Hemat air walau setetes untuk kebaikan generasi mendatang

Label: , ,


          Akhir-akhir ini banyak fenomena terjadi kebanjiran dimana-mana. Mulai dari sungai yang meluap hingga drainase yang kurang baik. Di sisi lain, ada beberapa wilayah yang daerahnya jarang atau bahkan terguyur hujan hingga terjadi kekeringan. Akibat kekeringan ini banyak lahan pertanian yang subur menjadi gagal panen dan yang lebih parah yaitu kelangsungan hidup manusia bisa terganggu seperti kekurangan air bersih untuk keperluan sehari-hari.
          Di media-media elektronik maupun media cetak, hal ini menjadi topik yang paling sering dibahas. Dalam sebuah surat kabar elektronik Padang Ekspress (3 Desember 2012), sebanyak 300 pelanggan air di PDAM Bukittinggi tidak mendapatkan pasokan air bersih dalam beberapa hari ke depan. Hal ini akibat putusnya pipa induk PDAM tersebut di daerah Surau Gadang, kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Putusnya pipa dikarenakan terkena alat sebuah berat kontraktor.
          Sedangkan dalam media elektronik okezone.com (8 November 2012), di Bandara Soekarno-Hatta pernah terjadi krisis air bersih di toilet bandara pada awal bulan November yang meresahkan pengguna jasa penerbangan Bandara Soekarno-Hatta.
          Lain halnya di Kota Ternate, menurut aktual.co yang diterbitkan pada tanggal 2 desember 2012 bahwa disana telah bertahun-tahun terjadi kekurangan air bersih karena hampir seluruh warganya hanya memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air mereka sehari-hari.
          Berita-berita tadi memperlihatkan betapa pentingnya setiap tetes air bersih bagi keberlanjutan hidup manusia. Apalagi dengan air bersih, tubuh kita akan sehat. Air merupakan kebutuhan pokok hidup kita karena tubuh kita sendiri sebagian besar tersusun oleh air. Lahan pertanian kita juga membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan pangan serta hewan-hewan ternak juga membutuhkan air. Oleh karena itu, kita harus menggunakan air sesuai kebutuhan kita. Jangan sampai kita menggunakan air secara berlebihan tanpa kita sadari orang di daerah lain banyak yang kekurangan pasokan air bersih.
          Berikut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di kehidupan sehari-hari kita untuk menghemat penggunaan air, yaitu :

LANGKAH 1: Mandi menggunakan shower, daripada gayung ataupun bathtub
          Mandi dengan gayung bisa menghabiskan sekitar 15 liter air, sementara dengan bathtub paling tidak bisa menghabiskan 100-300 liter air. Sedangkan mandi dengan menggunakan shower kita hanya akan menggunakan sekitar 10 liter air sekali mandi. Penggunaan shower saat mandi akan mengarahkan air lebih tepat sasaran ke arah tubuh kita dan tidak ada air yang terbuang percuma.

LANGKAH 2: Matikan kran ketika mencuci tangan, gosok gigi, bahkan berwudhu
          Saat kita mencuci tangan alangkah baiknya saat dijeda-jeda menggunakan kita mematikan kerannya terlebih dahulu agar air tidak terus memancar sedangkan kita sibuk membersihkan tangan, atau sedang menggosok gigi atau saat kita membasuh anggota wudhu.

LANGKAH 3:  Tampung air bekas cucian tanpa deterjen untuk menyiram tanaman
          Ini adalah langkah yang cukup efektif untuk menghemat penggunaan air. Kita dapat menghemat berliter-liter air setiap bulannya.

LANGKAH 4:  Pakai water purifier untuk menambah jumlah air bersih
          Kita dapat menggunakan water purifier untuk mendapatkan air bersih. Water purifier membantu memurnikan air secara efektif, membunuh mikroorganisme serta dapat membantu menghilangkan bahan-bahan kimia berbahaya untuk menghasilkan air bersih yang siap minum. Contoh dari water purifier yaitu Pure It.

LANGKAH 5:  Pakai deterjen seperlunya untuk mencuci
          Semakin banyak deterjen yang kita gunakan saat mencuci akan menyebabkan penggunaan air untuk membilas cucian meningkat. Karena semakin banyak deterjen yang dipakai, semakin banyak deterjen yang harus kita pisahkan dari baju kita sehingga dibutuhkan banyak air untuk membilasnya.

LANGKAH 6:  Siram tanaman di sore hari
          Jika menyiram saat pada pagi ataupun siang, matahari akan membuat air menguap lebih cepat akibat naiknya kecepatan evaporasi oleh penyinaran matahari. Sehingga lebih baik kita menyiram tanaman ataupun halaman di sore hari saat panas matahari sudah tidak terasa.

LANGKAH 7:  Banyak menanam pohon agar ketersediaan air bersih meningkat
          Pohon memiliki kemampuan untuk menyerap polutan-polutan yang terkandung dalam air kotor yang melalui akarnya. Dengan akarnya, pohon mampu menyaring air lebih dari sepuluh kali berat tubuhnya setiap hari. Sehingga menanam banyak pephonan akan meningkatkan jumlah air bersih di sekitar kita. Selain itu pohon mampu memperangkap air bersih yang ada di bawah akarnya sehingga air tidak langsung mengalir menuju ke laut.

LANGKAH 8:  Perbanyak bidang resapan di sekitar rumah
          Metode ini disebut biopori.  Tujuannya, air meresap ke dalam tanah daripada mengalir di permukaan. Dengan adanya biopori ini, air akan tersimpan ke tanah dan kemudian menjadi air permukaan yang bersih. Hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah air bersih di dalam tanah.

LANGKAH 9: Penggunaan mesin cuci saat penuh saja
          Penggunaan mesin cuci hanya saat cucian sudah penuh dapat menghemat penggunaan air. Hal ini dapat menghemat sekitar 60% penggunaan air.

LANGKAH 10: Lebih baik menggunakan sapu daripada mengepel saat membersihkan lantai
          Hal ini sangat efektif dalam penggunaan air karena penggunaa sapu sama sekali tidak membutuhkan air sedikitpun.

LANGKAH 11: Meminum kuah sup untuk keperluan air harian
          Dengan meminum kuah sup, kita tidak perlu banyak-banyak meminum air untuk memenuhi kuota minum air kita setiap harinya. Selain menghemat air, nutrisi-nutrisi yang ada pada kuah juga tidak akan terbuang dengan percuma kalau kita meminumnya.

LANGKAH 12: Manfaatkan sisa es batu yang tidak dipakai
          Saat kita menyisakan es batu sisa membuat minuman dingin, sebaiknya sisa es batu itu dibiarkan hingga cair dan hingga sama dengan temperatur ruangan kemudian disiramkan ke pot tanaman untuk menghemat dalam penyiraman.




          Demikianlah 12 langkah untuk menghemat penggunaan air bersih, semoga dengan tulisan ini mampu membuat kita lebih cermat dalam penggunaan air bersih. Masa depan generasi mendatang sangat ditentukan perbuatan kita saat ini.

Mari kita bersikap BIJAK dalam menggunakan air mulai sekarang.

Referensi berita:
Sumber Gambar : http://masmamad.blogspot.com

Lomba Blog Pure It-Blogdetik


4 komentar:

  1. Mila Mawaddah mengatakan...:

    langkahnya detail banget sampe ada hubungannya sama kuah sup dan es batu, ckck. bwt penulis: apa aksi nyata yg km lakukan untuk menghemat air bagi generasi mendatang? thx, salam hangat

  1. Ahmad Syamsu Rizal mengatakan...:

    Yang sudah saya lakukan poin 1, 2, 4, 5, 10,sama 11. Sedangkan yang lain tidak pernah melakukan karena memang tidak punya.

  1. eskampiun mengatakan...:

    tipsnya keren,..

  1. Lia mengatakan...:

    Wah terima kasih untuk tipsnya..

Poskan Komentar