Senin, 27 Februari 2012

Pengenalan Jurusan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB dan prospek tiap jurusannya

1. TEKNIK PERTAMBANGAN

Sumber gambar : http://sergainews.com/photo/1314348194tambang-batubara.jpg

Sesuai dengan namanya Program Studi (prodi) Teknik Pertambangan akan mempelajari berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses penambangan terutama mineral berharga dan batubara. Untuk melakukan proses penambangan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti ilmu tentang mineral yang akan ditambang, misalnya sifat mineral yang akan ditambang itu seperti apa ? Kemudian kegunaannya untuk apa saja ? Bagaimana cara mengolahnya agar bisa dimanfaatkan oleh manusia?
Ketika kita akan menambang emas maka selain mengetahui hal-hal penting yang telah disebutkan diatas, perlu diketahui pula apakah proses penambangan yang akan dilakukan itu menguntungkan atau tidak. Maksudnya ? Sifat mineral, kegunaannya, cara menambangnya, juga cara mengolahnya agar bisa dipergunakan oleh manusia harus diperhitungkan sisi ekonominya. Oleh sebab itu, pada prodi Teknik Pertambangan, teman-teman juga akan mempelajari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan proses penambangan mineral.
Dalam proses penambangan, ada tiga hal utama yang dilakukan yaitu: eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan. Eksplorasi merupakan proses pencarian mineral berharga. Eksploitasi adalah proses penambangan mineral tersebut. Sedangkan pemrosesan adalah kegiatan memisahkan mineral berharga dari partikel-partikel lain yang menyatu dengan mineral tersebut.
Nah, disini teman-teman juga akan belajar banyak tentang mengeksploitasi mineral berharga. Apa sih yang disebut dengan mineral berharga ? Kenapa Teknik Pertambangan hanya menambang mineral berharga ? Bagaimana dengan minyak bumi ? Mineral berharga itu terdiri dari emas, perak, platina, dll. Mempelajari penambangan minyak bumi dan gas alam dilakukan oleh prodi lain yaitu Teknik Perminyakan. Sifat yang berbeda antara minyak bumi dan mineral berharga menyebabkan proses penambangannya pun berbeda.
Prodi Teknik Pertambangan akan membantu mahasiswanya untuk mengembangkan ilmu pertambangan dengan penyediaan fasilitas yang mendukung dan metode belajar yang bervariasi. Mahasiswa Teknik Pertambangan memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan ilmunya melalui Kerja Praktek dan atau Tugas Akhir. Keduanya bisa dilakukan di lokasi penambangan.
Pada intinya prodi Teknik Pertambangan akan mempelajari bagaimana cara mengambil mineral berharga se-ekonomis mungkin.

Prospek Kerja
Industri Pertambangan
Batubara : PT. Tambang Batubara Bukit Asam, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Arutmin Indonesia, PT. Adaro, PT. Berau Coal, PT. Tanito Harum, PT. Allied Indo Coal, BHP, dll.
Tembaga/Emas : PT. Aneka Tambang, PT. Freeport Indonesia, PT. Kelian Equatorial Mining, PT. Rio Tinto Indonesia, PT. Newmont Minahasa, PT. Newmont Nusa Tenggara.
Nikel : PT. Aneka Tambang (Pomalaa), PT. INCO, dll.
Timah : PT. Tambang Timah, PT. Koba Tin, dll.
Pasir Besi : PT. Aneka Tambang (Cilacap), dll.
Mineral Industri : Perusahaan-perusahaan yang meng-usahakan komoditas: kaolin, fosfat, granit, marmer, gipsum, lempung, feldspar, bentonit, kuarsa, batu kapur, zeolit, trass, barit, batu andesit, sirtu, pasir, belerang.
Industri Lain
Kontraktor/Alat Berat : PT. United Tractor, PT. Pamapersada Nusantara, PT. Trakindo Utama, PT. Cipta Kridatama, dll.
Semen : PT. Semen Cibinong, PT. Semen Gresik, PT. Indocement, PT. Semen Padang, dll.
Pertamina
Perusahaan Pembangkit Listrik
Jasa Umum/Konsultan
Perbankan, Bursa Efek
Konsultan Pertambangan
Pemerintahan
Birokrat
Pengajar, Peneliti (LIPI, BPPT, P3TM, Litbang Industri, d ll.)


2. TEKNIK PERMINYAKAN

Sumber gambar : http://www.asuransicerdas.com/wp-content/uploads/2009/12/Mining-Cable-300x300.jpg

Teman-teman tentu pernah membaca di koran bahwa cadangan minyak Indonesia akan habis dalam 20 tahun. Boleh percaya boleh tidak; seorang dosen Teknik Perminyakan (TM) era 70an pernah bilang bahwa cadangan minyak Indonesia tinggal +/- 9 milyar barrel dan seorang dosen TM era 90an - yang notabene adalah mahasiswa pada tahun 70an - juga menyatakan hal yang sama. Siapa diantara mereka yang keliru? Jawabannya: tidak ada. Dan data dari BP MIGAS pun menyatakan bahwa cadangan minyak berkisar pada angka tersebut. Hmm, padahal kan minyaknya tetap diambil dari perut bumi, kok bisa tetap jumlah cadangannya? Itu karena cadangan minyak dapat berubah sesuai dengan ditemukannya cadangan baru. Teman-teman tentu sudah pernah mendengar di SMA bahwa minyak bumi itu terbentuk dari jasad hewan-hewan renik yang terendapkan selama ribuan tahun di bawah permukaan bumi, jadi selama ada mahluk hidup yang mati dan jasadnya terendapkan maka akan terus-menerus terproses oleh mekanisme alam menjadi minyak bumi. Bisa dibilang minyak bumi merupakan energi yang terbarukan (renewable energy), akan tetapi karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang lama, jadilah ia sering digolongkan energi tak terbarukan (non renewable energy).
Kuliah di TM, teman-teman tidak akan hanya belajar mengenai minyak melulu, tapi juga akan belajar mengenai gas bumi, dan panas bumi (ketiga sumber daya alam ini biasanya dikenal dengan sebutan Hidrokarbon, mengingat bahwa komponen penyusunnya didominasi oleh unsur hidrogen dan karbon). Untuk ketiga bidang diatas, secara garis besar akan dipelajari berbagai aspek mulai dari reservoir, pengeboran, produksi, fasilitas permukaan sampai pada manajemen & keekonomian pengelolaan suatu lapangan minyak. Mungkin istilah diatas masih terdengar asing oleh sebagian teman-teman, mari kita bahas secara singkat satu-persatu.
Reservoir , merupakan tempat hidrokarbon berada di bawah permukaan bumi. Jangan dibayangkan bahwa ada semacam danau atau empang dibawah sana. Hidrokarbon dibawah sana terperangkap dalam pori batuan dan menempel pada permukaan batuan, dan dikelilingi oleh jenis batuan lainya yang kedap, sehingga sangat jarang ada hidrokarbon yang bisa keluar sendiri ke permukaan. Pengeboran merupakan kegiatan untuk membuat lubang dari permukaan sampai pada kedalaman tertentu dimana batuan sumber hidrokarbon itu berada. Produksi merupakan kegiatan mengalirkan hidrokarbon dari reservoir sampai pada permukaan. Setelah hidrokarbon sampai di permukaan, hidrokarbon ini akan segera dialirkan ke fasilitas permukaan, diantaranya adalah separator yang akan memisahkan antara minyak, air, dan gas (minyak yg diproduksi dapat memiliki kandungan air dan gas didalamnya), baru setelah itu masuk kedalam tangki penampungan utama sebelum dibawa ke tempat penyulingan (kilang). Ekonomi & Manajemen meliputi analisis pengelolaan suatu lapangan minyak secara menyeluruh.
Belajar di TM sangat menyenangkan dan menantang! karena kegiatan eksplorasi (mencari) & eksploitasi (mengambil) hidrokarbon sendiri meliputi berbagai bidang ilmu, maka diwajibkan mengambil kuliah dari program studi Teknik Geologi (GL), Teknik Geofisika (TG), Teknik Elektro (EL), Matematika (MA), Fisika (FI), Kimia (KI) dan Teknik Informatika (IF). Bahkan, karena nantinya kita berkerja di tengah masyarakat (biasanya sumber hidrokarbon berada di daerah terpencil) ada baiknya teman-teman juga mengambil kuliah dari jurusan Sosioteknologi (SOSTEK) seperti Psikologi Sosial, Teknik Semiotika, Komunikasi, Antropologi, yang dapat dijadikan bekal awal untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar.
Jumlah cadangan minyak di Indonesia bisa dibilang dapat meningkat dalam waktu ke depan ini. Hal ini disebabkan karena baru +/- 30% saja cekungan minyak bumi (lapisan batuan yang memiliki kemungkinan mengandung minyak bumi setelah dilakukan studi geologi sebelumnya) di Indonesia yang di eksplotasi . Jadi masih banyak yang belum dieksplotasi karena faktor teknologi, biasanya terletak di lepas pantai, faktor kajian nilai ekonomi yang belum dilakukan, dan faktor regulasi dari pemerintah (bagi hasil pusat-daerah, insentif pajak, prosentase produksi as untuk kebutuhan domestik).

Prospek Kerja
Perusahaan Minyak Nasional / Asing; Pertamina, Medco, CNOOC SES, Exxon, Chevron, Total E&P, BP. Sebagian besar alumni TM berkiprah di jalur ini.
Bidang Pemerintahan, seperti di BP MIGAS, departemen ESDM (Energi Sumber Daya Mineral).
Perbankan / Asuransi. Tenaga perminyakan dibutuhkan biasanya sebagai analis resiko terhadap kredit / klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas (underwriter).
Bidang Akademis. Bagi teman-teman yang berminat dapat mengajukan beasiswa baik kepada TM ataupun Universitas asing untuk melanjutkan kuliah di dalam / luar negri, untuk kemudian menjadi peneliti / dosen.
Entrepreneur. Tidak jarang alumni TM yang memulai usaha sendiri di bidang migas setelah memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain disamping juga bidang-bidang lain seperti bidang pendidikan, food & beverage.



3. TEKNIK GEOFISIKA


Teknik Geofisika adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamik bumi, lalu bagaimana melakukan pengukuran dan melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam tersebut. Pada Teknik Geofisika dikembangkan teknologi untuk pemanfaatan sumberdaya bumi dan lingkungan alam, selain itu teman-teman akan belajar pula tentang mitigasi bencana kebumian.
Pada program studi Teknik Geofisika terdapat empat kelompok besar studi yaitu eksplorasi sumberdaya bumi; reservoar; imaging dan pengolahan data; dan teknik dan lingkungan.
Berbagai hal yag menarik kerapkali terjadi pada bagian bumi tanpa kita sadari. Contohnya saja, lempengan-lempengan pembentuk bumi ini ternyata tidak statis, tapi bergerak dan melakukan pergeseran secara pelan-pelan. Kita memang tidak menyadarinya karena pergeserannya yang sangat tidak kentara, tapi setiap tahun ternyata ada perubahan posisinya. Lalu kenapa ada daerah di bumi yang dinyatakan rawan gempa dan kenapa ada yang tidak. Bagaimana persebaran titik-titik rawan gempa tersebut. Nah, pada program studi Teknik Geofisika inilah teman-teman akan mempelajari hal tersebut.
Selain belajar teoretis di dalam ruangan, teman-teman juga akan menghabiskan waktu di laboratorium. Ilmu-ilmu yang dipelajari pada prinsipnya adalah segala sesuatu yang menyangkut bumi dan bagian-bagian padatnya. Pada proses perkuliahannya teman-teman juga akan akrab dengan beberapa perangkat lunak yang akan membantu teman-teman dalam memodelkan gejala-gejala yang terjadi di bumi.
Saat terjadi bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, patahnya lempengan kerak bumi seorang sarjana Teknik Geofisika adalah orang yang paling dicari, karena dengan keilmuannya seorang sarjana Teknik Geofisika akan mampu menentukan bagaimana mitigasi dari bencana alam tersebut. Yang dimaksud dengan mitigasi adalah pencegahan dan usaha meminimalisir dampak-dampak negatif bencana alam tersebut. Karena sebagai manusia kita tidak mampu menolak terjadinya, namun kita mampu mengusahakan sarana-sarana pendukung untuk meminimalisir dampaknya saja.

Prospek Kerja
Seorang sarjana Teknik Teknik Geofisika memiliki prospek kerja yang sangat luas di dalam maupun di luar negeri, antara lain:
Instansi pemerintah :
LIPI (Pusat Penelitian Geoteknologi, Pusat Penelitian Fisika Terapan)
BPPT
BMG (Badan Meteorologi dan Teknik Geofisika)
Lemigas (Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi)
Pertamina
Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (Direktorat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi)
Departemen Pekerjaan Umum
Aneka Tambang
Swasta : Bidang eksplorasi, eksploitasi, akuisisi data, pemrosesan data Teknik Geofisika, konsultan, dsb. misalnya di beberapa perusahaan seperti :
Caltex Pacific Indonesia
Elnusa Geosains
Medco Energy
UNOCAL
British Petroleum
Freeport
Geoservices

4. TEKNIK METALURGI

Program Studi Teknik Metalurgi resmi dibuka di ITB pada bulan Juni 2006. Pada proses perkuliahannya di program studi Teknik Metalurgi, teman-teman nantinya akan belajar mengenai berbagai hal yang menarik. Sehingga setelah lulus dari program studi ini, teman-teman akan memiliki pengetahuan tentang:
Memisahkan mineral berharga dari mineral pengotornya di dalam bijih hasil penambangan agar siap untuk diekstraksi secara teknis dan ekonomis. Termasuk dalam proses tersebut misalnya pencucian batubara, pengambilan logam berharga dan memurnikannya menjadi logam murni, misalnya emas, perak, timah, tembaga, aluminium.
Memadukan logam dengan unsur lain membentuk paduan logam, misalnya baja, besi cor, paduan aluminium, kuningan, paduan nikel, superalloy.
P embentukan logam serta memperbaiki struktur mikro paduan logam melalui perlakuan panas untuk mendapatkan sifat-sifat yang diperlukan dalam aplikasi.
Hubungan antara struktur mikro dengan sifat logam dan paduannya, misalnya pengaruh partikel karbida terhadap kekuatan dan ketahanan korosi baja,
Untuk memberikan bekal pengetahuan praktek di industri, maka selama masa perkuliahan, teman-teman akan diberi kesempatan paling sedikit dua kali untuk melakukan kunjungan ke industri, yaitu yang pertama setelah menyelesaikan kuliah pada tahun ke dua, yang disebut sebagai program Kuliah Kerja, dan pada akhir tahun ketiga yaitu melalui program Kerja Praktek.
Dalam program Kuliah Kerja teman-teman hanya akan berkesempatan mengenal kegiatan di industri dalam waktu relatif singkat, yaitu hanya dalam waktu dua hari saja. Sedangkan dalam kegiatan Kerja Praktek mahasiswa diharapkan dapat mengenal lebih jauh pekerjaan nyata di industri dengan terlibat langsung dalam aktivitas di industri selama kurang lebih satu setengah bulan. Selama mengikuti beberapa mata kuliah, teman-teman juga akan mendapat kesempatan melakukan kunjungan (ekskursi) ke industri tertentu yang spesifik berkaitan dengan mata kuliah yang diajarkan. Sebagai contoh, ekskursi ke industri pengecoran logam untuk mata kuliah pengecoran logam dan kunjungan ke industri semen misalnya untuk mata kuliah pemanfaatan mineral industri.
Untuk menambah pembekalan bagi teman-teman mengenai kegiatan di industri atau perusahaan dan wawasan kewirausahaan serta kepribadian atau soft skill, teman-teman juga akan mendapat kuliah tamu terprogram dari industri atau perusahaan sekali dalam dua minggu. Dalam kuliah tamu ini materi yang diberikan tidak hanya yang berkaitan dengan operasi keteknikan dan proses di industri, namun juga misalnya mengenai manajemen, etos kerja, organisasi, pengelolaan aset, keekonomian, bisnis, pemasaran, keselamatan kerja, pengelolaan lingkungan, dll.

Prospek Kerja
Alumni metalurgi telah bekerja di berbagai lapangan pekerjaan seperti di industri pertambangan, industri baja, industri logam, manufaktur, industri minyak dan gas, perusahaan jasa konsultan, pemasaran, pemerintahan, lembaga penelitian, dan perguruan tinggi. Secara lebih spesifik lulusan metalurgi telah meniti karir di berbagai lapangan pekerjaan seperti berikut ini:
Industri pertambangan yang memiliki fasilitas pengolahan bijih, pencucian batubara dan pengolahan bahan galian industri, seperti misalnya di PT. Freeport, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Newmont Nusa Tenggara, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Berau Coal, industri semen, pengolahan mineral industri bahan keramik dan bahan refraktori.
Industri ekstraksi dan peleburan logam seperti PT. INCO, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Smelting, PT. Inalum, industri pengolahan emas-perak (Logam Mulia).
Industri baja, seperti PT. Krakatau Steel dan industri baja lainnya.
Industri logam non-baja, seperti industri aluminium (PT. Alumindo, dll), perunggu, kuningan.
Industri manufaktur, seperti industri pipa baja/PT. KHI, industri pengecoran logam (PT. Pindad, dll), industri otomotif, pesawat terbang (PTDI).
Industri perminyakan dan gas (Pertamina, dll).
Perdagangan dan pemasaran bahan logam dan paduan logam, serta bahan keramik.
Lembaga penelitian, seperti Tekmira, BATAN dan Litbang Metalurgi LIPI.
Dosen di berbagai perguruan tinggi, seperti di program studi Teknik Metalurgi, Universitas Indonesia dan Universitas Tirtayasa.

Sumber : Aku Masuk ITB

110 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hasil itu bergantung pada usaha kita, kalau kita yakin kita sudah usaha, tidak ada salahnya kalau dicoba.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. biaya makan, 5000an tiap makan, kos 150-700ribuan, kalau ikut bidik misi sianjurkan IPnya diatas 2,75. kalau IPnya jatuh, akan dibantu oleh ITB, sebenarnya IP itu tergantung usaha kita sendiri, jatuh itu biasanya anaknya males atau ga bisa adaptasi dengan baik........

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. 1. Jalur masuk Bidik misi itu gampang kok, jika kamu ga diterima bidik misi sebelum masuk kamu bisa ngelamar lagi pas sudah keterima di itb, ITB DARI TAHUN KE TAHUN SELALU KEKURANGAN MAHASISWA KURANG MAMPU, sehingga byk anak yang sebenernya 'agak' mampu malah dpt bidik misi. Orang kurang mampunya sudah minder duluan dengan kata itb soalnya, saya juga penerima BIDIK MISI, krn saya memang ga mampu utk membayar biaya kuliah.
    2. kalau di ITB peraturan hrs tinggal di asrama kurang begitu ketat, shg ada beberapa anak yang ngekos
    3. tergantung, kalau asrama rata2 250rb kalau ngekos 150-700rb-an....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum kak, jika anak perempuan, apakah banyak yang masuk fakultas pertambangan?
      terus, benar ga sih kak kalau fakultas pertambangan itu keras dan lama?

      Hapus
    2. assalamualaikum, ka mau tanya
      waktu kk kuliah temen perempuannya banyak tak?
      soalnya denger2 jarang ada perempuannya.
      harus ahli dibidang fisika kah?
      bidik misi itu program apa ka?
      maklum saya masih kelas 10, tapi saya ingin tahu lebih banyak lagi seputar fttm

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Aku sih ga nesu, ku kapitalin tuh biar menekankan, krn kenyataan yang terjadi memang seperti itu di itbnya..... kasian anak2 yang ga mampu....

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Mas e alumni man 3 ya ? ..di fttm ? ..

    BalasHapus
  11. alumni man 3 di jurusan bioengineering

    BalasHapus
  12. kak di FTTM prosentase mahasiswa cewek kira-kira berapa persen ?? 1 banding berapa???trus kira2 prospek kerjanya ada perbedaan gender ndak ? makasih :)

    BalasHapus
  13. setauku sekitar 30an pertahunnya..... setiap tahun semakin bertambah, kalau masalah gender mungkin aja sih, tp itu ga usah terlalu dipikirin....

    BalasHapus
  14. Nanti klo udh kerja dri lulusan fttm apakah susah utk jarang ke rumah? Kayak seperti 2 minggu di laut, 2 minggu di rumah,dst

    BalasHapus
  15. tergantung kerjaanya apa, kalau dr pengalaman bapaknya temen sih semakin tinggi pangkatnya di perusahaan semakin enak, kalau masih baru lulusan harus kerja keras dulu...

    BalasHapus
  16. kalo kita yang lulusan SMK ada gk ya kesempatan sekolah masuk FTTM ITB :(

    BalasHapus
  17. tp di usm.itb tertera yg bisa masuk FTTM hanya dari SMA IPA aja.. bener g tuh? :(

    BalasHapus
  18. alhamdulillah.. :D
    berarti masih ada kesempatan..
    maksih kak buat infonya.. bermanfaat beud

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia saya pun sempat mikir seperti itu, berarti masih ada peluang ya kak !?

      Hapus
  19. Ka biasanya kalo mau masuk fttm mata pelajaran apa sih yang Paling sering dilihat? Trus kalo nilainya standar gimana?

    BalasHapus
  20. ga ada yang tau, nilai juga ga ada yg tau

    BalasHapus
  21. klo geofisika mau kerja praktek (kp) geolistrik kira2 bagusnya di perusahaan mana yah ??

    BalasHapus
  22. Wah, saya kurang tahu. Silahkan konsultasi sama dosen aja....

    BalasHapus
  23. kak kalau pengen masuk fttm lebih baik memperdalam mata pelajaran apa ya supaya kalo udah masuk /amin ga terlalu kaget gitu hehe

    BalasHapus
  24. Kalau masalah perkuliahan, kebanyakan beda sama SMA.... teksbooknya beragam... kaget itu kewajiban yang harus diterima anak itb hehehe

    BalasHapus
  25. Wah wah blognya membantu sekali, semoga yang biki blog dapet balesannya berbagi ilmu :)
    tolong fakultas yang lain dishare juga dong gan, terima kasih

    BalasHapus
  26. kak kalo masuk jrusan tehnik prtmbngan itu pelajaran apa yg paling menonjol dalam proses studinya

    BalasHapus
  27. @Nuril Silahkan dilihat di daftar isi, disana udah semua fakultas
    @anonim Kalau anak teknik sih menyeluruh, soalnya ilmu satu sama ilmu yg lainnya itu nyambung beda kalau masuk FMIPA yg jelas2 dah spesifik. Yang penting logikanya harus bagus dan kreatif aja..

    BalasHapus
  28. ka kalo teknik kimia itu termasuk prodi nya FTTM bukan?

    BalasHapus
  29. Mas Mau nanya ,kalau dari Jurusan IPS bisa gak masuk FTTM ?

    BalasHapus
  30. Lebih baik kalau masuk fakultas yang berbasis IPS, biar ke depannya ga keteteran di itb nya...

    BalasHapus
  31. kak, aku udah belajar dasar ilmu kebumian di sekolah, aku masih bingung mau ambil prodi yang mana. menurut kakak yang pas apa ya?

    BalasHapus
  32. mau tanya mas biasanya FTTM nyediain kuota berapa ya untuk mahasiswa baru? makasih

    BalasHapus
  33. Biasanya kalo tes wawancara, itu meliputi apa aja yang yang ditanyakan? Terimakasih. :-)

    BalasHapus
  34. Anonim : ikuti passion kamu aja, karena kuliah tidak sekedar kita mampunya di apa, tp kita passionnya dimana. Kuliah ga semudah saat SMA. Maka butuh berkali lipat semangat.
    Anonim : Coba uprek2 blog ini. Saya udah ngepos kuota mahasiswa FTTM.
    Yonatan : wah, emang ada ya?

    BalasHapus
  35. makasih buat sarannya kak :)

    BalasHapus
  36. kak mau tanya, kalo kita punya sertifikat juara di luar bidang prodi yang kita pilih menurut kakak pengaruh ga, sama seleksi masuknya?

    BalasHapus
  37. kalo dari sma name dibawah 2,75 masih bisa gak ya kak?

    BalasHapus
  38. Siti : Bisa ngaruh, misal sertifikat lomba non akademik, itu sepertinya memberi nilai tambah. Tapi kalau misal pengen masuk FTTM tapi sertifikat biologi kan ga nyambung.... kalau non akademik, itb pasti nyarilah, ga mungkin hanya yg berprestasi akademik saja....
    Ilham : Name?

    BalasHapus
  39. kak, buat tahun 2014 ini kost di sekitar ITB. mulai berapaan perbulan/pertahun? biaya hidup nya juga. minat ini ke ITB, tapi kabarnya bandung biaya hidupnya gede banget ?

    BalasHapus
  40. Kak mw tnya ni..berapa sh biaya kuliah persemester untuk jurusan teknik pertambangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biaya hidup perbulan ∂ï bandung kira2 berapa ya..dan biaya kos juga..

      Hapus
    2. Cepat dibalas donggg..

      Hapus
  41. Biaya hidup ∂ï bandung,sampai berapa ya..dan biaya kos nya

    BalasHapus
  42. bang admin izin jawab,
    karna sekarang sistem UKT, per semesternya 10 juta untuk semua prodi kecuali SBM, tapi bisa mengajukan keringanan kok, mulai dari 0 - 10 juta, dn banyak beasiswa, tenang aja lah, saya sendiri 0 rupiah persemester.
    Biaya hidup tergantung orangnya, mau hemat atau mau boros, untuk paket hemat, cukup dg 500-600 rb per bulan untuk makan, kalau kos jg bermacam rupa tergantung fasilitasnya, standar cukup sekitar 400-500 per bulan atau 3-5 juta per tahun.... (harga tidak mengikat, yg deket-deket kampus emang agak mahal)

    BalasHapus
  43. ada juga yang mulai 150 rb an, pinter2 nyari aja... biasanya pembayarannya per taun kalau murah2 gini

    BalasHapus
  44. bang kalo kos di bandung yg harganya <300rb per buannya paling deket itb emang di daerah mana?

    BalasHapus
  45. taman hewan dan cisitu, itu setauku

    BalasHapus
  46. Kak kalau fttm masuknya sains a atau sains b?

    BalasHapus
  47. gan kalau di ITB pelajaran fisika, mtk,kimia nya susah" gak???

    BalasHapus
  48. Anonim : sains A atau B? maksudnya, baru denger

    Mutasab : susah tp kalau udah keterima ITB mah udah teruji berarti.... coba aja

    BalasHapus
  49. Kk aku untuk mapel IPA cukup menguasai ,,aku mau masuk perminyakan.Tapi pengetahuan tentang perminyakan aku masih kurang kk(walaupun menguasai IPA).Apa kuliah itu nanti kita dijelasin tuntas mengenai minyak? Aku takutnya nanti bengong liatin orang bicara minyak

    BalasHapus
  50. santai aja, pelajaran perminyakan hanya diajarin di kampus jd semua yg masuk sono pada belajar

    BalasHapus
  51. Kak mau nanya kalau masuk FTTM ITb, tinggi badan ngaruh gak??

    BalasHapus
  52. engga lah, ngapain juga...... hahahaha

    BalasHapus
  53. Bantu buat Kartu Kredit dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
    maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
    100% berkas aman cukup fc ktp.slip
    gaji/skp kartu kredit npwp
    khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
    proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
    Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
    Garuda Indonesia Travel Fair 2014, bekerja sama dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
    Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
    Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- berminat hubungi
    chairul sarto utomo via sms telp
    PIN 52B77BDC TELP 088215334251. 085600125176 alamat kantor RUKO GALAKSI ARTERI SOEKARNO HATTA SEMARANG, LUAR KOTA SEMARANG BERKAS BISA DIKIRIM VIA EMAIL DI rooly88@gmail.com,

    BalasHapus
  54. kak, aku mah dari smk jurusan pun bkan d teknik ka, aku dri jurusan perbankan. Tpi niat nya mau nyambung k jrsan prtmbangan ka. Kra'' bsa ngga tuh ka. Kalo bsa apa ngga rbet bjr ny nanti?? Jwb y ka

    BalasHapus
  55. Ribet pasti lah,,, namanya juga pindah jalur,,,, itu pilihan :D

    BalasHapus
  56. kak klo masuk teknik minyak hrus menguasai teknik geografi dll juga?, kak lbh bagus mana teknik minyak apa tambang?

    BalasHapus
  57. Kak, aku di sekolh jurusan ips, lulus ni niatnya mau nyambung masuk ke tknik pertmbangan, kira2 kedepannya susah nggak kak buat bisa paham tntang pertambangan ???

    BalasHapus
  58. Ikhsan : udah masuk FTTM dulu aja,,, ntar pas TPB disitu kamu akan tahu mana yg lbh kamu suka :D

    Dermaranti : harus bljr dr SMA sih,,,, kan ips jd harus kuat IPAnya

    BalasHapus
  59. mau tanya kak : untuk masuk di teknik pertambangan tinggi badan apakah juga ngaruh ? kalau iya berapa tinggi minimal ?

    BalasHapus
  60. mau tanya kak : untuk masuk di teknik pertambangan tinggi badan apakah juga ngaruh ? kalau iya berapa tinggi minimal ?

    BalasHapus
  61. engga kok,,, di itb ga pernah ada seleksi tinggi badan :)

    BalasHapus
  62. nilai apa aja yang dibutuhkan ka? standarnya berapa? soalnya nilai ku naik turun

    BalasHapus
  63. Kak aku mau nanya, aku di IPA nya rada kurang dan aku lemot bgt gt kalo nerima pelajaran. Kira2 kalo aku masuk perminyakan/pertambangan bisa ga ya kak?

    BalasHapus
  64. Febri : Ga ada standar dek.... coba aja
    Anonim : kalau urusan masuk mah tergantung prestasi,,, kalau itu berhubungan pas nanti menjalani perkuliahan

    BalasHapus
  65. kak mau tanya, mapel apa aja yang mesti dikuasai buat masuk FTTM itb??

    BalasHapus
  66. ini udah lengkap kalau mau uprek2 webnya http://www.fttm.itb.ac.id/

    BalasHapus
  67. Kak saya jurusan ips sewaktu sma. Saya mau masuk t.perminyakan apa bisa?
    Fakultas mana yg menerima t.perminyakan jurusan ips kak?

    BalasHapus
  68. kak kalau siswa dari SMK jurusan Pertambangan yang mau masuk FTTM teknik pertambangan lewat jalur SNMPTN itu ad peluang gak yha..?? kalau ad kira kira berapa persen..? dan klau gk ad lewat SBMPTN bisa kan..?

    BalasHapus
  69. kak kalau mau masuk fttm , kan kita yg kurikulum2013 ada lintas minat geografi, lebih di utamain gak kak?

    BalasHapus
  70. kak kalau mau masuk fttm itb, kalau kita punya sertifikat menang lomba di unand tapi harapan bidangnya matematika membantu nggk kak buat snmptn ? kalau boleh tau kakak masuknya lewat undangan atau sbmptn , kalau snmptn berapa nilai rata" rapor kakak? makasih

    BalasHapus
  71. Ario : mending cari yg ips, drpd entar ditengah jalan kerasa susahnya mengajar ketertinggalan
    Rony : Coba aja, 50% lah
    Anonim : FTTM ga cuman geografi doang, tetapi ilmu eksak matemtika fisika kimia,,,, sebaiknya cari yg ips aja
    Anonim2 : bisa membantu, nilai rapor ga ada yg tahu berapanya tp biasanya sertifikatlah yg membantu...

    BalasHapus
  72. kak saya mau tanya, saya minta banget untuk masuk di FTTM ITB, saya IPA kurikulum 2013 kemudian mau tanya mengenai bsk ketika ita masuk di FTTM itu ada perbedaan mengenai pertambangan dan perminyakan gak? atau selama kuliah memperlajari keduanya sekaligus atau ada penjurusan (pertambangan / perminyakan)?

    BalasHapus
  73. kak aku ingin banget masuk teknik minyak ITB, tapi aku dari SMK jurusan administrasi perkantoran. dan aku itu nggak belajar IPA sama sekali. tapi aku ingin banget kak masuk teknik minyak. kira2 sulit nggak ya kak?

    BalasHapus
  74. Ignatius : masuk aja dulu di FTTM, ada waktu 1 tahun utk memikirkan ulang dan akan lbh mantep ke jurusan apa, skrg fokus masuk fttm nya gmana

    Diya : sangat sulit, kalaupun belajar lagi harus dr awal, kalaupun bejo itupun 1 : 1 juta

    BalasHapus
  75. Kak saya punya piagam penghargaan tingkat nasional dan internasional di bidang ICT, dan saya ingin masuk fttm, apakah itu bisa membantu ketika masuk jalur undangan fttm? Berapa persen pengaruhnya?

    BalasHapus
  76. berpengaruh InsyaAllah, utk berapa persennya kurang tahu, kalau internasional harusnya gede, banyak2 berdoa

    BalasHapus
  77. Kak, di FTTM itu lebih banyak hitungan apa hafalannya? materi yang butuh hafalan sulit gk?

    BalasHapus
  78. Kak ak pengen banget masuk fttm, tp sekarang ak msh kls 2 sma Jurusan ipa kira" pelajran apa aja yang harus aku kuasai supaya bisa masuk itb??

    BalasHapus
  79. semua IPA harus bisa dan rata2 mata kuliah di PT byk yg ga sama dengan SMA jd pelajarin aja pelajaran SMA sbg dasar

    BalasHapus
  80. bang saya mau nanya alo uliah jurusan prtambangan lama uliahnya brapa lama ya bang .trimaasih

    BalasHapus
  81. Kak mau tanya, aku dari kelas akselerasi dan jurusan ipa. peluangnya gimana kak? ada gak sih mahasiswa perminyakan yang cewek? terimamakasih kak

    BalasHapus
  82. bismillah. kak kalo SNMPTN itu susah ga ya? grafik nilainya gimana ya kak?

    BalasHapus
  83. Bang tanya, saya kan dari smk migas dari jurusan pengolagan migas dan petrokimia. Saya pengin banget masuk ke FTTM agar bisa memperdalam pengetahuan ilmu saya. Bagaimana prosedur pendaftaranya dan apakah tes soal tertulis anak smk dan sma itu sama? Padahal di sekolah saya nggak pernah bahas pelajaran biologi.

    BalasHapus
  84. salam kenal saya mahasiswa teknik pertambangan upn veteran yogyakarta :) angkatatan 2012 . kalo mau sharing2 bis akunjungi blog ya :)

    http://ilmupertambangan.wordpress.com/

    BalasHapus
  85. Anonim : 3,5 sepertinya bisa
    Elisa : ada dek, tp 10 dr 1000 ahahahahaha
    Syaif : wah kalau itu kurang tahu, coba aja sbmptn yg persaingan bebas

    BalasHapus
  86. kak klo masuk fttm itu harus pintar banget ya kak?

    BalasHapus
  87. Saya mau nanya kak, kalau tamatan SMA jurusan IPS, emang gk bisa masuk teknik pertambangan ya kk.. Atau Mala sebaliknya..?
    Dan satu lagi ni kak, contohnya SMA kls 2 nya IPS tapi kls naik ke kelas 3 nya ingin IPA ! Itu boleh gk ya kak?
    Makasih!!

    BalasHapus
  88. Martin : Susah dek, mending jangan coba...mana ada pindah dr IPA ke IPS,,, rata2 adanya IPA ke IPS..

    BalasHapus
  89. Permisi... kak sang adekmu ini ingin bertanya... saya anak IPA tp saya kurang PINTAR dalam pelajaran itu sendiri, pertanyaannya apakah saya akan kewalahan nanti saat kuliah? Bisakah saya mengerjakan tugas tugas yang diberikan dosen?
    Terimakasih kak sudah mau membaca dan mohon dijawab pertanyaan saya
    Salam.

    BalasHapus
  90. kewalahan itu bisa jadi, asal bisa tetap bertahan dalam tekanan yang sulit.... kalau ngerjakan tugas sih gampang tinggal belajar bareng, yang susah pas uts dan uas,,,, krn murni kepahaman diri sendiri...

    BalasHapus
  91. Kak mau tanya, saya dr jurusan ipa. Klk ip uas saya cmn 78 79 81 83 85 an bs ngak masuk ke pertambangan?

    BalasHapus
  92. Kak mau tanya, saya dr jurusan ipa. Klk ip uas saya cmn 78 79 81 83 85 an bs ngak masuk ke pertambangan?

    BalasHapus
  93. Kak mau tanya, saya dr jurusan ipa. Klk ip uas saya cmn 78 79 81 83 85 an bs ngak masuk ke pertambangan?

    BalasHapus
  94. Kak mau tanya, saya dr jurusan ipa. Klk ip uas saya cmn 78 79 81 83 85 an bs ngak masuk ke pertambangan?

    BalasHapus
  95. Evan : Saya bukan peramal dek :D

    BalasHapus
  96. Waalaikumsalam, kalau di FTTM ya sefakultas palingan 30an dari sekian byk.. keras dan lama itu wajar, ga wajar kalau lulus 4 thn

    BalasHapus
  97. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus