnya. Semangat!!!!


4 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    soal apaan tuh bang yang di atas?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Soal tes psikotes....

  1. Raeni Putri mengatakan...:

    itu ditambah2in dari atas ke bawah ya kak?

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Iya, gedena sekoran... Tiap tes psikotes ITB kemungkinan dapet ini....

Poskan Komentar