Makromolekul

Label: , , ,

By Ahmad Syamsu Rizal
   Makromolekul (seperti protein, polisakarida, dan asam nukleat) adalah polimer, tersusun sejumlah banyak dari blok2 bangunan kecil yang disebut monomer.

   Kebanyakan polimer2 di dalam sel dibangun oleh reaksi kondensasi(reaksi kimia dimana grup OH dari satu monomer dan H dari yang lain di lepas dan 2 monomer bergabung dengan membentuk ikatan kovalen). Sebuah molekul air H2O terbentuk dari reaksi antara OH dan H yang dihasilkan dari reaksi tersebut. Sebuah protein pembawa membawa monomer ke polimer. Selanjutnya monomer ditambahkan pada ujung polimer dengan melepaskan molekul air disebut reaksi kondensasi. Selain itu, polimer memelihara polaritas dari monomer yg membentuknya. Masih ada grup H dan OH bebas pada kedua ujung polimer.

   Polimer juga dapat dipecah melalui proses hidrolisis yg sgt penting sebagai kebalikan reaksi kondensasi. Sebuah molekul air dimasukkan ke dalam ikatan kovalen diantara monomer2 yg berdekatan, dengan cara itu untuk memutuskan ikatan. Dan Sebuah enzim biasanya menengahi proses hidrolisis. Selain itu molekul air juga digunakan untuk memutuskan ikatan, sebuah grup OH  muncul pada ujung monomer dan sebuah H pada ujung polimer.

   Enzim khusus digunakan untuk menghidrolisis polimer dari ujung H. Tipe lain dari enzim2 mungkin menhidrolisis dari ujung lain dan kadang dari tengah.

Diringkas dari Cell and Molecular Biololgy (Gerald Karp 6E)

0 komentar:

Poskan Komentar