Enzim sebagai biokatalasator

Label: , ,


Enzim ditemukan pertama kali oleh Hans Buchner dan saudara laki-lakinya, Eduard. Enzim biasa disebut sebagai katalis. Enzim adalah perantara dalam proses metabolisme, bertanggung jawab atas semua reaksi kimia yang terjadi dalam sel.
Sifat2 enzim yaitu bahwa enzim dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit,tidak mengubah kereversibelan reaksi selama reaksi sedang berlangsung, tidak mempunyai efek terhadap reaksi termodinamika. Poin terakhir sangat penting, karena menjelaskan bahwa enzim tidak menyuplai energi dari reaksi kimia. Sebagai katalis enzim hanya bisa mempercepat reaksi menuju keadaan kesetimbangan.
Kerja enzim sangat spesifik terhadap suatu reaktan yang mereka ikat dan mengatalis reaksinya. Reaktan yang diikat oleh enzim disebut substrat. Enzim juga sebagai penentu arah jalur metabolik, dan membuat reaksi-reaksi yg terjadi lebih teratur.
Dalam reaksi kimia biasanya membutuhkan energi aktivasi untuk memutuskan ikatan dalam jumlah besar. Disanalah manfaat dari suatu enzim yaitu menurunkan energi aktivasi yang dibutuhkan dalam reaksi, tanpa terjadi reaksi antara enzim dan reaktan. Sehingga dengan itu dalam suatu reaksi hanya membutuhkan energi pengaktifan yang sedikit dibanding tanpa adanya bantuan enzim. Hal ini karena enzim membuat reaktan lebih aktif daripada keadaan sebelumnya.
Enzim itu tidak merubah ketetapan kesetimbangan suatu reaksi, akan tetapi hanya memepercepat suatu reaksi menuju keadaan kesetimbangan.
Ketika reaktan berada dalam ujung puncak energi dan siap untuk berubah menjadi produk, hal itu dinamakan keadaan transisi.

Sebagai katalis, enzim memepercepat proses pemutusan ikatan dan pengikatan suatu senyawa.
Enzim dalam suatu reaksi hanya membentuk reaksi antara dengan membentuk sebuah kompleks dengan reaktan.
Setelah itu enzim kembali ke bentuk sebelumnya tanpa ada perubahan sedikitpun.
Bagian dari enzim yang mengikat substrat secara langsung dinamakan bagian aktif.
Ikatan antara substrat dan enzim diatur dengan beberapa interaksi non-kovalen yang ditentukan oleh struktur dari protein itu sendiri.
Struktur dari bagian aktif terhitung tidak hanya untuk aktivitas katalis dari enzim, akan tetapi juga untuk terspesifikasi.

0 komentar:

Poskan Komentar